Apakah PIN AdSense Berisi Angka Yang Sama?

Sobatku sekalian, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencari uang dari internet adalah bergabung menjadi publisher Google AdSense. Dengan Blog ataupun YouTube, seseorang bisa mendapatkan penghasilan dari iklan AdSense. Hal ini cukup menggiurkan karena Google AdSense termasuk layanan periklanan internet yang terbesar di Indonesia.

Setelah Blog atau YouTube sobat diterima oleh Google AdSense, akan ada iklan yang tampil. Dari iklan itulah publisher mendapatkan penghasilan. Meski begitu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense, salah satunya verifikasi alamat.

Untuk artikel AdSense lainnya sobat bisa membaca di bawah ini :

Baca juga :

Fungsi PIN AdSense

Dalam membuat akun AdSense akan ada beberapa verifikasi yang harus dilakukan :

  1. Verifikasi identitas (upload KTP/Identitas)
  2. Verifikasi rekening pembayaran (mengisi nominal yang dikirim Google ke rekening)
  3. Verifikasi alamat (dengan mengirim PIN ke alamat rumah)

Ketiga verifikasi tersebut digunakan untuk memastikan orang yang membuat akun adalah real atau bukan fiktif. PIN akan dikirimkan Google ke alamat rumah sobatku sekalian. Verifikasi tersebut baru akan diminta ketika perkiraan pendapatan sobat sudah mencapai 10 USD, dalam kurs AdSense setara dengan 130.000 rupiah. Jika belum sampai 130.000 rupiah belum akan diminta verifikasi.

Lalu kapan pembayaran akan dilakukan? Google akan mentransfer uang ke rekening sobat setelah saldo di AdSense mencapai 1.300.000 rupiah. Untuk mencapai itu buatlah konten yang berkualitas agar video atau artikel yang sobat buat bisa masuk halaman pencarian Google dan dapat kunjungan.

Kesempatan Request PIN AdSense 3 Kali

Google menyediakan tiga kali kesempatan untuk request pengiriman PIN AdSense. Misalkan pengiriman pertama gagal, bisa request untuk pengiriman PIN kedua, kalau masih gagal bisa meminta untuk pengiriman PIN yang ketiga. Tiga kali kesempatan itu diberikan untuk mengantisipasi kalau ada PIN yang gagal terkirim.

PIN AdSense untuk publisher di Indonesia dikirimkan dari Google Malaysia. Pengiriman di Indonesia dilakukan oleh Pos Indonesia. Karena dikirim dari luar negeri harus sabar menunggunya, kebanyakan kawan-kawan publisher menunggu lebih dari satu bulan baru PIN sampai di alamatnya.

Isi PIN AdSense Yang Dikirim

Surat yang dikirim Google itu bukan berisi uang ya, isinya adalah PIN untuk verifikasi alamat.

Sebagian orang masih belum mengetahui apakah nomor PIN yang dikirim sama atau tidak. Sesuai yang diinformasikan oleh Google dan juga pengalaman saya, baik PIN pertama sampai PIN ketiga isinya adalah angka yang sama.

Jadi jika sobat sudah request tiga kali namun yang sampai duluan adalah PIN pertama jangan khawatir, masukkan saja angkanya ke dashboard AdSense untuk melakukan verifikasi alamat.

Cara verifikasi alamat PIN AdSense :

  1. Buka www.google.com/adsense/
  2. Klik ikon roda gigi dan pilih setelan
  3. Klik Informasi Akun, lalu klik verifikasikan alamat
  4. Isi PIN tertera di surat yang terdiri dari 6 angka
  5. Klik Kirim PIN

Kesimpulan

Jika PIN AdSense tak kunjung tiba pastikan lagi alamatnya sudah detil atau belum. Jika belum detil bisa diperbaiki sebelum melakukan request kedua. Namun untuk request ketiga sebaiknya alamat diganti sama persis dengan yang tertera di KTP untuk berjaga-jaga kalau PIN tidak datang bisa request dengan KTP dan buku rekening.

Setelah ketiga verifikasi selesai, sobat tinggal menunggu gajian masuk ke rekening. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar