Belajar Nyetir dan Rahasia Agar Cepat Mahir

Bagaimana cara cepat belajar nyetir mobil? Ada beberapa temanku yang menanyakan gimana caranya nyetir mobil biar lancar. Ketika kutanya mereka, kebanyakan masih bilang takut. Takut karena pernah nyenggol pagar atau trauma ketika mesin mati di jalan lalu diklakson pengendara lain.

Aku belajar nyetir di saat SMA lalu mengambil di kursus mengemudi saat awal-awal kuliah. Ngambil paket 3 jam dua kali pertemuan. Di kursus tidak langsung praktik, ada teorinya terlebih dahulu. Sebelum mengenalkan apa itu kopling, gas, handbrake dll, sang instruktur mengajarkanku tanggungjawab ketika menyetir mobil. Karena mobil adalah kendaraan yang besar yang sewaktu-waktu bisa membahayakan orang lain. Gaya nyetir mobil pun gak bisa disamakan dengan naik motor. Apa yang dibutuhkan seorang sopir adalah stamina, insting, dan pengambilan keputusan. Busettt.. di awal aku dijelaskan selama 30 menit. Barulah dikenalkan dengan sistem kopling dll. Buat saran aja sih, sebelum daftar kursus, coba baca-baca dulu mengenai cara nyetir di internet agar ada gambaran mengenai mekanisme agar mobil bisa berjalan. Dan agar waktu kursus kamu efisien.

Praktik pun dilakukan, aku pakai mobil Avanza manual 2013. Sang instruktur memberi aba-aba perlahan mobil mulai melaju.. Oh gini to rasanya nyetir hehe. Jalur latihanku di jalan kaliurang yang notabene rame banget. Hal yang pertama kusadari adalah tanganku belum stabil memegang setir, jadinya mobil sering oleng kanan kiri walaupun hanya sebentar. Pelajaran selanjutnya adalah berbelok, mengira-ngira jarak aman saat berbelok adalah hal yang menantang, mau belok kiri ehhh ada motor motong dari kiri juga, kan sebel. Setelah itu masuk ke jalan-jalan sempit di dekat sawah, disitu sering berpapasan dengan mobil lain. Hujan deras turun.. nyalakan lampu utama dan foglamp. Pandangan berkurang, kecepatan maksimal 35 km / jam. Oh iya, dalam latihan pertama ini instruktur memberi batas kecepatan maksimal 40 km / jam. Rasanya memang pelan, sering disalip dan diklakson mobil di belakang, jangan panik ya kalau di klakson, agak menepi kekiri aja, ngalah duluuu namanya juga belajar J.

Kembali lagi ke jalan raya, kali ini jalan Palagan. Disini aku latihan ngerem dan melepas kopling dengan halus. Ngerem mobil itu susah susah gampang, kebetulan mobil latihanku remnya pakem banget, harus pelan pelan ngeremnya agar penumpang tidak terguncang. Melepas kopling ini yang agak susah, butuh feeling yang kuat dan harus bisa ngimbangi dengan gas agar mobil tidak mati. Alhamdulillah selama latihan mobil tidak mati mesinnya. Hari pertama latihan nyetir alhamdulillah lancar. Menurut instruktur, kelamahanku adalah terlalu sering menekan kopling saat mengurangi kecepatan dan belum bisa nyetir “lurus”, mobilnya masih oleng kanan-kiri. Oke pak instruktur, aku perbaiki di pertemuan kedua.

