Apakah 32 GB Cukup Untuk Sebuah iPad?

iPad base model dihadirkan oleh Apple dengan banderol harga paling murah dibanding varian lain. Di indonesia, iPad gen 7 versi 32GB wifi only dibanderol dengan harga 5.999 juta rupiah, menjadi iPad bergaransi resmi paling murah.

Menengok kapasitas penyimpanannya yang hanya “32 GB”, apakah cukup untuk sebuah iPad?

Mari kita cari tahu bersama-sama..

Disclaimer : artikel ini tidak disponsori oleh brand maupun toko tertentu

iPad Generasi 7 32GB
iPad Generasi 7

Tidak Semua Storage Bisa Anda Gunakan

Dari total penyimpanan 32 GB, tidak semua bisa dimanfaatkan oleh user. Sudah ada sekitar beberapa gigabyte yang digunakan oleh Apple untuk menjalankan OS. Menyisakan sekitar dua puluhan GB penyimpanan tersisa untuk pengguna.

Sisa storage itu bisa digunakan untuk menyimpan foto, video, aplikasi, games, dan file-file lain. Device Apple sudah terkoneksi dengan iCloud dan ada opsi untuk menyimpan foto dan video secara online, kemudian baru akan didownload ketika Anda ingin melihatnya.

Mengetahui Kebutuhan Penyimpanan Anda

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Device iPad bisa digunakan untuk banyak kegiatan mulai dari kebutuhan hiburan hingga kerja yang cukup profesional. Seperti controller drone misalnya, beberapa drone hanya mensupport iPad sebagai monitor mereka.

Cara termudah untuk mengetahui kebutuhan Anda adalah melihat device yang sedang Anda gunakan. Coba tengok tablet maupun smartphone yang Anda punya. Kalau sudah menghabiskan lebih dari 32 GB storage kemungkinan besar Anda tidak akan cocok untuk menggunakan 32 GB iPad (dengan asumsi pola penggunaannya sama).

Tidak Tersedia Slot Memory Card

Mengapa penting memikirkan varian storage mana yang harus dipilih? Sebab Apple tidak menyediakan tambahan slot memory card untuk menambah storage. Sehingga Anda tidak bisa menambah storage jika pada penggunaan Anda merasa storage di iPad.

Meski sudah dibekali dengan iCloud dan bisa menginstall aplikasi untuk kepentingan cloud, rasanya akan berbeda dibandingkan menggunakan memory card.

Cocok Untuk Siapa?

Lalu untuk siapa iPad 32 GB. Menurut saya sudah cocok untuk kebanyakan orang. Toh dulu iPad pernah hadir dengan storage yang lebih kecil yaitu 16 GB. Storage sebesar 32 GB sudah cukup untuk menginstall aplikasi dan beberapa games. Asal Anda bukan hardcore gamer maupun orang yang suka menyimpan film di dalam iPad maka storage 32 GB menurut saya sudah cukup.

Jika Anda menginginkan rasa nyaman yang lebih dan berencana menggunakan iPad untuk jangka waktu yang lebih lama, saya sarankan ambil varian 128 GB. Storage sebesar itu bisa digunakan untuk menyimpan banyak file, menginstall banyak aplikasi maupun game.

Kesimpulan

Kembali lagi ke poin awal. Bukan tanpa alasan Apple meluncurkan iPad Gen 7 dengan storage 32 GB. Selain supaya harga rilisnya bisa lebih murah, kebanyakan orang akan merasa “cukup” dengan storage 32 GB. Di Indonesia, banderol harga storage 32 GB dan 128 GB pada iPad Gen 7 Wifi Only pun bisa dibilang cukup jauh yakni 5.999 juta rupiah dan 9.499 juta rupiah. Selisih harga yang bisa Anda alokasikan untuk hal lain, membeli Apple Pencil, Smart Keyboard maupun berlangganan streaming film online.

Tinggalkan komentar