5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membaca Buku Mulai Hari Ini!

Ada banyak cara untuk belajar hal baru, atau sekedar mengetahui apa saja yang sudah ditemukan manusia hingga saat ini. Jutaan judul buku menanti untuk dibaca, ratusan ribu video siap untuk ditonton, dan milyaran manusia yang bisa diajak berdiskusi.

Membaca buku adalah candu. Ia adalah cara untuk merawat akal. Ia juga sebagai cara memandang dunia, walaupun hanya dengan menggerakkan bola mata.

Indonesia tahun 2016 lalu menempati ututan 60 dari 61 negara dalam hal literasi. Silakan tengok rangking negara lainnya di : Data Literasi Dunia. Minat baca negara kita masih kecil. Walaupun angka buta huruf sudah jauh berkurang dibandingkan sebelum tahun 2000. Apa yang membuat hal ini terjadi? Di antrean, di stasiun, ruang tunggu dokter, halter, semuanya. Orang-orang sibuk memperhatikan gawainya, hingga lupa cara bagaimana cara memulai obrolan dengan manusia di sebelahnya. Mungkin mereka sibuk membaca, membaca chat ataupun timeline. Masyarakat kita harus melangkah lebih jauh. Membaca buku!

Ada banyak manfaat membaca buku. Tujuanku menulis ini agar pembaca blog ini bisa merasakan sendiri manfaat membaca buku. Mempraktikkan sendiri, berupaya keras untuk menyingkirkan kebiasaan lama membuang waktu, untuk diganti membaca lembaran-lembaran buku. Menyerap ilmu-ilmu baru, atau sekedar tertawa tersenyum saat membaca paragraf yang lucu.

Cekidott

1. Menyelamatkan Waktumu Yang Berharga
Membaca buku di saat mengantre, duduk di kereta, di dalam penerbangan, menunggu jam kuliah selanjutnya akan membuat waktumu termanfaatkan dengan baik. Tidak terbuang sia-sia. Waktu yang telah kita sia-siakan selama ini, sudah senilai dengan berapa ribu halaman buku ya? 🙂

2. Meningkatkan Empatimu
Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University. Dengan membaca buku, seorang dapat meningkatkan kemampuannya untuk memahami perasaan orang lain. Sehingga kualitas hubungan dengan orang sekitar dapat ditingkatkan.

3. Memperluas Pemikiranmu
Seorang yang gemar membaca akan punya tingkat kreativitas lebih tinggi dibanding yang tidak. Dengan membaca buku, akan ada banyak ide baru yang terserap. Yang bisa kita diskusikan dengan teman-teman kita. Ide-ide yang kita serap pun dapat pula menjadi landasan kita untuk mempertimbangkan suatu keputusan di kehidupan.

4. Meningkatkan Kualitas Memorimu
Tidak ada orang yang ingin pikun. Kemampuan mengingat harus dibentuk dan dijaga dalam hidup. Dengan membaca, perlahan kita akan bisa mengingat karakter, latar belakang, ambisi, maupun plot dari cerita di dalam buku. Hal ini berperan sebagai latihan otak agar bisa mengingat dan konsentrasi dengan baik.

5. Melatih Kemampuanmu Menulis
Untuk bisa menuangkan ide dalam tulisan, harus ada sumber-sumber bacaan yang telah dibaca. Banyak membaca penting bagi seorang yang aktif dalam dunia kepenulisan. Terutama mereka yang sedang mengalami Writer Block. Perlu menambah bahan bacaan untuk mendapatkan ide tulisan. Bagi mahasiswa, membaca buku adalah sebuah kewajiban yang ga bisa ditawar-tawar lagi. Akan beda hasilnya tulisan yang dibuat oleh orang yang rajin membaca dan yang malas membaca.

Setidaknya lima poin itu yang menjadi manfaat utama membaca. Masih banyak manfaat lain yang pembaca bisa cari di sumber lain. Sejauh ini sudah banyak waktu luangku yang terselamatkan dengan membaca. Uang jajan pun sering aku tabung untuk membeli buku baru di setiap bulannya. Pikirku, kalau uang dibelanjakan hanya dibelanjakan makanan, maka ia akan cepat habis. Namun kalau ia dibelanjakan buku, maka akan bisa aku baca di setiap waktu.

TufiddinBlog

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: