Apakah Bisa Membuat Akun Gojek Dengan Nomor Yang Sama?

Akun gojek nomor sama

Selain pertanyaan mengenai cara menghapus akun gojek, banyak orang bertanya apakah bisa membuat akun gojek dengan nomor yang sama?

Akan saya jelaskan satu persatu. Seperti diketahui layanan ojek online seperti Gojek kini sudah berkembang menjadi Super App. Satu aplikasi yang memiliki banyak layanan. Penggunanya juga sudah mencapai puluhan juta orang di Indonesia.

Tak jarang pengguna butuh membuat beberapa akun untuk keperluan sehari-hari. Misalnya membuat akun Gojek untuk anak sekolah ataupun kerabat.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Gojek Dengan Mudah

Satu Nomor Tidak Bisa Digunakan Untuk Beberapa Akun

Perlu diketahui, demi alasan keamanan pihak Gojek tidak mengizinkan pengguna untuk mendaftarkan satu nomor yang sama untuk membuat beberapa akun. Mengapa demikian?

Hal ini berkaitan dengan alasan keamanan. Zaman sekarang para kriminal juga mulai pintar bahkan berusaha mencari celah di dalam aplikasi. Mereka bisa saja meretas data pengguna untuk bisa memanfaatkannya.

Demi alasan keamanan itu pihak Gojek tidak mengizinkan satu nomor untuk membuat beberapa akun. Karena untuk pengamanan akun biasanya Gojek akan mengirimkan sebuah kode OTP pada nomor yang terdaftar. Apa itu kode OTP?

Kaitan Nomor Telepon Dengan Kode OTP

Kode OTP adalah singkatan dari One Time Password. Yaitu kode yang dikirimkan ke nomor telepon sobat saat melakukan login akun maupun melakukan aktivitas lain di dalam akun.

Dengan kode ini hanya pemilik nomorlah yang bisa menerima dan memasukkan kode OTP untuk login. Sehingga akun bisa lebih aman jika ada kode OTP.

Hal ini juga berkaitan dengan peraturan terbaru Gojek yang dirilis tahun 2019 lalu bahwa satu akun hanya bisa login atau masuk pada satu device / perangkat saja.

Sebelum aturan ini berlaku, pengguna masih bisa login dengan satu akun Gojek ke banyak device namun sekarang sudah tidak bisa. Info selengkapnya bisa sobat simak di keterangan dari Gojek Indonesia.

Baca juga : Cara Merekam Video Google Meet

Jangan Berikan Kode OTP Ke Orang Lain

Kode OTP itu digunakan untuk keamanan akun. Jadi wajar satu akun hanya bisa tertaut dengan satu nomor saja. Berikut ini contoh SMS yang berisikan kode OTP dari Gojek. Kode ini saya dapat ketika ingin login setelah menginstall aplikasi Gojek.

Pengertian kode OTP Gojek
Contoh SMS kode OTP yang dikirim GOJEK

Jangan memberikan kode OTP ke siapa pun! Jangan sekali-kali memberikan kode OTP ke orang asing, termasuk pihak Gojek sekalipun, misalnya ada yang meminta kode OTP melalui telepon maupun lainnya. Karena itu sangat mungkin merupakan langkah untuk meretas akun sobat.

Karena jika penipu sudah memiliki kode OTP sobat, mereka bisa login ke akun dan memanfaatkan akun sobat. Akan sangat bahaya jika digunakan untuk melakukan order fiktif maupun menguras saldo Gopay di dalam akun sobat.

Baca juga : Cara Copy Gambar Dan Foto Ke Instastory

Solusi Jika Ingin Membuat Akun Baru

Cara membuat akun baru Gojek
Cara membuat akun baru Gojek

Jika sobat tetap memaksa membuat akun baru dengan nomor yang sama hasilnya tidak akan bisa dan sobat akan diarahkan kepada akun dengan nomor yang terdaftar tersebut. Jadi sebaiknya jika ingin membuat akun baru juga memerlukan nomor ponsel yang berbeda.

Misalnya sobat ingin membuatkan akun Gojek untuk anak maupun anggota keluarga. Buatlah dengan email dan nomor ponsel yang berbeda. Pastikan email dan nomor ponselnya masih aktif supaya bisa menerima email pemberitahuan jika lupa password dan menerima kode OTP melalui nomor telepon.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan semoga sobat bisa mengambil manfaat dari artikel ini. Selalu jaga akun sobat supaya tetap aman.

Tag

Tinggalkan komentar