Cek Yuk, Apakah Kamu Perlu Beli Hape Flagship?

Apakah Kamu Perlu Beli Hape Flagship

Industri smartphone berkembang pesat, persaingannya semakin ketat. Sudah banyak brand yang berkecimpung di sini, dengan jagoan mereka masing-masing. Seri terbaik yang mereka keluarkan setiap tahun disebut hape flagship. Lalu, perlukah kamu membeli sebuah hape flagship?

Pengertian Hape Flagship

Flagship bisa diartikan kapal dengan bendera tertentu yang menjadi pemimpin sebuah rombongan atau pasukan, yang terbesar, tercepat, persenjataan lengkap. Dalam konteks pasar smartphone / hape, flagship berarti produk terbaik yang bisa ditawarkan oleh sebuah brand.

Dahulu flagship hanya bisa dijumpai dengan harga mahal. Namun sekarang definisi itu sudah tidak relevan. Hape flagship belum tentu selalu punya harga paling mahal di pasaran. Namun biasanya menjadi yang paling mahal di satu brand yang sama.

Flagship dari Apple dan Samsung biasa dijumpai dengan harga di atas 10 juta, namun kita bisa temui flagship dari Xiaomi dengan harga di bawah 10 juta.

Lalu apa yang jadi patokan hape flagship?

Jika bukan harga, apa patokannya? Simpel, yaitu prosesor yang digunakan. Hape flagship menggunakan prosesor terbaik yang ada di sebuah tahun. Misalnya tahun 2020 lalu ada Snapdragon 865 series dari Qualcomm, dan Exynos 990 dari Samsung. Itu prosesor terbaik yang beredar di pasaran untuk tahun 2020.

Kemudian di tahun 2021 ada Snapdragon 888 series dari Qualcomm, dan Exynos 2100 dari Samsung. Keduanya sudah mendukung konektivitas 5G.

Prosesor terbaik hanya digunakan oleh hape flagship. Seri entry level dan midrange di bawahnya biasanya menggunakan prosesor yang kelasnya berada di bawahnya.

Selain itu, flagship juga dilengkapi dengan teknologi-teknologi yang terbaik seperti seri RAM terbaru (LPDDR5) atau storage paling kencang (UFS 3.x), sensor kamera terbaik, dan layar yang lebih terang (nits tinggi).

Kelebihan Hape Flagship

Ingat flagship adalah hape terbaik yang bisa ditawarkan sebuah brand. Hape flagship dengan prosesor paling kencang akan bisa menghandle banyak hal. Seperti :

  • Proses data yang lebih cepat
  • Performa terbaik
  • Image prosessing yang optimal

Selain itu flagship biasanya juga menjadi fashion statement bagi penggunanya, karena desain flagship biasanya akan menjadi tren bagi seri di bawahnya. “Ini lho, saya sudah pakai hape flagship” hehehe. No problem. Tujuan orang beli hape kan memang beda-beda.

Dengan segala kelebihannya, maka pantaslah sebuah hape dikatakan flagship.

Perlukah Membeli Sebuah Hape Flagship?

Membeli atau tidak itu menyesuaikan kebutuhan saja. Apalagi di era pandemi seperti ini perlu lebih bijak mengeluarkan uang.

Maka hal ini yang harus kamu pertimbangkan :

1. Kebutuhan

Apakah kamu termasuk heavy user atau seorang gamer tulen? Apakah kamu perlu hasil kamera terbaik? Apakah kamu sering mengedit konten di hape? Apakah kamu ingin hape yang paling mewah? Apakah kamu belum pernah menggunakan hape flagship? Jika iya, tidak ada salahnya membeli flagship.

Namun jika hanya untuk kebutuhan casual seperti sosial media, chat, dan browsing, saya sarankan coba melirik hape midrange di range harga 2-6 jutaan. Sudah banyak hape midrange yang punya performa bagus untuk casual use. Kamu bisa hemat banyak, sisa uangnya bisa dipakai beli case, tempered glass, paket data, dan lain-lain.

Pemilik flagship tahun lalu juga tidak perlu buru-buru upgrade ke seri terbaru tahun selanjutnya. Biasanya peningkatan dalam jangka 1 tahun itu tidak banyak / tidak signifikan. Saya pribadi menyarankan pakai dulu hape flagship kamu sampai sekitar 2 tahun, setelah itu akan terasa jika upgrade ke flagship selanjutnya.

2. Budget Tersedia

Money talks. Kalau kamu punya uang lebih dan tidak masalah mengeluarkan belasan juta untuk sebuah flagship, then go ahead. Jangan ragu membeli seri flagship karena brand akan menawarkan kualitas terbaik untuk uang yang kamu bayarkan.

Jika budget terbatas, bisa pertimbangkan untuk membeli hape di kelas midrange yang tidak kalah bagus. Kalau tetap ingin beli flagship bisa pertimbangkan untuk :

  • Menunggu beberapa bulan sampai harganya sedikit turun
  • Tunggu hari besar, biasanya ada promo
  • Pertimbangkan membeli flagship bekas

Yup. Gunakan money management yang baik. Spend money wisely.

Daftar Flagship di Awal 2021

Ada beberapa flagship yang sudah rilis di Indonesia pada awal tahun 2021, dari seri Android bisa kita jumpai :

Samsung : Galaxy S21 Series (Exynos 2100)

Xiaomi : Mi 11 (Snapdragon 888)

Oppo : Oppo Find X3 Pro (Snapdragon 888)

Sedangkan seri iPhone terbaik yang bisa dimiliki saat ini adalah seri iPhone 12 series. Apple biasanya merilis seri barunya di pertengahan-menjelang akhir tahun.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, kamu sudah bisa mengetahui jawabannya, membeli hape flagship atau tidak. Intinya ada di kebutuhan dan dana yang tersedia.

Jika ada uang, then go ahead beli hape flagship. Jika budget terbatas, cari momen ketika harganya turun atau ada promo. Jika ingin beli bekas, maksimal beli flagship tahun lalu yang prosesornya masih bisa bersaing dengan flagship terbaru. Jangan beli flagship bekas yang usianya sudah bertahun-tahun, karena performa prosesornya bisa saja sudah tersaingi seri midrange di tahun yang lebih muda.

Spend your money wisely.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau mau konsultasi hape apa yang cocok untuk kebutuhanmu, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan