7 Kelebihan TikTok Yang Membuatnya Makin Populer

Kelebihan TikTok
Logo TikTok

Ada banyak hal yang menemani orang-orang selama berkegiatan di rumah. Seperti streaming film, mencoba resep-resep baru, bersih-bersih rumah, mengakses sosial media, dan tak lupa satu sosmed yang sedang populer : TikTok!

TikTok merupakan sosial media sharing yang berbasis short-form video (video-video pendek). Aplikasi ini sudah tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Sesuai informasi yang tertera di websitenya, misi TikTok adalah menginspirasi supaya orang-orang kreatif dan juga membawa kebahagiaan kepada orang-orang.

Pada awalnya TikTok dimulai dari Tiongkok dan dipasarkan di sana dengan nama Douyin dan dimiliki oleh tech giant yang bernama Bytedance.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Play Store ini sudah memiliki belasan juta pengguna di Indonesia. Apa rahasia yang membuat TikTok begitu populer, cepat mendapat pengguna baru dan bisa bersaing dengan sosial media lainnya? Cari tahu jawabannya di artikel ini :

1. Fitur For Your Page (FYP)

TikTok FYP
TikTok For Your Page (FYP)

Setelah pertama kali menginstall aplikasi TikTok, tampilan pertama yang disajikan adalah FYP, yang akan menampilkan berbagai video sesuai minat pengguna. FYP ini berisi rekomendasi video yang dipilih oleh algoritma TikTok.

Aplikasi TikTok memiliki dua menu beranda. Pertama, untuk akun-akun yang diikuti, kedua untuk video yang berasal dari seluruh pengguna. Yang kedua inilah yang disebut For Your Page atau FYP begitu para pengguna TikTok menyebutnya. Banyak pengguna yang ingin videonya masuk FYP supaya akunnya lebih mudah dikenali banyak orang.

Di FYP, algoritma TikTok akan menampilkan video yang kira-kira disukai penggunanya. Banyak video keren yang muncul di beranda pengguna tanpa perlu mengikuti banyak akun. Itu lebih terasa natural dan menyenangkan karena pengguna disuguhi hal-hal baru setiap membuka TikTok.

Baca Juga : Apakah 128 GB Cukup Untuk Sebuah MacBook?

2. Banyak Challenge Baru Untuk Diikuti

Di TikTok ada banyak challenge atau tantangan yang bisa diikuti. Umumnya challenge itu berupa tarian, melakukan sebuah hal yang sedang viral yang biasanya dikenal sebagai banger video / banger TikTok. Membuat video dengan challenge yang sedang viral bisa saja membuat video akan masuk FYP. Contoh challenge tarian dan musik yang pernah populer di TikTok :

  • Chinese New Year – SALES
  • Say So – Doja Cat
  • Yummy Challenge
  • Emoji Hand Challenge
  • Zoom Face Bagaikan Langit
  • Tari Ubur-ubur

Saya mengakui menghabiskan waktu di TikTok itu cukup menyenangkan. Mirip seperti pengalaman menonton YouTube yang menyajikan banyak konten kreatif. Di TikTok juga banyak video-video bagus dan lucu oleh para kreator dengan durasi yang lebih pendek. Sejauh ini iklan di dalam aplikasi juga belum banyak. Tidak ada jeda iklan saat menonton sebuah konten video.

3. Membuat Video Dengan Mudah

Anda bisa membuat video TikTok dengan durasi maksimal 60 detik. Cukup ambil ponsel, pilih musik lalu merekam dengan filter yang kalian suka. Pembuatan video di TikTok sangat mudah. Kalaupun bingung mau membuat video apa di TikTok cukup ikuti saja challenge yang sedang viral. Meski begitu ada juga kreator yang sengaja untuk mengedit video secara lebih profesional di laptop.

Semakin kreatif video akan bisa mengundang orang-orang untuk menyukai video Anda. Jika bisa masuk FYP akan banyak orang yang menonton video Anda dan melirik akun Anda untuk diikuti.

4. Banyak Efek dan Filter Menarik

Musik dan efek tiktok
Kiri : Kumpulan musik di. Kanan : Kumpulan filter video

Banyak efek dan filter yang sudah tersedia dalam aplikasi TikTok. Seperti filter disko, zoom face, Makin memudahkan pengguna untuk berkreasi dalam membuat video. Ingat ya, untuk bisa membuat video pengguna harus menginstall aplikasi Tiktok, bukan TikTok lite.

5. Musik Tersedia Dalam Aplikasi

Dalam aplikasi TikTok sudah disediakan beragam musik yang bisa digunakan para penggunanya. Ada banyak pilihan sesuai dengan kategori seperti dangdut, remix, dance, dan juga yang sedang viral. Jika pengguna menemukan video dengan musik bagus, ia bisa menggunakan musik tersebut secara langsung. Ya semacam membuat cover video seperti itu.

Baca juga : Cara Membeli Dan Menggunakan Alarm Selebriti Samsung

6. Bisa Menyimpan Video Langsung Dari Aplikasi

Perhatikan sekarang, banyak konten-konten yang berasal dari TikTok dipos ulang (repost) ke sosial-media lain seperti Instagram, LINE, dan YouTube. Bahkan dijadikan acara-acara di televisi.

Video dari TikTok memang bisa diunduh secara langsung. Caranya cukup tekan agak lama pada video yang sedang tampil, akan muncul opsi simpan video. Setelah diklik video akan tersimpan di ponsel Anda.

Bagusnya, aplikasi TikTok sudah memberi watermark nama pengguna dan user ID pembuat video di pojok kiri dan pojok kanan bawah. Supaya kreator video TikTok bisa dikenali. Sayangnya banyak tukang repost yang mengambil video dari TikTok dan memotong tampilan video supaya watermarknya tidak terlihat.

7. Blue Ocean Bagi Para Influencer

Ketika membuka TikTok, saya sudah melihat mulai banyak influencer Instagram yang juga membuat akun di TikTok. Ada peluang besar untuk menggaet banyak pengikut di TikTok dan menghasilkan keuntungan dari hal itu. Mengingat persaingan yang masih belum terlalu ketat, ibarat blue ocean yang belum menjadi red ocean.

Menurut saya, selama orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah TikTok bisa menambah jumlah pengguna barunya dengan cepat. Tantangannya supaya pengguna baru itu tetap menjadi active user setelah aktivitas normal kembali.

Tinggalkan komentar