5 Manfaat Dashboard Camera (Dashcam) Bagi Pemilik Mobil

Dymond-Dashboard-camera-HD-in-car.jpg

Bagi pemilik mobil, kurang lengkap rasanya bila tak memodifikasi dan menambah aksesoris. Agar tampilan mobil lebih kece dan tetap fungsional saat dikendarai. Eits, tahu gak sih, ada aksesoris interior yang layak untuk dipertimbangkan lho! Yakni dashboard camera alias dashcam.

Kamera kecil ini biasa terpasang di atas dashboard ataupun digantung pada kaca depan. Sumber listriknya mengambil dari power outlet, ada juga yang dilengkapi dengan baterai. Penyimpanan rekamannya menggunakan memory card.

Kualitas rekaman dan sudut pandang masing-masing dashcam berbeda. Juga fitur-fitunya. Tergantung merk dan harganya. Namun fungsi utamanya adalah merekam.

Lalu, apa saja manfaat dari penggunaan dashcam?

1. Merekam Perjalanan

Buat para car-vlogger, dashcam punya peran besar untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Hasil rekaman dapat digunakan sebagai pelengkap vlog. Kalau rekamanmu menarik, bisa jadi videomu mendapat banyak penonton.

2. Barang Bukti Kecelakaan

Jika terjadi kecelakaan yang memerlukan barang bukti, hasil rekaman dashcam dapat membantu Anda dalam berargumen dan menerangkan kepada kepolisian. Bermanfaat banget nih kalau terlibat kecelakaan dengan orang ngeyel yang gak mau disalahkan. Semoga kita selalu diberi keselamatan saat berkendara ya.

dash-cams-top-2x1-lowres1024-2312.jpg

3. Menghindari Tilang

Misalkan Anda ditilang polisi karena dianggap melanggar marka atau lampu lalu-lintas, tunjukkan hasil rekamannya jika Anda yakin benar tidak melanggar. Kalau beneran salah ya jangan ngotot sama Pak Polisi 😀

4. Merekam Kejadiaan Saat Mobil di Parkir

Beberapa dashcam dilengkapi dengan baterai yang mampu merekam beberapa jam saat kendaraan parkir. Ada juga dashcam yang dilengkapi sensor getaran sehingga otomatis merekam saat terasa ada getaran. Misalkan ketika parkir ada yang mencoba mencongkel pintu atau memecahkan kaca, maka dashcam akan merekamnya.

5. Bonus : Merekam kejadian “aneh”

Nah bagi yang sering menyetir di malam hari atau melewati tempat-tempat sepi. Barang kali dashcamnya menangkap kejadian “aneh”, penampakan misalnya 😀 Hiii serem!

Gimana, tertarik pakai dashcam?

Kalau saya mikirin cara beli mobilnya dulu :p

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: