Hampir Ketabrak Gara-gara Tidak Pasang Hazard Sign!

Pernakah brosis melihat mobil / truk macet di jalan? Gak jarang sopirnya hanya mencari ranting pohon yang masih ada daunnya untuk memberitahu pengguna jalan lain bahwa mobilnya sedang mogok sambil menyalakan lampu hazard. Walaupun niatnya baik, menurutku caranya kurang benar. Karena ada cara yang lebih aman bagi pengguna jalan yang lain. Yaitu memakai Triangle Hazard Sign. Alias segitiga hazard yang ditaruh di jalan dengan jarak beberapa meter dari mobil yang mogok.

Ane menulis ini karena Minggu lalu ketika melintas di Ringroad Utara ada mobil sedan mogok dan hanya diberi ranting tanpa menyalakan lampu hazard apalagi memasang triangle hazard sign. Karena mogoknya di jalur cepat, walhasil ada mobil lain yang hampir menabrak sedan mogok itu. Bahaya kan? Di jalan, bukan hanya keselamatan kita saja yang harus dijaga, juga keselamatan orang lain harus kita jaga.

Triangle Hazard Sign biasanya warnanya mencolok agar mudah dilihat pengendara lain, juga dilengkapi reflektor agar bisa terlihat di malam hari. Ane pernah menggunakan segitiga hazard ketika mobil sedang tekor akinya di jalan. Dipasang sekitar 2 meter di belakang mobil, jadi pengendara lain tahu kalau ada mobil yang sedang mogok dan menghindarinya. Selain itu, lampu hazard mobil juga dinyalakan.

Harapan ane, pemilik mobil melengkapi perkakas di mobilnya dengan alat yang satu ini dan selalu dibawa untuk jaga-jaga. Ciaoo

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: