5 Manfaat TopAds Tokopedia Bagi Seller Pemula

5 Manfaat TopAds Tokopedia

Menjual barang melalui internet semakin mudah. Pasalnya banyak online marketplace yang menyediakan kesempatan penggunanya untuk berjualan. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain-lain.

Semakin banyak penjual semakin banyak saingan. Salah satu strategi untuk bersaing adalah memasang iklan, yang di Tokopedia bernama TopAds. Apa saja manfaat TopAds dan fungsinya?

Memang kita sadari banyak peluang yang ada dari berjualan online. Kunjungan online marketplace itu berkisar belasan sampai puluhan juta pengunjung setiap bulannya. Peluang besar untuk berjualan.

Meski begitu banyak yang beranggapan bahwa berjualan online sekarang sudah susah. Karena banyak saingan. Setelah upload produk, ketika dicari tidak muncul di halaman pencarian, kalah bersaing dengan produk dari toko-toko besar dan yang sudah lama berjualan.

Wah, namanya berdagang harus pandai putar ide, terutama saat baru mulai berjualan. Saingan pasti ada, tapi yakinlah setiap orang sudah dijatah rezekinya. Saya punya keyakinan begini : dari puluhan juta kunjungan itu masa sih ga bisa dapat 1 orderan pun?

Baca juga : Cara Mendapatkan Cashback Bibit

Sering Dilupakan Seller Pemula : Memasang Iklan

Sebenarnya ada hal penting yang sering dilupakan bagi para penjual / seller pemula di online marketplace : pasang iklan!

Iklan punya fungsi mendatangkan traffic / kunjungan ke toko yang dibuat. Produk yang diiklankan akan muncul di berbagai lokasi strategis seperti halaman pencarian, headline, maupun kolom rekomendasi.

Kali ini saya akan bahas mengenai fitur iklan bagi seller terutama yang baru berjualan di Tokopedia, namanya adalah TopAds.

Pengertian TopAds Tokopedia

TopAds adalah fitur beriklan di Tokopedia untuk para penjual. Fitur ini akan menampilkan produk yang kamu iklankan di berbagai tempat strategis seperti :

  • Halaman utama
  • Halaman pencarian
  • Halaman kategori
  • Rekomendasi produk
  • Whistlist

TopAds adalah layanan berbayar. Seller harus mengisi saldo TopAds terlebih dahulu baru bisa beriklan. Saldo iklan akan berkurang seiring bertambahnya tampilan iklan dan banyaknya pengunjung yang melakukan klik iklan.

Top-up saldo TopAds dapat dilakukan dengan menggunakan saldo penjualan atau metode pembayaran lain. Nominal top-up yang tersedia yaitu :

  • Rp 50.000
  • Rp 100.000
  • Rp 200.000
  • Rp 300.000
  • Rp 500.000
  • Rp 1.000.000
  • Rp 5.000.000
  • Rp 10.000.000

Dan biasanya terdapat cashback 5 s.d 10% berupa tambahan saldo TopAds setelah melakukan top-up.

Jenis Iklan TopAds

Jenis iklan TopAds

Ada dua jenis iklan yang ada di tokopedia

  1. Iklan Produk : Mengiklankan produk secara langsung. Ada yang manual dan otomatis. Iklan manual bisa diatur jenis produk dan kata kuncinya. Iklan otomatis akan membiarkan sistem Tokopedia mengiklankan seluruh produk yang ada di toko kamu.
  2. Iklan Headline : Nama toko dan produk unggulan akan muncul ketika pengunjung sedang mencari produk di halaman pencarian.

Manfaat TopAds Bagi Seller di Tokopedia

1. Menampilkan Produk di Lokasi Strategis

Contoh iklan yang tampil di hasil pencarian Tokopedia

Tujuan utama beriklan supaya produk bisa dilihat calon pembeli yaitu pengunjung tokopedia. Semakin banyak iklan yang tampil, produk akan semakin sering dilihat pengunjung.

Iklan produk akan muncul di berbagai tempat strategis. Baik saat pengunjung mengakses tokopedia via web ataupun menggunakan hape.

2. Mendatangkan Pengunjung

Iklan yang menarik akan membuat pengunjung melihat produk yang diiklankan dan juga melihat-lihat isi toko kamu.

Semakin banyak pengunjung semakin bagus. Artinya produk semakin sering dilihat. Kalau pengunjung punya rencana beli akan dimasukkan ke keranjang atau menambahkan ke wishlist.

3. Menjangkau Pembeli Potensial

Algoritma Tokopedia akan menempatkan iklan produk sesuai dengan preferensi penggunanya. Selain itu iklan manual di Tokopedia punya fitur untuk mengatur kata kunci. Iklan akan muncul ketika pengunjung mengetik kata kunci yang kamu pasang.

4. Mempermudah Dapat Orderan Pertama

Bagi seller pemula, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah iklan. Kalau tidak beriklan bagaimana calon pembeli tahu produk yang seller jual. Inilah salah satu fungsi Topads, yaitu untuk membantu para seller pemula agar produk yang belum punya review bisa terjual dan bersaing dengan produk lain di halaman pencarian.

5. Memperkuat Posisi Produk yang Sudah Laris

Produk yang sudah laris, banyak terjual dan punya banyak ulasan biasanya akan nongkrong di halaman pencarian saat pengunjung mencari produk. Namun bukan berarti produk tersebut harus berhenti diiklankan.

Berpikirlah sebaliknya, barang yang sudah banyak terjual dan punya banyak ulasan sebaiknya tetap diiklankan. Karena calon pembeli akan makin yakin untuk membeli produk tersebut.

Gimana, sudah siap beriklan?

Tinggalkan Balasan