5 Kuliner Jogja Wajib Coba Lah Ya…

TufiddinBlog – Berkunjung ke Jogja belum lengkap bila belum mencoba kulinernya. Jogja kini tak hanya erat dengan image Malioboronya. Sudah ada banyak tempat wisata yang bermunculan dan viral di dunia maya, seperti pantai dan bukit yang dipenuhi spot foto. Kuliner di Jogja pun tak kalah beragam. Ada banyak resto-resto baru bermunculan, bersaing untuk menarik hati konsumen. Ada yang datang lalu pergi. Ada yang kemudian suka rasanya lalu menaruh hati. Jogja adalah tempatku pulang. Jogja adalah tempat mencari makanan enak.

Buat pembaca ataupun para wisatawan yang akan melakukan kunjungan ke Jogja. Beberapa menu di artikel ini wajib untuk readers coba!

  1. Gudeg

Gudeg biasanya dijadikan menu sarapan pagi bagi anak-anak sekolah, ataupun mereka yang punya waktu luang untuk sarapan. Gudeg banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan di pagi hari. Jika ingin berkunjung ke sentra Gudeg. Maka pergilah ke Jalan Agro. Perempatan UGM ke timur. Di utara jalan banyak dijumpai Warung Gudeg permanen muali dari Yu Djum, Yu Sri dll. Harganya berkisar di 13 hingga 20 ribu tergantung lauk yang digunakan.

  1. Jadah Tempe

Di kaliurang, menu ini banyak dijual. Beberapa pasar tradisional pun masih menjual sajian khas ini. Gurihnya tempe dan jadah dipadu dengan bumbu bacem yang nikmat. Tahunya lembut dan kadang ada yang keras :v. Enak disajikan selagi hangat, atau dimakan bersama seduhan teh hangat. Harganya pun terjangkau, tidak sampai 20 ribu.

  1. Tiwul

Tiwul yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul ini terbuat dari singkong dan memiliki penggemar setia. Biasanya ia akan dijual bersamaan dengan Gatot. Manisnya tiwul dan gurihnya parutan kelapa cocok dijadikan menu pengganti makan siang ataupun selingan di kala senggang. Di kampungku pun masih ada yang menjajakan tiwul dengan gerobak motor. Yang beli pun banyak, tidak perlu repot pergi ke pasar.

  1. Sate Klathak

Sate kambing yang disajikan dengan tusuk ruji selalu membuatku ingin kembali ke Pak Pong, salah satu warung yang menjual sate klathak di Imogiri Bantul. Dagingnya gurih dan teksturnya lembut. Pecinta daging kambing wajib coba menu ini pokoke. Di Jalan Damai pun ada juga yang selalu ramai pengunjung. Namanya sate klathak Pangestu. Sudah coba?

  1. Mie Ayam

Di daerah lain sudah ada mie ayam. Tapi di Jogja pun Mie Ayam punya persaingan yang ketat untuk mendapatkan konsumen. Karena mereka tahu ada banyak penggemar mie ayam di Jogja. Terbukti, bahwa di grup facebook pun ada grup khusus hunting mie ayam enak :9 . Sejauh ini, menurutku ada tiga mie ayam yang enak di Jogja (1) Mie Ayam Tumini (2) Mie Ayam Ungaran (3) Mie Ayam di outlet bakso pak bambang. Selain itu ada juga mie ayam porsi jumbo alias gedhe di AFUI dekat UGM.

Nah itu dia kuliner yang menurut aku harus dicoba di Jogja, karena menu-menu itu sudah cukup lama melekat di hari masyarakat Jogja. Tapi gak tau deh sekarang orang Jogja sukanya makanan apa. Lha wong setiap bulan pasti ada saja resto-resto yang menawarkan menu baru dari daerah lain.

Jogja Istimewa

Jogja berhati nyaman

#MerawatJogja

TufiddinBlog

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: