7 Kelebihan All In One PC

Bentuk komputer sudah banyak berubah, dari dulu yang sebesar kamar di rumah, kini sudah menjadi lebih kecil. Ada yang berbentuk dekstop PC dengan ukuran sedang maupun laptop yang ukurannya lebih kecil.

Salah satu bentuk komputer yang cukup populer saat ini adalah All In One PC atau yang sering disebut AIO PC atau komputer meja. Jenis komputer ini mulai banyak saya temui di kampus, sekolah maupun perkantoran. AIO PC ini cukup populer dan banyak digunakan.

Pengertian All In One PC

Sebenarnya tidak ada definisi resmi mengenai pengertian All In One PC. Menurut saya, AIO PC adalah komputer yang bentuknya paling mendekati dekstop PC namun hadir dalam bentuk lebih ringkas, dengan spesifikasi yang biasanya mirip seperti spesifikasi laptop.

Lihat saja kebanyakan spesifikasi All In One PC konfigurasinya tidak jauh beda dengan spesifikasi laptop. Terlebih biasanya opsi upgrade pada All In One PC terbatas seperti laptop, berbeda dengan dekstop PC yang komponennya relatif lebih mudah diganti. Ingat, ini hanya secara umum ya karena ada juga AIO PC yang bisa digunakan untuk kegiatan berat seperti gaming dan desain grafis.

Meski begitu, tetap saja ada alasan untuk memilih All In One PC dibanding dekstop PC. Karena ada banyak kelebihan All In One PC yang mungkin dibutuhkan untuk penggunaan pribadi maupun instansi seperti sekolah maupun perkantoran.

Baca juga : Cara Menghilangkan Semut Dari Laptop

Kelebihan All In One PC

Di rumah, saya tidak menggunakan All In One PC. Namun pengalaman menggunakan All In One PC sudah cukup lama karena di sekolah dan di kampus menggunakannya untuk fasilitas komputer di perpustakaan maupun di ruang baca.

Setidaknya inilah kelebihan All In One PC menurut saya :

Tampilan Modern

Tampilan AIO PC relatif lebih modern look dibanding dekstop PC. Cocok digunakan untuk ruangan-ruangan yang simpel dan minimalis. Berbagai merek laptop biasanya juga memproduksi AIO PC contohnya seperti Acer, Asus, Lenovo, HP, dan lain-lain.

Tidak Memakan Banyak Ruang

All In One PC memang didesain ringkas dan bisa ditempatkan di berbagai ruangan, bahkan bisa ditempel di tembok. Sesuai untuk ruangan yang minimalis maupun di ruangan dengan ukuran terbatas. Karena tidak perlu menyiapkan ruang untuk kotak CPU karena motherboardnya sudah menyatu di balik layar.

Lebih Hemat Daya Dibanding Dekstop PC

Konsumsi daya All In One PC memang bisa lebih hemat. Prosesor dan motherboard yang digunakan biasanya bertipe low power seperti yang ada di kebanyakan laptop. Dampaknya penggunaan daya listrik lebih hemat. Bisa mengurangi tagihan listrik bulanan sobat dibanding menggunakan dekstop PC.

Tidak Banyak Kabel Bersliweran

All in One PC
Ilustrasi All In One PC

Dengan All In One PC sobat tidak perlu khawatir banyak kabel berseliweran atau berantakan di meja. Karena hanya ada kabel daya untuk disambungkan ke stop kontak. Berbeda dengan Desktop PC biasa yang perlu banyak kabel seperti kabel monitor, kabel CPU, dan sebagainya.

Sudah Dilengkapi Web Camera

Jika sobat membeli Desktop PC biasa / PC rakitan biasanya belum dilengkapi dengan web camera bawaan. Perlu beli sendiri secara terpisah. Kabar baiknya, kebanyakan All In One PC sudah dilengkapi dengan web camera bawaan. Tidak perlu beli secara terpisah.

Cocok Digunakan Bersama

All In One PC sangat cocok ditaruh di ruang keluarga atau pun ruang bersama. Bisa juga digunakan sebagai komputer di tempat-tempat umum seperti perpustakaan, sekolah, restoran, ataupun untuk menampilkan antrean dan sebagainya.

Mudah Mengawasi Anak

Jika para orang tua ingin mengajari anak menggunakan komputer, all in one PC bisa jadi pilihan. Karena boleh jadi anak-anak belum terbiasa menggunakan laptop dan sebagainya. Dengan menaruhnya di ruang keluarga, anak-anak bisa lebih mudah dipantau aktivitasnya dalam menggunakan komputer.

Baca juga : Unboxing ZenBook UM431DA Ryzen 5 Indonesia

Harga All In One PC

Range harga All In One PC tentunya sangat bervariasi tergantung merk dan juga spesifikasi yang sobat cari.

Per bulan Juni 2020 saat artikel ini ditulis, dengan budget di bawah 5 jutaan sobat sudah bisa mendapatkannya, contohnya adalah ASUS V222GAK-WA141T dengan harga 4,899 juta rupiah, Lenovo IdeaCentre AIO 310 dengan harga 4,649 juta rupiah, dan masih banyak lagi merk lainnya.

Selebihnya banyak AIO PC yang punya banderol di atas 5 juta bahkan di atas 10 juta, itu semua tergantung kepada merk, spesifikasi dan juga build quality nya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat.

Kesimpulan

Sobat yang ingin komputer untuk kantor ataupun urusan pekerjaan, namun tidak akan di bawa kemana-mana, All In One PC layak untuk dipertimbangkan. Selain itu sobat akan mendapat kelebihan utama yaitu konsumsi daya listrik yang lebih hemat dan juga ukuran yang tidak memakan tempat.

Tinggalkan Balasan