Penyebab Hape Android Jadi Lemot

TufiddinBlog – Hello good people 😊 OS Android digunakan oleh mayoritas smartphone yang beredar di dunia. Hampir semua merk smartphone menggunakan OS Android. Walaupun ada juga beberapa OS lain yang mulai dikembangkan seperti Tizen milik Samsung.

Tak seperti iOS yang dimiliki iPhone, OS Android digunakan di berbagai kelas smartphone. Yang murah hingga varian flagship. Demi berkompromi dengan daya beli konsumen. Satu konsekuensinya yaitu perangkat Android belum tentu mempunyai performa yang sama.

Setelah beberapa tahun penggunaan, biasanya smartphone Android mulai menunjukkan gejala lemot. Sering ngehang, suhu mendadak panas, hingga system error yang ditandai dengan aplikasi yang mengalami force close.

Lalu, apa sih penyebab smartphone Android jadi lemot?

Pertama. Umur hardware yang sudah tua.

Para pengembang alias developer pasti mengembangkan software untuk digunakan dengan prosesor dan hardware lainnya yang lebih baru. Akibatnya perangkat lawas tidak mendapat dukungan dengan maksimal. Makanya beberapa hape tidak bisa menerima update OS terbaru. Seperti ZenFone 2 laser saya yang hanya mentok di Android Marshmallow..

Kedua. Memori internal kepenuhan.

Sistem memerlukan memori internal untuk menampung cache dan menunjang proses lainnya. Jika tidak tersedia memori yang cukup biasanya akan muncul notifikasi low memory. Hapuslah foto dan video serta aplikasi yang tidak terpakai agar memori internal selalu lega.

Buat saya, memory internal 16GB masih belum cukup untuk menunjang kinerja Android. Internal 32GB lah ya agar tidak mudah terjadi lag..

Ketiga. Banyak Background Process yang berjalan.

Beberapa aplikasi akan dijalankan setelah smartphone dinyalakan (auto start-up). Contoh mudahnya adalah widget maupun sosmed yang selalu aktif. Ada baiknya kurangi widget di homescreen agar RAM lebih lega dan smartphone berkurang lemotnya.

Android zaman now minimal RAMnya 2GB. Kurang dari itu dijamin gak lancar untuk multitasking.

Keempat. Baterai yang sudah aus.

Baterai yang sudah aus biasanya akan cepat habis dan menimbulkan panas berlebih. Panas berlebih tidak baik bagi kinerja prosesor dan RAM. Lihat saja, kalau hape panas saat bermain game biasanya game akan mulai patah-patah gambarnya.

Solusinya adalah merawat baterai dengan telaten. Jangan dicas dengan arus yang tidak sesuai petunjuk. Jangan sampai dibiarkan kosong kapasitasnya.

Kalau sudah tidak tahan karena lemot maka saatnya “diremajakan”. Alias beli baru.

Pilih sesuai kebutuhan. Sesuaikan dengan kondisi keuangan. Syukur-syukur bisa kebeli yang flagship #eh..

Sekian good people 😊

Satu pemikiran pada “Penyebab Hape Android Jadi Lemot”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: