5 Solusi Buat Badan Yang Susah Diajak Bangun Pagi

Andai manusia tidur 8 jam setiap harinya, sedangkan umurnya hanya 60 tahun. Maka 8 jam dari 24 jam yang ia punya setiap harinya sama nilainya dengan ia tidur 20 tahun dari 60 tahun yang ia punya. Tidur nyenyak, berselimut tebal, kasur empuk, ruangan nyaman, apalagi ditambah hujan di saat liburan akan menghasilkan sebuah masalah “susah bangun pagi”.

Setiap manusia butuh tidur. Untuk memulihkan kembali organ-organ yang mengalami kelelahan, dan menyiapkan agar esok hari bisa bangun dengan kondisi yang segar. Bayi menghabiskan belasan jam untuk tidur, anak-anak sembilan hingga sepuluh jam, remaja delapan hingga sepuluh jam, dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam, dan usia tua diatas 65 tahun membutuhkan tujuh hingga 8 jam tidur perhari. Perlu diingat, kebutuhan tidur setiap orang bisa saja berbeda. Lha wong aku pernah baca di sebuah forum, ada orang yang cukup tidur 4 jam perhari dan sehat-sehat saja.

Buat seorang muslim, bisa bangun pagi adalah sebuah kebutuhan. Karena ada shalat shubuh yang mesti ditunaikan. Secara umum, ada banyak manfaat kalau bisa bangun pagi. Membuat tubuh segar, mendapatkan udara segar di pagi hari, melancarkan peredaran darah, membangkitkan semangat dan banyak manfaat lainnya. Dengan bangun pagi (bangun lebih awal dari kebanyakan orang), sekitar jam 4 hingga jam 5, seorang akan lebih siap menghadapi hari dan tidak terburu-buru.

Lalu bagaimana caranya bangun pagi?

Pertama. Berdoalah Pada Tuhan.
Sebelum tidur mintalah dengan berdoa pada Tuhan. Awali dengan bersyukur karena hari ini sudah diberi kesempatan hidup dan berbuat baik. Mintalah dibangunkan esok pagi dengan kondisi segar agar bisa beribadah di awal waktu dan semangat dalam mengawali hari.

Kedua. Jangan Begadang.
Jelas, jangan begadang alias melek hingga larut malam bahkan dini hari. Buat anak-anak muda apalagi mahasiswa yang suka nongkrong sampai dini hari. Cobalah ngertiin kebutuhan badan kalian. Capek di siang hari karena kuliah, ditambah dengan begadang sampai dini hari, lalu kapan tubuh akan diberi istirahat? #NTMS

Ketiga. Pasang Alarm.
Menurutku, cara ini gak terlalu efektif. Cause, beberapa orang sudah kebal dengan alarm termasuk diriku wkwk. Ada temen yang nyaranin pakai alarm matematika. Jadi, alarm tidak akan mati sebelum soal matematika yang muncul dijawab dengan benar. Menarik bukan?

Keempat. Minta Dibangunkan Keluarga / Kerabat.
Manusia makhluk sosial yang butuh orang lain. Coba minta tolong orang tua, adik, kakak, ataupun tetangga kosmu untuk membangunkan kamu. Minta mereka membangunkan hingga kamu betul-betul bisa bangun. Atau minta someone special untuk menelponmu membangunkanmu, mungkin kamu akan bangun sebelum telponmu berdering hehe.

Kelima. Buat Siklus Tidurmu.
Tentukan, kapan jam kamu harus tidur, dan kapan kamu harus bangun. Misalkan kamu sudah harus beristirahat saat jam 21.30 dan kamu sudah harus bangun jam 04.30 . Paksalah badanmu, dan hindarkan dari gangguan-gangguan yang mengganggu siklus tidurmu seperti begadang dan megang gadget.

!!BONUS!!
Agar badan segar setelah tidur dan tidak ngantuk lagi, cobalah untuk berwudhu atau membasuh wajah dengan air yang segar. Mandi pun lebih disarankan. Lalu minum teh hangat, dijamin segar lagi hehe.

Semoga kelima cara tersebut bisa kamu terapkan. Cobalah untuk menghargai setiap waktu yang punya dan menghargai badan sehat yang telah Tuhan berikan. Gak lucu kan kalau jatuh sakit gara-gara lalai dalam merawat badan. Dengan bangun pagi, ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan. Selamat mencoba!

2 pemikiran pada “5 Solusi Buat Badan Yang Susah Diajak Bangun Pagi”

  1. Dulu saya susah bangun pagi, sudah pernah pasang alarm tapi pas alarmnya bunyi saya matikan dan saya tidur lagi. Itu ngelakuinnya gak sengaja dan sudah kebiasaan.
    Sampai akhirnya nemu sebuah alarm “NabilaH Jkt48” yang ngomongnya nyablak dan kenceng banget walaupun dia seorang cewek. Dan alarm itulah yang pada akhirnya berhasil membuat saya bangun.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: