Agar Hape Tetap Dingin Saat Bermain Game

Sering kali hape menjadi panas saat digunakan bermain game. Hal ini bisa saja mengganggu karena tangan ikut merasakan panas dan performa hape bisa saja menurun.

Kalau suhunya sudah terlalu panas, hape juga bisa mati mendadak dan sulit dihidupkan. Tentu para gamer tidak ingin hal ini terjadi. Bagaimana caranya agar hape tetap dingin saat bermain game?

Penyebab Hape Cepat Panas Saat Bermain Game

Penting untuk mengetahui apakah panas yang ditimbulkan masih dalam batas normal atau sudah terlalu panas. Supaya performa hape tetap terjaga dan juga nyaman ketika dipegang tangan.

Suhu Hape Lebih Panas Saat Bermain Game Adalah Kondisi Yang Normal

Mengenai panas yang timbul saat bermain game, hal ini bisa dibilang wajar. Karena GPU dan CPU hape dibebani kerja yang lebih banyak. Panas pun timbul atas beban kerja tersebut.

Contoh pengecekan suhu hape Android di aplikasi CPU-Z

Untuk mengukur panas ini bisa dicek melalui aplikasi seperti Battery Information, CPU-Z, dan lain-lain. Bisa juga dengan menggunakan thermal gun / thermal camera. Cara yang lebih sederhana yaitu rasakan saja di permukaan tangan, kalau sudah terlalu panas dan tidak nyaman artinya kamu harus berhenti sejenak.

Beberapa Penyebab Panas Berlebih Pada Hape

Ada beberapa penyebab munculnya panas berlebih pada saat bermain game di hape :

  1. Bermain di ruangan yang panas / di bawah sinar matahari
  2. Hape digunakan terlalu lama
  3. Kondisi baterai sudah tidak prima
  4. Bermain sambil charging
  5. Masih ada aplikasi lain yang berlajan di background
  6. Ada malware di dalam hape
  7. dan lain-lain

Baca juga : 3 Penyebab Suara Berisik Pada Laptop

Agar Hape Tetap Dingin Saat Bermain Game

Lalu bagaimana caranya agar hape bisa “tetap dingin” saat bermain game? Dingin di sini maksudnya adalah suhu yang masih dalam batas wajar. Tidak terlalu panas sehingga membuat tangan ikut merasa tidak nyaman karena panas.

Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan :

Bermain Di Ruangan Yang Sejuk

Bermainlah di ruangan yang sejuk, ada aliran udaranya. Bermain di ruangan yang ber AC bisa membuat suhu hape lebih terjaga. Jangan mainkan hape di ruangan yang pengap toh kamu juga tidak akan merasa betah.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Bagi yang sering nongkrong di luar, kadang kala hape mendapat sinar matahari yang lebih banyak, sehingga memacu auto brightness untuk mencerahkan layar hape. Ini bisa menimbulkan panas berlebih karena hape terkena sinar matahari langsung dan layarnya menaikkan tingkat kecerahan.

Lepas Case Hape

Case hape tertentu bisa menyebabkan panas berlebih saat bermain game. Sebaiknya lepas dahulu case hape sebelum bermain game. Tetap berhati-hati ya, jangan sampai hapenya jatuh tanpa case, hehe.

Jangan Bermain Sambil Charging

Yup! Jangan bermain game sambil charging. Hanya di charge saja hape sudah akan naik suhunya apalagi sambil dipakai bermain game.

Scan Malware

Malware di hape bisa menyebabkan hape cepat panas. Karena malware akan berjalan di latar belakang dan juga menghabiskan daya baterai. Coba install aplikasi antivirus dan cari tahu apakah hape kamu terkena malware atau tidak.

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, apalagi dengan RAM yang minim akan sangat membebani hapemu. Sebelum main game coba tutup dulu aplikasi yang tidak digunakan.

Cek Kondisi Baterai, Kabel, dan Adaptornya

Coba cek, apakah hape kamu sudah lama digunakan? Apakah kabel dan adaptornya mengikuti standar pabrik? Hape yang sudah lama digunakan performa baterainya akan turun.

Untuk menjaga kualitas baterai pastikan kabel dan adaptor charger yang digunakan sesuai dengan standar pabrik. Terutama perhatikan berapa arus (ampere) dan voltasenya (volt).

Beri Jeda Saat Bermain Game

Saat hape sudah terasa panas, selesaikan permainan lalu istirahatkan hape sejenak. Supaya suhunya bisa dingin kembali. Kalau suhu hape terlalu panas kinerjanya juga tidak akan maksimal.

Baca juga : Nostalgia Dengan Ponsel Sony Ericsson

Kesimpulan

Cara-cara di atas adalah hal yang bisa dicoba supaya hape tetap nyaman saat bermain game.

Memang, untuk keperluan gaming yang intens atau serius disarankan memilih hape yang punya spesifikasi mencukupi untuk memainkan gamenya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan