USB Tipe C yang Punya Banyak Kelebihan

USB Tipe C yang Punya Banyak Kelebihan

Universal Serial Bus atau USB adalah port yang punya banyak fungsi. Menghubungkan antar dua perangkat yang berbeda. Seiring waktu, ukuran perangkat terutama perangkat mobile semakin compact. Semakin tipis dan hanya menyisakan sedikit ruang. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengecilkan ukuran port. Contohnya pada ponsel. Kan gak mungkin dibuat besar seperti port USB di kompoter. Maka hadir USB yang lebih kecil. Yakni micro B.

USB Wikipedia En
 Gambar Micro B dan Tipe C

Namun seiring waktu. Micro B pun juga masih punya kekurangan. Transfer rate rendah, dan juga rawan rusak. Anda pasti pernah “salah memasukkan” ujung plug Micro B ke portnya. Karena bentuknya seperti trapesium. Tidak bisa bolak balik seperti lightning connector milik Apple iPhone.

USB tipe C hadir untuk mengatasinya. Bentuknya seperti oval. Bisa dimasukkan secara bolak-balik. Anda tidak perlu khawatir salah memasukkan.

USB tipe C juga punya kecepatan transfer yang lebih baik. Ini saya buktikan pada kedua ponsel Samsung saya. Galaxy A6 yang masih menggunakan micro-B, dan galaxy A5 2017 yang sudah memakai tipe C. Transfer file dari ponsel ke komputer lebih cepat menggunakan USB tipe C.

 

Selain itu, USB tipe C sudah mendukung untuk melakukan pengisian daya pada ponsel  dan perangkat lain dengan lebih cepat. Karena support power delivery hingga 100 watt.

USB C
Gambar USB tipe C pada Samsung Galaxy S9

Kedepannya akan lebih banyak lagi device yang akan menggunakan USB Tipe C.  Karena USB tipe C juga mendukung pengisian daya pada laptop. Tinggal menunggu waktu saja.

Namun, hal agak merepotkan adalah ketika kehabisan baterai di luar rumah, dan lupa bawa charger! Karena USB tipe C ini belum banyak digunakan pada ponsel entry level dan midrange. Sehingga kalau kita punya ponsel dengan USB tipe C, seringkali kesulitan menemukan teman yang juga menggunakan charger USB tipe C

Harapan saya, di tahun 2019 makin banyak produsen ponsel dan perangkat lain yang menggunakan USB Tipe C. Agar USB Tipe C tidak menjadi barang mahal lagi. Dan tentunya konsumen akan diuntungkan.


Referensi :
The difference between Micro USB and USB type C
USB on Wikipedia English
USB Type-C Explained: What is USB-C and Why You’ll Want it

2 pemikiran pada “USB Tipe C yang Punya Banyak Kelebihan”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: