Menggantikan Tombol Keyboard Enter yang Mati dengan Tombol Lain (Windows 10)

Tombol enter di keyboard laptop saya mendadak tidak berfungsi pada hari ini. Dugaan saya karena laptop ketumpahan air minum beberapa hari lalu, di sekitar tombol enter. Walaupun boleh jadi ada penyebab lainnya, seperti adanya kotoran, sirkuit yang rusak, kerusakan driver, dsb. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Langkah yang saya lakukan adalah mengecek driver keyboard. Apakah ada kerusakan atau minta diupdate. Setelah saya install ulang drivernya, masalah belum hilang. Berarti memang ada kerusakan di keyboard.

Rencana saya, akan ganti keyboard. Namun karena belum ada uang yang cukup, ada baiknya sementara melakukan remap pada keyboard. Yakni mengganti fungsi tombol lain sehingga berfungsi layaknya tombol enter. Agar laptop tetap bisa dipakai untuk menulis. Termasuk menulis artikel ini 😀

Software yang saya gunakan adalah Sharpkeys versi 3.9, Anda bisa mengunduhnya di website developernya, Randy Rants. Ukurannya tidak sampai 2 MB. Bisa berfungsi di Windows 10, karena saya sudah membuktikannya.

Langkah menggantikan tombol lain menjadi tombol enter di keyboard sebagai berikut.

Saya akan mematikan (turn off) fungsi enter pada tombol enter yang sudah tidak berfungsi. Kemudian saya akan mengganti tombol shift yang ada di bawah tombol enter, menjadi tombol enter.

Do It With Your Own Risk

1. Install software Sharpkeys versi 3.9 , unduh di sini.

Jika sudah diunduh, install, lalu buka. Akan muncul tampilan seperti ini.

Sharp Key 3.9.JPG

2. Mematikan Tombol Enter

Klik tombol Add. Setelah klik tombol Add, akan muncul tampilan dua kolom fungsi. Kolom kiri adalah fungsi sebelum. Kolom kanan adalah fungsi setelah. Kolom kiri, carilah special key : enter, lalu pilih. Pada kolom kanan, carilah Turn off key, lalu pilih. Klik OK jika sudah selesai.

Step 1

Pastikan mapping tampil di daftar ini setelah Anda klik tombol OK. 

step 2.JPG

3. Mengganti Shift Menjadi Enter

Ada dua tombol shift di keyboard laptop saya. Di kanan dan di kiri. Saya akan memilih tombol shift di kanan. Klik tombol add. Di kolom kiri cari Special : Right Shift, lalu pilih. Di kolom kanan cari Special : Enter, lalu pilih. Setelah selesai. Klik OK.

step 3.JPG

4. Setelah semua mapping selesai, pilih Write to Registry.

Setelah mapping yang diinginkan selesai. Pilih Write to Registry. Akan ada dialog box peringatan untuk restart. Lakukan restart

step 4.JPG

Setelah restart windows, tombol yang di-remap akan berfungsi. Alhamdulillah saya tetap bisa melakukan fungsi tombol enter dengan menekan tombol shift di bawahnya.

Hanya saja, sekarang saya tinggal punya satu tombol shift di keyboard bagian kiri. Tangan perlu menyesuaikan diri agar lancar menulis lagi, sembari menunggu ada uang untuk ganti keyboard baru.

Anda bisa menggunakan Software ini untuk mengedit fungsi di keyboard Anda. Sesuai kebutuhan. Misalkan ketika ada tombol lain yang tidak berfungsi.

Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah yang sama.

Tinggalkan Balasan