2 Cara Mudah Menghilangkan Iklan YouTube

Cara Mudah Menghilangkan Iklan YouTube

Penonton YouTube makin banyak, publisher Youtube juga makin banyak. Hal ini menjadi peluang bagi Google untuk menayangkan iklan. Maka wajar kita jumplai iklan di channel yang sudah melakukan monetisasi. Walau terkadang kita merasa iklan tersebut mengganggu, namun perlu diingat itu adalah hal yang harus “kita bayar” supaya bisa menonton video secara gratis.

Dalam datanya, Statista menyebutkan pengguna YouTube di seluruh dunia diprediksi naik dari 1.35 miliar pengguna di tahun 2016 menjadi 1.86 miliar pengguna di tahun 2021.

Iklan yang ada di Youtube akan menjadi pemasukan bagi Google dan juga publisher / content creator yang sudah melakukan monetisasi.

Bagi Google, iklan bisa menjadi pemasukan perusahaan. Bagi publisher, iklan bisa menjadi pemasukan untuk mengembangkan channel. Ingat, investasi alat berupa kamera, lightning, laptop untuk editing dan waktu itu butuh biaya.

Namun dari sisi pengguna / penonton, terkadang iklan yang muncul dapat dirasa mengganggu video yang sedang ditonton. Misalnya saat menonton video materi kuliah, lalu ada jeda iklan, atau mendengar murotal tapi di tengahnya ada jeda iklan sehingga ayatnya terpotong.

Kalau kita menggunakan layanan YouTube secara gratis, sebenarnya fair-fair saja mereka menampilkan iklan. Karena Google juga perlu biaya untuk menyediakan server dan juga berbagi hasil iklan untuk para publishernya agar mereka tetap mau membuat video di YouTube.

2 Cara Mudah Menghilangkan Iklan YouTube

Ada dua cara paling mudah untuk menghilangkan iklan di YouTube. Supaya kamu bisa menonton video dengan lebih nyaman

1. Memasang Ad Blocker

AdBlocker

Yap, gunakan saja ad blocker di browser internet kamu. Saya sendiri menggunakan AdBlock Plus untuk Google Chrome dan juga browser lain yang saya gunakan. And it works, iklan di YouTube sudah tidak tayang lagi.

Setelah mengaktifkan adblocker, iklan di website dan juga YouTube akan menghilang. Namun beberapa website yang sudah memasang anti-ad blocker biasanya akan meminta kamu mematikan dahulu ad blocker ketika mengunjungi website mereka.

Hanya saja adblocker ini tidak berfungsi untuk aplikasi YouTube di hape maupun tablet.

2. Berlangganan YouTube Premium

Hilangkan iklan dengan YouTube Premium

Cara kedua ini ditawarkan sendiri oleh Google. Yaitu berlangganan YouTube Premium. Ada banyak hal yang bisa kamu peroleh setelah berlangganan YouTube Premium :

  • Bebas iklan
  • Bisa diputar di latar belakang (di hape dan tablet)
  • Bisa download video
  • Akses ke YouTube music

Per tanggal 19 Maret 2021 harga langganan YouTube premium sebagai berikut :

  • Regular : 59.000 rupiah per bulan
  • Keluarga : 89.000 rupiah per bulan
  • Pelajar : 34.990 rupiah per bulan

Dengan berlangganan YouTube Premium kamu tidak akan terganggu iklan lagi.

Cara Mendukung YouTuber

Kalau iklan tidak tayang, pendapatan dari iklan akan berkurang. Hal ini bisa membuat publisher / content creator di YouTube tidak bersemangat membuat video kembali. Padahal salah satu tujuan mereka nge-YouTube adalah mencari rupiah.

Bagaimana cara mendukung mereka?

Saya lihat sudah banyak Youtuber yang memanfaatkan website donasi seperti :

  • Saweria
  • Sociabuzz
  • Patreon
  • Paypal
  • Trakteer.id

dan masih banyak lagi website donasi lainnya. Kamu bisa langsung mengirimkan dukungan berupa transfer dana ke akun donasi para YouTuber. Selain itu kamu juga bisa bergabung / join ke channel untuk mendukung mereka.


Kesimpulan

Yap, sekian dulu artikel singkat kali ini. Kesimpulannya sederhana : jika belum ada uang untuk langganan YouTube Premium bisa gunakan ad blocker terlebih dahulu. Jika sudah punya uang bisa berlangganan YouTube Premium saja.

Sebenarnya ada cara lain untuk menghilangkan iklan yaitu menggunakan aplikasi Youtube Vanc*d. Namun tidak saya bahas karena saya tidak pernah memakainya.

Selain itu saya juga tidak berani install aplikasi yang tidak saya ketahui cara kerjanya, apalagi bisa membuat hal yang berbayar menjadi gratis.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan