Apakah iPhone 6S Plus Masih Layak Dibeli di Tahun 2019?

Sampai artikel ini ditulis (November 2019), iPhone 6S Plus 32GB masih dijual resmi di Erafone dan iBox dengan harga 4.49 juta rupiah.

26162561181_01148e99ee_b.jpg

Perlu diingat, ponsel ini dirilis pertama kali tahun 2015. Artinya umur ponsel ini sudah hampir lima tahun. Meski begitu masih banyak yang menganggap ponsel ini masih fine-fine saja digunakan sebagai daily driver.

Lalu apakah ponsel besutan Apple ini masih layak dibeli dan dijadikan sebagai ponsel utama?

Desain

Desain iPhone 6S Plus ini cakep banget, solid dan juga tipis. Long lasting desain kalo boleh saya bilang. Apalagi varian warna rose-goldnya. Perlu diingat, varian 6S Plus ini punya bodi yang lebih bongsor dari varian 6S biasa sehingga kurang nyaman digunakan dengan satu tangan.

iPhone 6S Plus
Pic credit : GSMArena.com

Punya dimensi 158.2 x 77.9 x 7.3 mm, body bongsor di iPhone 6S Plus ini memungkinkan Apple menaruh baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, di bagian bawah ponsel masih ada port jack audio 35 mm. FYI, seri 6S dan 6S Plus adalah iPhone terakhir yang memiliki port jack audio. Sehingga iPhone ini cocok untuk kamu yang masih menggunakan wired headphone,

Dapur Pacu dan Software

RAM 2GB dan Chipset A9 masih mampu digunakan untuk menghandle tugas-tugas sederhana seperti sosial media dan juga game-game dengan grafik menengah. Kalau dibandingkan dengan seri iPhone terbaru pasti akan kalah jauh. Namun grafik saat gaming masih mampu mengimbangi  ponsel Android kelas menengah.

Untuk software, iOS versi 13 sepertinya akan menjadi update terakhir yang bisa diterima iPhone 6S Plus. Kemungkinan besar iPhone 6S Plus tidak akan menerima update iOS versi 14 tahun depan.

Kamera

Ingatlah ponsel ini adalah papan atas alias flagship di masanya. Kameranya jelas tokcer untuk keadaan cahaya cukup. Untuk instagram story videonya jernih dan stabil seperti seri iPhone pada umumnya. iPhone 6S Plus ini kameranya sudah dilengkapi optical image stabilization yang membuat video lebih stabil.

Kekurangannya ada di saat menghadapi lowlight alias kondisi kurang cahaya, seperti di dalam ruangan atau di malam hari.  Meskipun pixel sizenya besar, bukaan lensanya tergolong kecil (f.2.2) kalah bersaing dengan ponsel-ponsel Android kelas menengah yang sudah dibekali fitur Night Mode.

Selain itu, iPhone 6S Plus ini hanya punya satu kamera belakang. Sedangkan di harga yang sama kamu bisa dapat midrange Android dengan tiga sampai empat kamera, meskipun kualitasnya terbilang “medioker” alias biasa saja. Namun tetap saja, tambahan lensa akan menawarkan pengalaman baru bagi penggunanya. Seperti kamera ultra-wide untuk mengambil foto pemandangan maupun ketika foto kegiatan rame-rame. Kalau kamu penggemar lensa ultra-wide atau sering menggunakan lensa telephoto, coret iPhone 6S Plus ini dari daftar pertimbanganmu.

Baterai

Baterai di seri plus ini cukup besar yakni 2750 mAh. Kalau digunakan untuk kegiatan ringan masih bisa bertahan dari pagi sampai maghrib. Varian plus ini punya baterai lebih awet dari varian 6S biasa. Namun perlu diingat di paket penjualan hanya diberi charger biasa. Sehingga perlu waktu cukup lama untuk melakukan pengisian daya.

Memory “hanya” 32 GB

Ponsel ini hanya dibekali memori 32 GB. Meski lebih besar dari 16 GB, menurut saya masih kurang untuk penggunaan jangka panjang. Ingatlah, memori 32 GB itu tidak hanya digunakan untuk menyimpan media, namun juga file sistem dan aplikasi lho! Apalagi Apple iPhone tidak dibekali slot micro SD.

The Verdict

iPhone 6S Plus 32 GB yang masih di jual Erafone dan iBox ini menurutku masih layak untuk penggunaan jangka menengah (1 tahun ke depan). Mengingat performanya masih bagus untuk daily use. Kameranya juga masih oke untuk pemakaian normal. Namun sayang sepertinya jatah update iOSnya sudah habis. Sehingga kalau digunakan untuk jangka panjang (di atas 2 tahun) menurut saya sudah kurang layak.

Dengan budget 4,5 juta, banyak alternatif pilihan seperti ponsel midrange Android dan varian iPhone 7 second dengan varian memory menengah. Jika bisa ditambah sekitar sejuta, bisa dapat seri iPhone 7 Plus (second) dan juga flagship Android (second).

Selamat menentukan pilihan! 🙂

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: