Rahasia Video Stabil Pada Ponsel : Optical Image Stabilization (OIS)

iphone-6-458150_640

Gambar oleh hurk dari Pixabay

Ponsel zaman now umumnya sudah dilengkapi sensor kamera yang bagus. Sudah cukup untuk sekedar posting di sosial media. Namun belum sepenuhnya bisa menggantikan peran kamera  seutuhnya.

Ponsel kelas atas (flagship), biasanya punya fitur kamera lebih bagus daripada seri ponsel di bawahnya. Kamera pada kelas flagship lebih gegas saat dioperasikan, selain itu kualitas gambar serta videonya lebih bagus.

Bicara soal video, pada kamera ponsel flagship umunya sudah dilengkapi Optical Image Stabilization (OIS). Fitur OIS merupakan fitur penstabilan yang memungkinkan kamera bergerak mengimbangi getaran saat Anda merekam, misalnya getaran dari tangan saat berjalan. OIS memungkinkan rumah kamera bergerak untuk mengimbangi getaran itu sehingga video yang dihasilkan lebih stabil.

Untuk lebih jelasnya coba tonton video berikut :

Kamera ponsel tanpa OIS tidak bisa bergerak mengimbangi gerakan tangan, akibatnya kamera akan selalu mengikuti getaran tangan ketika merekam.

Fitur OIS sangat berguna bagi Anda yang gemar merekam video di ponsel. Sebab hasilnya stabil dan nyaman untuk ditonton. Ini merupakan video perbandingan kamera dengan OIS dan tanpa OIS :

Sayangnya ponsel flagship dibanderol dengan harga sultan. Bukan market semua kalangan.

Kalau budget Anda terbatas dan ingin perekaman di ponsel stabil, bisa ikuti saran di bawah :

  1. Pakai ponsel yang dilengkapi Electronic Image Stabilization (EIS), yakni penstabilan video oleh software. Biasanya sudah bisa ditemui di ponsel kelas midrange harga dua jutaan ke atas.
  2. Lengkapi ponsel dengan gimbal untuk stabilizer saat merekam.
  3. Gunakan tripod saat mengambil gambar dari suatu tempat.
  4. Manfaatkan aplikasi yang bisa menstabilkan video yang telah dibuat, misalnya Google Foto.
  5. Nabung agar bisa beli flasgship :p

Selamat mencoba.. sekian dan terima kasih 😃

Tinggalkan Balasan