Pertemuan kedua saat kursus berselang 1 minggu. Karena kuliahku banyak praktikumnya. Kali ini aku belajar menyetir di jalan-jalan persawahan, gang sempit, dan kemacetan. Materi itu buatku penting karena jalanan di jogja memang banyak yang sempit dan mulai macet juga. Hari ini cuacanya cerah, tidak hujan seperti kemarin. Kalau hujan malah ngeri karena motor biasanya lebih ngebut dan beberapa ada yang gak keliatan dari spion karena gak nyalain lampu utama. Perjalanan dimulai dari Jalan Kaliurang, menuju daerah Besi-Jangkang, dicarikan jalan-jalan sempit oleh instruktur. Susah juga euyy ngira-ngira mobil sudah di tengah apa belum. Karena aku sering mepet kiri yang membuat bodi mobil sering kena rumput sawah. Selain itu dilewatkan di jalan berlubang juga. Tentunya suatu saat kita akan membawa penumpang dan memastikan penumpang nyaman. Ngelewatin jalan berlubang susah-susah gampang, banyakin latihan aja. Remnya jangan mendadak. Kabupaten Sleman memang masih punya banyak areal persawahan, namun sudah banyak yang beralihfungsi menjadi tempat tinggal. Entah sampai kapan sawah-sawah yang aku lewati saat latihan bisa bertahan….

Selanjutnya aku menuju ke daerah lempong yang banyak jalan sempit, gak terhitung beberapa kali papasan dengan mobil lain. Ketika berpapasan, berikan sein untuk meminta jalan. Kalau anda mau mengalah, berhenti sejenak dan berikan kode kepada sopir mobil di seberang. Asli takut banget ketika papasan, waktu itu papasan dengan Mazda Biante yang cukup gede. Ngepres banget jalannya, alhamdulillah mobil aman gak ada yang baret :D. Materi pun selesai, mobil kembali ke tempat kursus. Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pak instruktur. Pulang kerumah dengan pede, aku sudah bisa nyetir J wkwk.

Hari-hari selanjutnya pengen nyobain bawa mobil sendiri buat main / bawa barang kegiatan. Ternyata nyetir gak segampang itu, ketika sendiri, aku sering merasa panik, pernah juga ngalami mati mesin gara-gara kopling dan gas gak seimbang. Saranku nih, kalau belum lancar, usahakan ada orang yang menemani kamu nyetir untuk beberapa hari hingga lancar. Istilahnya codriver.  Aku mulai lancar nyetir di jalan raya setelah latihan selama seminggu lebih. Yang belum lancar ketika masuk gang sempit yang ngepres banget dengan bodi mobil. Kalau mau cepet lancar belok-belok coba belajar parkir mundur. Sensasinya wow.. Susah-susah gampang. Pokoknya latihan terus sampai bisa.

Ohiya, di masa latihanku gak sepenuhnya lancar. Pernah nyenggol pagar tetangga 1 kali dan cukup dalem baretnya, tapi kata orang tuaku gapapa. Namanya juga belajar hehe. Orang tuaku dulu juga pernah mengalami itu.

Buat kamu yang bener-bener pengen belajar nyetir, mulailah baca-baca bagaimana tutorial menyetir. Setelah baca dan lumayan paham, lengkapi pengetahuan dengan melihat YouTube. Aku sarankan lihat channelnya Mas Wahid. Materinya bagus-bagus dan penyampaiannya jelas. Setelah itu coba masuk mobil, terserah mobil siapa wkwk Duduklah di kursi sopir, coba pegang setirnya, tekan gas-rem, bayangin aja kamu bisa nyetir. Setelah itu mulailah latihan di kursus menyetir ataupun minta diajarin keluarga yang sudah bisa. Jangan malas buat latihan, beranikan dirimu. PR selanjutnya buatku adalah belajar nyetir dengan transmisi otomatis.

Buat yang punya pengalaman unik saat menyetir bagikan di kolom komentar ya 🙂

Satu pemikiran pada “Belajar Nyetir dan Rahasia Agar Cepat Mahir”

  1. Ak bru belajar nyatir bru 2hr .bru hr kemaren ak mengenal kopling.rem.gas besoknya langsung ke jl raya sepi paniknya ternyata gitu nyetir susa2 gampang .gimana nanti dihari ke 3 ya rs takut dan gimana gitu serasa mau nyerah aja tp klo nyerah ga bs dong ak nya .gimana seeh ngatasin rs takut

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: