Ternyata Banyak Pengunjung Mengakses Blog Dengan Ponsel

Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Trafik Tinggi dan SEO

Memiliki trafik yang tinggi adalah cita-cita kebanyakan blogger. Apalagi blogger yang sejak awal bertujuan untuk melakukan monetisasi pada blognya supaya mendapatkan keuntungan. Tentu menjadi hal yang menyenangkan bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Berbagai upaya dilakukan para blogger agar artikel dan blog mereka bisa menempati halaman pertama di mesin pencari Google. Sebab orang-orang kebanyakan hanya membuka website yang muncul di halaman pertama saja. Oleh karena itu muncul pembahasan mengenai Search Engine Optimation alias (SEO), supaya artikel dan blog bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Mencoba Google Webmaster

Saya masih awam di dunia blog. Masih banyak ilmu blogging yang belum saya pelajari. Beberapa bulan lalu saya iseng menggunakan Google Webmaster Tools. Fungsinya untuk mengetahui mengenai kata kunci dan trafik yang ada di blog. Sehingga saya bisa tahu apa saja kata kunci yang membawa pengunjung mampir ke blog ini. Juga mengetahui data lain mengenai trafik ke blog ini.

Kebanyakan Pengunjung Mengakses Blog Dari Ponsel Mereka

Bulan November lalu saya mendapat email dari Google mengenai ringkasan statistik blog di Bulan November. Trafik blog ini memang belum banyak, wajar sih karena memang jarang update secara rutin. Banyak hal yang disampaikan dalam email itu, di antaranya jumlah klik dan tayangan blog, ranking artikel paling ramai dikunjungi, dan keyword apa yang paling banyak mendatangkan pengunjung ke blog ini.

Perangkat Seluler

Hal yang membuat saya terkejut adalah mengenai sumber trafik ke blog. Ternyata mayoritas pengunjung mengakses blog ini melalu ponsel. Cukup kaget, karena selama ini saya banyak melakukan pengaturan blog supaya enak dipandang dipandang di layar laptop, ternyata pengunjungnnya banyak yang mengakses menggunakan ponsel.

Well, ini bisa jadi bahan pelajaran bagi saya untuk mengatur blog ini supaya lebih mobile-friendly, karena tren pengunjung bukan lagi mengakses informasi dari laptop dan komputer, namun lebih sering menggunakan ponsel.

Beberapa Cara Agar Blog Lebih Mobile-friendly

Ada banyak cara agar blog bisa lebih mobile-friendly, terutama agar load time-nya lebih cepat. Dengan begitu blog akan lebih cepat dimuat, karena Google juga mempertimbangkan load time sebuah blog dalam meranking posisi di halaman pencarian mereka.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah :

  • Memilih tema responsif, yakni tema / template blog yang bisa menyesuaikan dengan berbagai macam perangkat.
  • Mengurangi widget yang tidak perlu, ya betul, kurangi widget yang tidak terlalu penting karena itu hanya akan menambah load time blog.
  • Melakukan kompresi gambar, upload gambar pendukung yang sudah dikompres ukurannya.
  • Buat menu yang mudah dipahami.
  • Gunakan font yang terbaca jelas dan ukurannya jangan terlalu kecil.

Tentu masih banyak cara lain untuk membuat blog lebih mobile-friendly. Cara di atas bisa terbilang simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang. Sambil mempelajari cara lain secara bertahap. Semua hal butuh proses, tetap semangat dan terus belajar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: