Xiaomi Powerbank Cocok Untuk Fast Charging Samsung Galaxy

Fast charging alias pengisian daya cepat mulai menjadi tren di smartphone kelas menengah (midrange). Mengisi baterai dengan kapasitas besar tidak perlu memakan waktu lama. Dengan fast charging, pengisian daya akan lebih cepat.

Aku punya Galaxy A5 2017 yang sudah support fast charging. Hape ini sudah hampir dua tahun. Baterainya mulai boros. Sehari bisa charge beberapa kali. Mau ganti baterai tapi uangnya belum ada, aku tanya di Samsung Service Center Jalan Kaliurang, biayanya sekitar 500 ribuan. Yaduh, mending beli powerbank aja deh.

Di rumah sudah ada beberapa powerbank, hanya saja keluaran lama. Sudah berumur, tapi masih bisa dipakai. Sayangnya keduanya belum support fast charging. Baik untuk pengisian ke powerbank maupun pengisian baterai smartphone dari powerbank. Untuk mengisi powerbank dengan kapasitas 8000 mAh, butuh waktu sekitar 7 sampai 8 jam. Untuk mengisi baterai A5 2017 kapasitas 3000 mAh, butuh waktu 2,5 jam.

img-20190102-wa00176934601593709407694.jpg

Aku putuskan untuk membeli powerbank Xiaomi. Melihat dari spesifikasinya, powerbank ini mendukung fast charging. Baik untuk pengisian ke powerbank maupun pengisian dari powerbank ke smartphone.

Powerbank ini kemasannya sangat simpel. Hanya kotak kecil yang berisi buku petunjuk dan juga kabel data microUSB tipe B. Slot charging di powerbank ini pun juga masih tipe B. Untuk menjamin keaslian powerbank ini, belilah dari official store maupun toko yang terpercaya. Rugi kan kalau dapat barang palsu.

img-20190102-wa00187797075174992000711.jpg

Body powerbank ini dibalut metal di sekelilingnya dan juga plastik pada bagian atas dan bawah. Saran saya, belilah silikon untuk powerbank ini, atau sediakan wadah khusus. Pasalnya, powerbank ini cukup licin dan mudah lolos dari genggaman. Selain itu, catnya juga mudah terkikis oleh gesekan. Apalagi jika Anda membeli varian warna silver seperti saya.

Karena tidak dibekali dengan kepala charger. Anda harus mempersiapkan kepala charger sendiri untuk charge powerbank ini. Walhasil lama charge tergantung dengan kepala charger yang Anda gunakan. Saya sempat membandingkan lama pengecasan dengan dua kelapa charger samsung. Yang pertama menggunakan kepala charger bawaan Galaxy A6 dengan output 1,5 ampere, butuh waktu sekitar 7-8 jam untuk mengisi penuh powerbank berkapasitas 10000 mAh ini. Yang kedua menggunakan kepala charger Galaxy A5 yang sudah support fast charging dengan output 2 Ampere, butuh waktu sekitar 5-6 jam untuk mengisi penuh powerbank ini. Kabel yang aku gunakan adalah kabel bawaan powerbank.

Lalu kemudian aku mencoba mencharge A5 2017 dengan powerbank ini. Menggunakan kabel bawaan yang bertipe C. Voilaaaa! Notifikasi pengisian daya cepat muncul. Artinya powerbank ini sudah support fast charging. Yeay, sekarang gak perlu khawatir kehabisan baterai di luar rumah, karena sudah ada powerbank yang cukup besar kapasitasnya dan support fast charging.

Sebagai tambahan, tidak semua hape support fast charging ya. Cari tahu spesifikasinya di internet apakah hape kamu support fast charging atau tidak. Dan perlu diperhatikan, agar fast charging berfungsi, gunakan kabel original ataupun kabel yang sudah mendukung fast charging.

Sekian dulu dari aku, lain kali aku akan mereview barang elektronik lainnya. Stay tuned on tufiddin.com yah!

Tinggalkan Balasan