Memasang Always on Display Galaxy J6 dan Hape Samsung Lainnya

Hello readers! 

Bisakah Galaxy J6 Menggunakan Fitur Always On Display?

Always On Display adalah sebuah fitur keren di hape-hape Samsung yang menggunakan layar Super Amoled. Jam, notifikasi, maupun tanggal akan tetap ditampilkan walaupun layar sudah dikunci.

Samsung_Galaxy_S7_edge_(25690678361).jpg
Prinsip kerjanya mudah, pada layar Super Amoled warna hitam ditampilkan dengan mematikan layar. Beda dengan layar IPS maupun LCD yang pixelnya akan tetap menyala walaupun menampilkan warna hitam. Pada Always On Display, pixel yang menyala hanya yang menampilkan jam, tanggal, dan notifikasi. Agar lebih jelas coba simak bedanya, layar Amoled hitamnya lebih pekat karena pixelnya tidak menyala.

Galaxy J6 sudah menggunakan layar Super Amoled, namun belum dibekali fitur Always on Display (AOD). Wajar, kakaknya yaitu Galaxy A6 saja juga belum diberi AOD, walaupun Galaxy A6+ sudah diberi AOD. Gak usah heran, Samsung mah gitu kadang agak pelit memberi fitur.. Galaxy J5 Pro pun juga tidak diberi fitur AOD padahal Galaxy J7 Pro sudah. Jangan khawatir, pengguna hape dengan layar Super AMOLED tetap bisa menikmati AOD kok, hanya saja tidak selengkap AOD bawaan Samsung.

PERINGATAN : Tutorial ini hanya bersifat mengedukasi dan bukan sebuah promosi. Risiko yang terjadi pada hape Anda merupakan tanggung jawab Anda. Do it with your own risk.

Menyalakan Always on Display pada Samsung Galaxy J6 cukup mudah.

1. Download Aplikasi Always on Display beta di playstore

AOD TufiddinBlog.JPG

2. Berikan izin / permission yang diminta

3. Nyalakan/Enable AOD

4. Style jam yang lebih lengkap dapat diperoleh dengan cara membeli di dalam aplikasi.

5. AOD sudah aktif. Layar makin terlihat keren saat dikunci 🙂

WhatsApp Image 2018-07-21 at 16.15.05
Galaxy J6 dengan Always On Display

Silakan mencoba!

Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan setelah menginstall AOD
1. Setelah unlock dengan fingerprint, layar tidak langsung terbuka, harus tap 2 kali pada layar agar AODnya menghilang.
2. Baterai akan sedikit lebih boros. Ini tergantung seberapa terang AOD, dan seberapa lama AOD akan menyala.
3. Tampilan AOD memang akan selalu bergeser tiap beberapa puluh detik, tujuannya menghindari kerusakan layar karena menyala terus di satu titik (Screen burn in)

Harapan saya, Samsung gak pelit-pelit lagi untuk memberi fitur AOD pada seri Galaxy yang sudah dilengkapi layar Super Amoled. Semoga, pada update kedepan ada update untuk fitur AOD. Dan semoga, ada developer XDA yang membuat mod AOD untuk Galaxy J6 🙂

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: