6 Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense (Blog)

6 cara meningkatkan pendapatan google adsense (blog)

Halo sobatku sekalian. Google AdSense adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet. Tidak heran di masa pandemi ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan mendaftar Google AdSense. Bagi yang sudah punya akun AdSense, mungkin masih penasaran bagaimana cara meningkatkan pendapatan Google AdSense.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara untuk meningkatkan pendapatan Google AdSense. Khususnya AdSense blog / web. Maklum karena baru AdSense blog yang saya tahu, belum pernah mencoba AdSense YouTube.

Baca juga : 5 Penyebab Pendapatan AdSense Turun

1. Tingkatkan Jumlah Visitor

Meningkatkan jumlah pengunjung / visitor adalah cara paling efektif untuk meningkatkan pendapatan AdSense. Pernah saya hanya mendapat sekitar 5 ribu rupiah per hari dari AdSense karena visitor masih sedikit. Seiring berjalan waktu, visitor bertambah, penghasilan AdSense naik berkali lipat.

Cara meningkatkan jumlah visitor ini menjadi bahasan yang berbeda. Umumnya harus mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), supaya blog bisa nongkrong di halaman pertama mesin pencari dan mendatangkan visitor.

Beberapa cara mendatangkan visitor :

  1. Optimalkan SEO
  2. Promosikan blog ke sosial media
  3. Iklankan artikel blog di Facebook, Google Ads dll
  4. Buat judul yang menarik
  5. Guest Post di blog lain
  6. Bagikan link blog di biografi sosial media atau media lain

Dan masih banyak cara lain untuk mendatangkan visitor ke blog. Selalu ingat rumus sederhana ini : semakin banyak visitor = semakin banyak pendapatan AdSense.

2. Perbanyak Konten Berkualitas

Konten berkualitas ada kaitannya dengan SEO. Salah satu cara bersaing di halaman pertama Google adalah membuat konten yang berkualitas dan memenuhi kriteria SEO.

Kriteria konten berkualitas itu bisa berbeda-beda. Menurut saya, konten berkualitas adalah konten yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung, atau yang bisa memberi pengunjung pengetahuan baru.

Panduan SEO WordPress dengan plugin Rank Math
Contoh panduan penulisan dalam plugin Rank Math di WordPress

Salah satu cara menulis konten berkualitas adalah menggunakan plugin SEO. Untuk pengguna WordPress, sudah banyak plugin SEO yang akan memandu untuk menulis konten yang bagus. Salah satu yang saya gunakan adalah Rank Math. Ketika sedang menulis post, di bagian kanan dashboard akan muncul skor SEO tulisan saya berdasarkan kriteria Rank Math.

Jika masih bingung cara menggunakan plugin, coba baca-baca terlebih dahulu, melihat tutorial, sambil mencoba tentunya.

3. Pilih Tema yang Tepat

Tema blog ini punya peran signifikan menurut saya. Jangan pilih tema yang aneh-aneh untuk blog. Berikan pengunjung pengalaman terbaik saat mereka mengakses blog sobat.

Pernah suatu ketika saya mendapati sebuah blog yang bertengger di halaman pertama Google, setelah saya buka blognya tidak karuan templatenya, loadingnya cukup lama. Buru-buru saya tutup dan beralih mencari info ke blog lain.

Hal ini menunjukkan : tema yang biasa saja, atau bahkan didesain seadanya tetap bisa masuk halaman pertama di mesin pencari. Namun apa gunanya jika user experiencenya jelek dan membuat pengunjung lari ke blog lain? So, pilihlah tema yang ringan, nyaman dibaca pengunjung dan tidak berat jika dimuati iklan. Supaya pengunjung betah berlama-lama di blog sobat.

Beberapa tema ringan yang tersedia untuk platform WordPress :

  • GeneratePress
  • Astra
  • OceanWP
  • Neve

4. Perbaiki Tata Letak Iklan

Sudah pasang iklan tapi kliknya kok sedikit? Ya mungkin saja karena peletakan iklan yang kurang tepat.

Posisi mana yang terbaik untuk menaruh iklan, supaya penghasilan meningkat pesat? Jawabnya tergantung pengunjung blog kebanyakan mengakses lewat apa. Kalau hampir 100% mengakses dari hape ya cukup buat unit iklan yang biasa dipasang di tampilan hape.

Kalau mau lebih greget lagi bisa buat unit iklan untuk tampilan web dan hape sekaligus. Unit iklan web hanya muncul saat pengunjung mengakses dari komputer / laptop. Unit iklan hape hanya muncul saat pengunjung mengakses dari hape atau perangkat mobile lain. Cara mengaturnya bisa dengan plugin Ad Inserter.

Peletakan iklan AdSense di blog
Contoh berbagai kombinasi peletakan unit iklan di blog

Tata letak iklan yang bagus akan memastikan iklan tampil di blog dan punya kemungkinan mendapat klik. Bayangkan kalau hanya menaruh iklan di bawah posting, akan sedikit pengunjung yang melihatnya apalagi melakukan klik.

Dengan menaruh iklan di beberapa tempat, akan lebih banyak yang melihat dan jumlah klik bisa meningkat. Dengan catatan : jangan sampai seluruh halaman blog dipenuhi iklan.

Perlu diketahui juga, tata letak iklan yang optimal akan berbeda-beda tiap blog. Tergantung tema dan jenis konten yang dibuat. Untuk artikel yang pendek-pendek bisa jadi sedikit iklan akan lebih bagus. Untuk artikel yang panjang, bisa memuat lebih banyak iklan. Saran saya jangan malas untuk mencoba melakukan riset kombinasi tata letak mana yang lebih oke.

5. Sortir Kategori Iklan yang Muncul

Saya termasuk orang yang punya prinsip : iklan sebisa mungkin punya relevansi dengan tulisan di blog dan karakter audiens. Kategori iklan yang melenceng jauh dari blog atau kebiasaan di masyarakat akan saya sortir dari blog.

Baca juga : Cara Memblokir Kategori Iklan AdSense

Manfaat mersortir iklan : iklan yang tayang di blog akan lebih relevan dengan tulisan yang muncul. Selain itu, sobat juga bisa memblokir iklan-iklan tidak berkualitas atau kurang diminati pengunjung blog sobat.

6. Rajin Menulis – Jangan Malas

Yang namanya blogger jangan malas untuk menulis. Ide bisa dicari setiap saat asalkan mau berusaha. Jangan malas membaca web lain, buku-buku dan sumber pengetahuan lain. Semakin sedikit membaca akan semakin sulit menulis. Semakin banyak membaca akan semakin mudah menuangkan ide dalam tulisan.

Nyawa sebuah blog ada di tulisannya. Kalau malas menulis blog akan sulit berkembang dan bisa saja blog dianggap tidak aktif oleh pembaca setia ataupun mesin pencari. Dampaknya visitor berkurang dan pendapatan AdSense juga ikut berkurang.

Satu hal yang pasti, jangan sekali-sekali melakukan copy paste. Saya pernah mengalami konten diambil blog lain dan rasanya sangat menjengkelkan. Ayo para blogger kita buat konten yang original hasil karya kita sendiri.

Ingat, semakin banyak menulis semakin besar pula peluang artikel “nyangkut” di halaman pertama mesin pencari. Kalau sudah bisa page one akan ada banyak visitor yang datang.

Kesimpulan

Cara di atas disarikan dari pengalaman yang pernah saya coba. Cara yang saya gunakan belum tentu berhasil di blog sobat, atau sebaliknya malah bisa menghasilkan lebih banyak!

Ada baiknya untuk bereksperimen sendiri, untuk tahu kombinasi cara mana yang paling tepat di blog sobat. Selamat mencoba ya..

Tinggalkan Balasan