7 Tips Membuat Hape Lama Tampil Baru Lagi

hape lama tampil baru

Hampir setiap bulan ada rilis hape baru dari berbagai pabrikan. 10an tahun lalu hanya beberapa merk yang bermain di kategori ini. Sekarang peta persaingan sudah banyak berubah, makin banyak merk hape yang berjualan di Indonesia.

Banyaknya merk hape itu punya dampak bagus bagi konsumen : membuat persaingan antar merk semakin kompetitif. Sehingga konsumen akan dapat hape dengan fitur dan teknologi yang makin lengkap.

Di sisi lain itu membuat pabrikan meluncurkan hape baru dalam jangka waktu yang berdekatan. Akibatnya harga jual seri sebelumnya cepat turun dan konsumen cepat merasa bosan karena hape yang baru dibeli beberapa bulan lalu sudah jadi hape jadul setelah muncul versi barunya.

Baca juga : 5 Alasan iPhone 11 Banyak Dicari Konsumen

Membuat Hape Lama Tampil Baru Lagi

Buat kamu yang sudah merasa bosan dengan hape lamamu, ingin tampil dengan gaya baru, tapi tidak mau menjual hape lamamu ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Tips ini bisa digunakan untuk membuat hape lamamu terasa “baru” kembali. Langsung saja kita simak :

1. Bersihkan Body dan Port Hape

Bersihkan hape dengan kain lembut supaya permukaan dan rangkanya bersih kembali. Port hape juga perlu dibersihkan untuk menghilangkan debu. Caranya bisa dengan memberi tekanan angin atau menggunangan port cleaning tool yang banyak dijual di marketplace.

2. Ganti Tempered Glass

Kebanyakan orang Indonesia langsung memasang tempered glass setelah membeli hape baru. Seiring waktu, kualitas tempered glassnya menurun : retak dan tidak licin lagi.

Coba ganti tempered glass yang baru supaya hape tampil baru kembali. Pilih tempered glass yang dilapisi oleophobic coating supaya licin dan tidak seret saat digunakan.

3. Ganti Case

Ganti case lama ke case yang baru, tampilan hape akan lebih kekinian seperti hape baru. Selain case, kamu juga bisa menggunakan stiker full body yang sudah banyak dijual di pasaran.

4. Update ke Firmware Terbaru

Selesai memperbaiki tampilan luar, saatnya merombak bagian dalam hape. Pastikan update firmware hape kamu ke versi terbaru ya.

Keuntungan menggunakan firmware terbaru : dapat fitur yang lebih lengkap, update sistem keamanan dan sebagainya.

5. Ganti Tema

Ganti tema, launcher, atau wallpaper yang bisa memberi suasana berbeda di hape. Salah satu aplikasi pilihan saya untuk ganti wallpaper adalah Backdrops Wallpaper.

6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Hape baru itu kencang dan tidak lemot. Coba uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk mendapat banyak penyimpanan kosong. Hape yang kepenuhan aplikasi biasanya akan lebih lemot saat digunakan.

7. Lakukan Factory Reset

Kalau sudah terlalu banyak aplikasi yang diinstall dan file yang berantakan. Tidak ada salahnya untuk melakukan factory reset atau reset data pabrik.

Sebelum factory reset pastikan file-file penting sudah dicadangkan ke komputer ataupun drive.

Baca juga : Daftar Hape Harga 1 Jutaan Untuk Sekolah Online 2020

***

Itulah cara supaya hape lamamu bisa tampil baru lagi. Bisa diterapkan sambil nabung untuk beli yang baru hehe. Coba share apa hape impianmu di kolom komentar..

Tinggalkan Balasan