Malam Menjelang PSEP Sosek UGM 2018

Besok Jumat pagi jadwal pemberangkatan PSEP. Pengkajian Sosial Ekonomi Pertanian. Praktikum yang diadakan Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, UGM.

Mahasiswa yang mengambil praktikum tersebut akan ditempatkan bersama warga, selama beberapa hari, di daerah yang sudah ditetapkan. Tahun ini, di Sleman bagian barat. Kami dibagi menjadi puluhan tim.

Satu tim, terdiri oleh 2-3 mahasiswa. Satu tim menempati satu rumah / tempat yang sudah disiapkan. Bisa di rumah warga, atau ruang yang tersedia di desa.

Tugas kami sederhana. Menjadi enumerator, mengumpulkan informasi, yang akan diolah menjadi data. Seputar usahatani yang warga lakukan, keadaan ekonomi keluarga petani, monografi sebuah dusun dll. Sesuai judul praktikumnya, mengkaji aspek sosial, juga ekonominya.

Agar diketahui, seberapa sejahtera warga, terutama yang melaksanakan usaha pertanian, di daerah tersebut.

20181018_162117.jpg

Sore tadi saya masih sempat menyiram lahan di Banguntapan. Sebelum ditinggal beberapa hari PSEP. Kacang tanahku, semoga tumbuh subur ya 🙏

Kemudian mencari dua kancing almamater UGM yang mudah sekali lepas. Harga satuannya 5 ribu rupiah, beli di Kopma UGM. Lalu pulang ke rumah, mencetak kuesioner, yang hampir 20 halaman. Yang akan kami isi mulai besok, hingga Senin minggu depan.

20181018_192113.jpg

Selepas mencetak kuesioner. Packing sekenanya. Bawa dua tas sudah cukup. Karena bekal yang penting, bukan seberapa banyak pakaian, pun bukan seberapa tebal yang akan mengisi dompet.

Bekal yang penting, keberanian dan kematangan, dalam mempersiapkan. Ikhtiar mempersiapkan berupa membaca dan memahami setiap poin yang ditanyakan di kuesioner. Sesekali mempraktekkan, seakan sedang bertanya langsung pada petani.

Setelahnya adalah tawakkal. Semoga besok diberi kelancaran. Maka ada sebuah doa yang indah, bagi sesiapa yang akan berurusan dengan perkara lisan. Doa yang dibaca Nabi Musa a.s, saat akan mendatangi Fir’aun :

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

tufiddin

Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/1425-doa-nabi-musa-minta-dimudahkan-urusan-dan-ucapan.html

2 pemikiran pada “Malam Menjelang PSEP Sosek UGM 2018”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: