6 Cara Agar Paket Kiriman Belanja Online Sampai Tujuan Dengan Selamat

6 Cara Agar Paket Kiriman Belanja Online Sampai Tujuan Dengan Selamat

Berkembangnya e-commerce di Indonesia juga menjadi angin segar bagi penyedia jasa pengiriman. Semakin banyak transaksi di e-commerce, akan semakin banyak jasa pengiriman yang dibutuhkan.

Penjual dan pembeli pasti sama-sama ingin untung. Penjual ingin barang sampai dengan selamat, pembeli pun juga. Paket diterima dengan baik, tanpa kerusakan, dan diterima oleh pemiliknya. Penjual dapat rating bagus. Pembeli pun senang.

Di sini peran jasa pengiriman sangat penting. Bisa jadi toko online dapat rating kurang baik karena pernah mengalami masalah dengan pengiriman, salah alamat misalnya, atau barang rusak saat diterima pembeli. Memilih jasa pengiriman yang sudah berpengalaman, wajib dilakukan sebagai penjual.

Lalu, sebagai pembeli apa saja yang bisa kita lakukan agar paket kiriman bisa sampai tujuan dengan selamat?

  1. Pilih penjual dengan rating yang baik. Pilihlah penjual yang punya rating bagus, punya testimoni baik. Jangan sampai pesanan yang datang tidak sesuai yang dipesan.
  2. Pilih jasa pengiriman yang mudah dijumpai di lokasi Anda. Dengan begitu, ada lebih banyak kurir yang bertugas mengantarkan paket, dan paket akan sampai tepat waktu.
  3. Mintalah packing kayu untuk barang pecah belah atau elektronik. Biasanya penjual juga menyediakan jasa tambahan packing kayu untuk barang-barang elektronik. Untuk mengurangi risiko rusak selama di perjalanan.
  4. Pakai asuransi untuk barang berharga. Asuransikan jika barang yang Anda kirim terbilang berharga atau Anda merasa khawatir kalau paket tidak sampai.
  5. Isi alamat dengan lengkap dan detil. Alamat yang detil memudahkan kurir untuk mengantarkan paket Anda. Isi sampai dengan nomor rumah, kalau perlu beri keterangan ciri-ciri rumah atau alamat tujuan.
  6. Isi nomor telpon yang selalu bisa dihubungi. Kurir bisa saja mengirim barang ketika Anda tidak sedang ada di rumah, atau kemungkinan nyasar kesulitan mencari alamat. Biasanya mereka akan mengirim sms atau menelpon Anda.

Sebaik apapun sistem dan tata laksana, bisa jadi ada celah di dalamnya. Tak jarang ada paket yang tak kunjung datang, atau malah nyasar ke orang lain.

Jangan lupa untuk melakukan cek resi. Untuk memantau paket Anda sudah sampai mana.

Sejauh ini, saya menggunakan jasa POS Indonesia, JNE, TIKI, dan J&T aman-aman saja. Paket diterima dengan baik dan selalu sampai tujuan. Ongkos kirim yang mereka tawarkan pun bersaing.

Semoga dengan langkah di atas, paket yang Anda pesan bisa sampai tujuan dengan selamat, tanpa kurang suatu apa.

Selamat mencoba!

3 pemikiran pada “6 Cara Agar Paket Kiriman Belanja Online Sampai Tujuan Dengan Selamat”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: