Pertanian Modern : Tidak Cuma Ngurusin Pangan

Hallo readers. Setelah datang ke kuliah fisiologi tumbuhan, aku dapat banyak wawasan mengenai pertanian modern. Kedepannya, pertanian modern bukan hanya menggunakan alat-alat canggih. Lebih dari itu. Di masa depan, manusia diprediksi akan mahir menerapkan bioteknologi pertanian untuk mendapatkan sifat tanaman yang diinginkan. Coba lihat, ini adalah contoh penyisipan gen yang membuat berpendar seperti milik kunang-kunang ke dalam tanaman. Tanamannya pun memendarkan cahaya layaknya barang glow in the dark.

glow-in-dark-plants-360x240
Tanaman dengan sisipan gen yang membuatnya bisa memendarkan cahaya

Pertanian modern juga akan melebarkan sayapnya. Tak hanya mengurusi pangan. Walaupun pangan adalah yang diprioritaskan. Hal ini perlu dipahami, biar anak muda gak melulu takut untuk terjun ke dunia pertanian. Pertanian itu prospeknya besar, bagi yang mau melihat peluang.

Ada banyak kegiatan yang tidak sadar melibatkan tanaman (yang menjadi fokus pertanian)..

Coba lihatlah.. Di bidang olahraga Lapangan golf, butuh rumput yang karakternya sesuai, tidak mudah mati, pertumbuhannya tidak terlalu cepat, agar bisa menghemat biaya perawatan. Tentu saja ketika mengembangkan rumput seperti ini diperlukan para peneliti, ujicoba, riset hingga ditemukan jenis rumput yang sesuai. Pun begitu pula dengan lapangan bola.

Di bidang farmasi, banyak tanaman yang dapat dijadikan sebagai bahan baku obat. Kandungan bahan aktif maupun bahan lain yang ada di dalam tanaman digunakan untuk campuran obat. Tentu diperlukan penjagaan kualitas tanaman agar kadar bahan yang diperlukan selalu tercukupi. Dibutuhkan ahli pemuliaan tanaman untuk melakukannya.

Di bidang estetika, ada banyak tanaman yang bisa digunakan untuk menghias ruangan maupun tata ruang kota.

farm-office-seatingUntuk menerapkan itu semua perlu pemahaman yang baik dan benar mengenai fisiologi tumbuhan dan aspek ekonomi pertanian agar usaha yang dirintis dapat menyasar target yang tepat dan produk kita dapat diserap pasar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: