Merawat Kamera Handphone Agar Tetap Bening

Merawat Kamera Handphone Agar Tetap Bening

Kamera handphone punya peran penting di zaman modern ini. Ada momen, cekrek! Upload ke sosial media. Handphone yang masih baru beberapa bulan kualitas kameranya masih bagus. Bening dan jernih hasilnya. Seiring waktu, kualitasnya akan menurun lalu menghasilkan gambar yang buram. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

Di video ini ada penjelasan bahwa di balik camera cover, ada lensa-lensa yang menyusun sebuah kamera.

Di dalam kamera ada lensa-lensa yang dilindungi oleh camera cover. Camera cover adalah bagian terluar dari kamera, yakni yang terkena kontak dengan lingkungan langsung. Camera cover bisa terbuat dari plastik/mika dan juga kaca. Untuk camera cover yang terbuat dari plastik/mika, akan lebih mudah tergores. Jadi Anda harus berhati-hati. Yang kedua terbuat dari bahan kaca. Bahan ini lebih awet karena biasanya sudah dilapisi antigores seperti gorilla glass maupun dragontrail. Walaupun berbeda, cara merawatnya tetap sama.

Hasil gambar untuk scratch camera phone
Camera cover yang tergores

Pertama. Hindarkan camera cover dari sentuhan permukaan secara langsung. Jangan menaruh handphone Anda dengan kamera yang langsung mengenai meja maupun permukaan lainnya. Dikhawatirkan ada kotoran, debu, atau pasir yang akan menggores camera cover.

Hasil gambar untuk lenspen for smartphone
Lenspen untuk membersihkan kamera

Kedua. Bersihkan camera cover secara rutin. Pembersihan dapat dilakukan dengan lap kaca mata maupun kit khusus untuk membersihkan lensa kamera. Ataupun bisa menggunakan lenspen. Jangan ditiup, karena kelembaban dari tiupan bisa menyebabkan jamur. Jangan dilap langsung dengan jari karena akan meninggalkan noda minyak. Bersihkan dengan perlahan agar tidak menggores lensa.

Ketiga. Jangan disaku bersama kunci. Hindarkan camera cover dari benda-benda keras dan kasar seperti kunci misalnya yang bisa menggores camera cover.

Hasil gambar untuk tempered glass kamera
Tempered glass untuk camera cover

Keempat. Pasanglah pelindung camera cover. Biasanya dijual di toko aksesoris yang agak besar maupun toko online. Carilah dengan keyword cover lensa hape. Ada banyak pilihan, sesuaikan dengan tipe hape Anda agar ukurannya presisi. Pelindung ini akan meminimalkan dampak gesekan dari benda asing.

Hasil gambar untuk water resistant galaxy a8
Galaxy A8 dan A8+ yang sudah water resistance

Kelima. Jangan memaksa menggunakan kamera di saat hujan, apalagi hape Anda tidak punya sertifikasi water resistance. Hape yang sudah dilengkapi sertifikat IP68 seperti Samsung A series 2017 dan S series pun masih punya risiko kamera ngembun setelah diajak berenang. Kelembaban, dan air yang masuk ke dalam mesin akan menyebabkan kamera mengembun, solusinya dikeringkan dengan cara dibongkar.

Sekian tips yang sudah aku lakukan. Langkah-langkah tersebut hanya mengurangi risiko-risiko yang bisa mengurangi kualitas foto dari hape Anda. Barang yang sudah berumur lambat laun akan berkurang kualitasnya. Selamat mencoba! Kalau kalian punya cara lain untuk merawat kamera hape, silakan berkomentar ya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: