Belajar Mengetik 10 Jari di Windows 10 Dengan RapidTyping 5

Cepat mana, mengetik dengan dua ibu jari di ponsel atau mengetik dengan sepuluh jari di laptop? Prediksi saya, Anda akan lebih cepat mengetik dengan dua ibu jari di ponsel. Karena itu adalah gaya mengetik yang sangat umum oleh pengguna ponsel. Apalagi ponsel paling sering dipegang dan dioperasikan. Sedangkan gaya mengetik di laptop bagi tiap orang berbeda, tergantung dulu mulai belajar mengetiknya seperti apa. Dan tidak setiap orang secara rutin menggunakan laptop.

mengetik 10 jari

Kelebihan Metode Mengetik 10 Jari

Ada banyak kelebihan bagi Anda yang menguasai mengetik dengan 10 jari. Terutama bagi Anda yang pekerjaannya sangat bergantung pada kegiatan mengetik. Punya skill mengetik 10 jari akan memberikan beberapa manfaat dalam pekerjaan Anda :

1. Kecepatan mengetik relatif lebih cepat

Mengetik dengan 10 jari relatif lebih cepat. Untuk mengecek seberapa cepat Anda mengetik sekarang, sudah banyak web yang menyediakannya. Contohnya di web 10fastfinger.com seperti pada tampilan ini. Di sana Anda bisa melakukan tes untuk mengetahui berapa kata per menit (KPM) dengan gaya mengetik Anda sekarang. Lalu bandingkan nanti setelah menguasai skill mengetik 10 jari.

Tes kecepatan mengetik online
Tampilan 10fastfinger.com

2. Akurasi lebih baik, mengurangi typo

Sering salah ketik saat menyelesaikan tugas? Hal ini sering terjadi jika jari-jari Anda berpindah terlalu jauh. Dengan metode 10 jari, tiap jari punya “tombolnya” masing-masing. Selain itu pergerakan jari juga minim, tidak loncat kemana-mana, mengurangi risiko untuk salah ketik. Sehingga Anda tidak perlu membuang waktu menghapus dan membetulkan kata yang typo!

3. Menghemat waktu

Karena kecepatan ketik meningkat dan akurasi lebih bagus, akan bisa menghemat waktu Anda dalam menyelesaikan tugas. Misalnya Anda biasa menyelesaikan 1000 kata dalam 30 menit, bisa berkurang menjadi 20 menitan saja. Namun ingat, perlu latihan supaya lancar dulu ya.

4. Mengurangi kelelahan

Menyelesaikan tugas dengan lebih cepat bisa membuat Anda punya waktu untuk segera istirahat. Anda pun bisa terhindar dari kelelahan.

5. Poin plus saat melamar kerja

Skill mengetik dengan 10 jari bisa menjadi poin plus saat Anda melamar pekerjaan. Terutama pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan mengetik : editor, content writer, sekretaris, dll. Dengan skill ini tugas Anda bisa lebih cepat selesai.

6. Terlihat keren 😛

Menurut saya, bisa mengetik dengan 10 jari adalah skill yang keren saat dilihat orang lain. Ketika pertama kali melihat ada teman kuliah yang bisa mengetik dengan 10 jari, sejak itu pula saya penasaran bagaimana cara belajarnya.

Baca juga : Panduan Memilih Laptop Untuk Anak SMP

Cara Belajar dan Melatih Kemampuan Mengetik 10 Jari

Cara belajar mengetik 10 jari ini bisa dilakukan dengan banyak metode. Intinya Anda punya kemauan, mau belajar teori dasarnya, dan meluangkan waktu untuk berlatih. Serta menerapkan saat mengetik tugas maupun pekerjaan. Hal ini pula yang saya lakukan meski belum bisa lancar, namun jauh lebih nyaman dibanding di awal kuliah yang masih mengandalkan telunjuk dan jari tengah untuk mengetik.

Salah satu cara saya berlatih mengetik 10 jari adalah menggunakan software gratis RapidTyping 5. Saya install di laptop dengan Windows 10, berfungsi dengan baik. Melalui software ini saya membiasakan jari-jari saya untuk berada pada posisinya di keyboard. Setiap jari digunakan untuk tombol tertentu saja. Misalnya ibu jari, hanya digunakan untuk mengetik di space bar.

Mencoba Software RapidTyping 5 : Belajar Mengetik 10 Jari di Windows 10

Dikutip dari website mereka : RapidTyping adalah keyboard trainer yang mudah digunakan dan akan membantu meningkatkan kecepatan mengetik Anda dan mengurangi kejadian typo. RapidTyping disusun dengan materi yang teratur dan bervariasi sesuai level. Aplikasi ini dapat digunakan untuk guru yang sedang mengajari muridnya dan juga cocok untuk digunakan secara pribadi, misalnya ketika berlatih di rumah.

Ada beberapa hal yang saya suka dari RapidTyping 5 sehingga betah menggunakannya :

1. Gratis

Tidak dipungkiri, aplikasi ini bagus namun dibanderol secara cuma-cuma, alias gratis. Anda tinggal mengunduhnya di website mereka rapidtyping.com

2. Tersedia Banyak Layout Keyboard

Setiap laptop maupun komputer dilengkapi dengan layout keyboard yang bisa jadi berbeda. RapidTyping punya banyak opsi sesuai keyboard yang sering Anda gunakan.

3. Tersedia Dalam Berbagai Level

RapidTyping 5 Mengetik 10 Jari
Tampilan RapidTyping 5 di Windows 10

Sudah sejak SD saya menggunakan komputer, namun baru di perkuliahan mulai mencoba belajar mengetik 10 jari. RapidTyping menyediakan level dalam training mereka. Sudah disusun rapi, termasuk untuk pemula. Pengguna akan diajari basic menggunakan program ini. Untuk yang sudah cukup mahir, juga tersedia pilihan level yang lebih menantang.

4. Terdapat Petunjuk Jari

Di bagian bawah terdapat petunjuk jari yang dapat digunakan sebagai panduan saat masih berlatih. Namun jika sudah terbiasa Anda akan semakin jarang memerlukan bantuan dari petunjuk ini.

5. Terdapat Hasil Latihan

Hasil Mengetik 10 Jari RapidTyping 5
Hasil latihan dengan RapidTyping 5

Setelah melakukan training akan muncul tingkat kecepatan, akurasi, dsb untuk setiap level yang telah dilakukan. Jika belum lancar / akurasinya kurang, diberikan opsi untuk mengulangi lagi ataupun melanjutkan. Untuk yang mau belajar sebaiknya diulangi dulu sampai bisa, baru melanjutkan. Belajar bertahap dan rutin latihan. Nanti akan bisa dengan sendirinya.

6. Bisa Digunakan Secara Offline

Yap! Software ini bisa digunakan dalam keadaan offline. Tidak perlu terkoneksi di internet. Sangat memudahkan bagi yang belum punya akses internet di rumah. Anda bisa latihan kapan saja.

Baca juga : Membandingkan Layar Glossy dan Layar Anti-Glare Pada Laptop

Kesimpulan

Saya menulis ini karena merasa terbantu dengan metode mengetik 10 jari, sekaligus ingin berbagi cara belajarnya kepada Anda semua. Menurut saya skill mengetik 10 jari sangat membantu untuk saya yang sering mengetik untuk tugas maupun artikel di blog. Bisa lebih menghemat waktu dan mengurangi typo.

Software RapidTyping 5 pun menurut saya sudah cukup bagus untuk digunakan sebagai latihan karena sudah ada urutan level dalam lesson yang diberikan. Anda bisa menggunakannya secara offline dan tidak perlu membayar. Supaya lebih cepat menguasai metode ini, lakukan latihan dengan mengetik tugas / pekerjaan secara rutin. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar