Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Baru

TufiddinBlog – Salah satu sarana belajar di perkuliahan adalah laptop alias komputer jinjing. Laptop bisa dibawa ke kampus dan dipakai untuk presentasi ataupun mengerjakan tugas lainnya.

Lalu, laptop seperti apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa baru?

Tentunya hal ini bergantung dengan bidang ilmu yang ditekuni dan juga ketersediaan fasilitas di kampus.

Saya berkuliah di jurusan ekonomi pertanian UGM. Di kampus sudah tersedia ruang belajar dengan banyak komputer dan akses internet. Kalau laptop sedang rusak, mengerjakan tugas di kampus pun bukan masalah. Tugas yang diberikan hanya sebatas :

  • Mencari jurnal / browsing
  • Mengetik makalah / laporan praktikum
  • Membuat video praktikum
  • Bikin presentasi

Sedangkan teman-teman saya di teknik kebutuhannya lebih banyak, misalnya untuk desain grafis dan program rancang bangun yang perlu laptop dengan spesifikasi tinggi.

Karena tugas saya tidak berat, saat semester 2 saya dibelikan laptop Asus Vivobook seharga 5 jutaan yang hanya memakai Intel Pentium. Untuk menjalankan tugas di atas sudah cukup, baterainya pun awet.

Inilah yang perlu maba lakukan sebelum membeli laptop untuk kuliah :

  1. Ketahui kebutuhan. Jika program studi kalian tidak berhubungan dengan desain grafis, video editting, render 3D, maka belilah laptop yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. Untuk berhemat hehe. Buat saya baterai awet lebih penting agar tidak repot mencari stopkontak di kampus.
  2. Sesuaikan budget. Setelah tahu spesifikasi laptop, carilah yang sesuai dengan uang kalian. Pilihlah yang bergaransi resmi, jika membeli bekas pastikan ada garansi toko
  3. Beli di pameran elektronik. Di pameran biasanya harga akan lebih murah dan dapat bonus aksesoris contohnya mouse.
  4. Siapkan tas laptop. Sebaiknya beli juga tas kuliah yang bisa digunakan untuk memuat laptop agar laptop kalian lebih aman saat dibawa pergi.

Yup, intinya belilah sesuai kebutuhan. Namun jika kalian adalah sultan dan uang kalian berlebih boleh saja membeli laptop yang mahal seperti Asus ROG atau MacBook misalnya 😁

Satu pemikiran pada “Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Baru”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: