4 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Ganti Layar Ponsel

4 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Ganti Layar Ponsel

Kadangkala ponsel terjatuh tanpa sengaja. Jatuh dari motor, dari meja, dari ketinggian. Semuanya bisa menyebabkan layar mengalami kerusakan. Biasanya terjadi retak di permukaan (kaca paling atas). Jika sampai merusak layar di dalamnya. Perlu dilakukan penggantian satu set layar.

Berikut ini adalah 4 hal yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan mengganti layar ponsel. Terutama jika Anda berencana menggantinya bukan di service centre resmi.

1. Tingkat Kerusakan

cr-iphone-6-plusSeberapa tingkat kerusakan ponsel Anda? Tidak semua teknisi akan menerima perbaikan ponsel Anda. Teknisi biasanya akan memperkirakan apakah ponsel Anda masih bisa diperbaiki atau tidak. Beberapa hal dapat menyebabkan layar sulit diperbaiki, misalnya ada konektor yang sudah korosi karena air, atau terjadi bengkok pada frame ponsel. Jika layar dipasang, dikhawatirkan tidak bisa menyatu secara sempurna. Kalau sudah begitu, akan menyulitkan penggunanya di kemudian hari.

2. Kualitas Sparepart

Sebelum memutuskan mengganti layar. Tanyalah kepada teknisi. Mengenai kualitas layarnya apakah sama dengan original / bawaan pabrik. Layar yang kualitasnya di bawah original biasanya memiliki warna yang pucat dan tidak bisa mereproduksi warna dengan baik. Selain itu durabilitasnya juga tidak sebaik layar original.

3. Multitouch Berfungsi Normal?

Pengalaman tidak menyenangkan pernah saya alami. Ketika melakukan perbaikan ponsel ASUS Zenfone oleh jasa servis di pinggir jalan. Maklum, saat itu masih awam, belum teliti seperti sekarang. Sebabnya ponsel saya jatuh, terlindas kendaraan. Kacanya pecah dan layarnya bocor, sehingga perlu diganti.

Setelah diganti, ternyata layar ponsel saya diganti dengan layar yang bukan original. Sehingga layar hanya mampu merespon sentuhan maksimal 2 jari. Padahal ponsel saya mendukung respon sentuhan maksimal 5 jari. Akan sangat terasa, saat mengetik di keyboard terasa ada “missed” pada huruf-huruf yang diketik berdekatan.

4. Garansi Produk

Sebelum melakukan servis, tanyalah ke teknisi mengenai garansi layar yang akan dipasang. Apakah layarnya garansi, atau hanya perbaikannya saja yang garansi. Kalau bisa, mintalah garansi untuk keduanya. Untuk berjaga-jaga ketika terjadi malfungsi setelah diperbaiki. Misalnya layar “ngangkat” atau berkedip karena kabel fleksibelnya kurang rapi dipasang. Jangan lupa, setelah ponsel jadi, cobalah beberapa saat, yang agak lama. Agar jika terjadi kerusakan bisa dikembalikan saat itu juga.

The Verdict

Langkah di atas dapat dicoba saat Anda melakukan servis di luar service centre resmi. Karena biasanya mereka mematok harga jasa yang lebih terjangkau, dan lebih cepat prosesnya. Toh, memang banyak juga jasa servis ponsel yang punya reputasi baik. Selagi bisa memilihnya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: