Berapa Pendapatan AdSense Blog 1000 View Per Hari?

Banyak orang masih penasaran berapa pendapatan yang bisa dihasilkan AdSense blog. Untuk membuat akun AdSense sebenanya simpel, cara kerjanya sederhana, buat blog yang sesuai dengan kebijakan Google, kemudian ajukan untuk mendaftar Google AdSense. Jika sesuai kriteria Google, akan diterima.

Setelah diterima, publisher akan diminta memasang kode iklan di dalam blog lalu iklan ditampilkan oleh Google. Ketika iklan di klik pengunjung, akan mendapat penghasilan.

Apa saja iklan yang bisa tayang? Banyak, berdasarkan kategori-kategori seperti bisnis, makanan, travel, bahkan agama. Kabar baiknya, publisher iklan (pemilik blog) bisa menentukan apa saja iklan yang bisa tampil di blognya. Tujuannya supaya iklan tampil sesuai dengan topik blog. Selain itu, sobat juga bisa memblokir iklan yang berasal dari kompetitor.

Bagaimana Perhitungan Pendapatan AdSense?

Untuk memperkirakan pendapatan AdSense akan saya simulasikan dengan sederhana. Secara umum iklan itu akan menghasilkan uang ketika di klik.

Jumlah klik yang ada akan sangat bergantung penempatan iklan di blog dan sebagainya. Ada banyak faktor.

Mengenai perhitungan penghasilan AdSense, ada beberapa istilah yang perlu dipahami terlebih dahulu :

  1. Pageview : tayangan halaman. Biasanya dihitung dalam jangka harian, artinya dalam sehari ada berapa tayangan halaman. Ini beda dengan visitor. Karena 100 visitor bisa saja menghasilkan lebih dari 100 tayangan halaman.
  2. RKT : Rasio Klik Tayang . Persentase klik yang terjadi dibagi total tayangan halaman. Misal ada 10 klik untuk tiap 1000 tayangan halaman. Maka nilai RKT nya adalah 10 : 1000 = 1%. Nilai RKT ini sangat bervariasi tergantung jenis iklan yang tampil dan juga niche blog. Umumnya ada di bawah 5%.
  3. BPK : Biaya Per Klik. BPK ini disebut juga sebagai CPC (Cost Per Click), yaitu uang yang diterima publisher untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung. Misalkan BPK = 530 rupiah per klik. Maka dari 10 klik akan dapat 530 x 10 = 5.300 rupiah. Nilai BPK ini tergantung pengiklannya, kalau pengunjungnya bule amerika atau eropa biasanya iklan yang akan tayang adalah iklan dari luar negeri yang nilainya bisa berka-kali lipat dari BPK iklan Indonesia.
  4. Klik Invalid : yaitu klik yang dilakukan oleh sistem / bot / klik iklan sendiri atau aktifitas lain yang mencurigkan. Sobat bisa membaca selengkapnya di sini. Tiap bulan, taksiran penghasilan akan dikurangi invalid klik yang kemudian akan menjadi pendapatan bersih.

Selanjutnya saya akan mencoba membuat simulasi sederhana untuk memberi gambaran bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang.

Untuk memudahkan perhitungan, saya asumsikan karakter blog sebagai berikut :

  • Nilai RKT berada di angka 2%
  • BPK tetap, untuk visitor Indonesia 400 rupiah. Visitor bule 7.500 rupiah
  • Rasio klik invalid 3%

Simulasi penghasilan bulanan blog dengan target visitor Indonesia

Simulasi penghasilan AdSense Indonesia
Simulasi penghasilan AdSense Indonesia

Simulasi penghasilan bulanan blog dengan target visitor Bule

Simulasi penghasilan AdSense Blog Bule
Simulasi penghasilan AdSense Blog Bule

Terlihat jelas dari simulasi di atas bahwa target visitor Bule dapat menghasilkan uang berkali-kali lipat dibanding visitor Indonesia. Hal itu karena nilai iklan mereka lebih besar dibanding visitor Indonesia.

Coba lihat pada blog C dengan 1000 view per hari. Jika itu blog berbahasa Indonesia akan menghasilkan sekitar 232.800 rupiah per bulan. Sedangkan jika blog berbahasa Inggris dan mendapat visitor internasional akan menghasilkan 4 jutaan per bulan.

Angka di atas hanyalah simulasi, pada kenyatannya bisa kurang atau lebih, namun itu cukup menggambarkan perbedaan penghasilan jika visitornya berbeda lokasi. Ini salah satu contohnya bahwa nilai CPC / biaya per klik dari luar negeri jauh lebih tinggi dari Indonesia.

AdSense Indonesia mensyaratkan minimum penghasilan 1.300.000 baru kemudian saldo akan masuk ke rekening. Nah kalau blog Indonesia dengan 1000 view menghasilkan 230 ribu rupiah, perlu waktu sekitar 6 bulan untuk gajian / saldo cair. Jika sobat ingin gajian tiap bulan dari AdSense, pastikan trafik blog sobat terjaga dan usahakan terus meningkat.

Baca juga : Pengalaman Mencari PIN AdSense di Kantor Pos Plemburan Sleman

Bagaimana cara meningkatkan pendapatan blog Indonesia?

Pertama : tulis blog dengan topik yang konsisten. Isinya jangan gado-gado ya sobat sekalian. Fokus saja. Misalnya blog ekonomi, bahasa yang terkait dengan ekonomi. Resensi buku fokus di topik buku dan literasi. Jangan campur-campur supaya visitor tahu karakteristik blog sobat.

Kedua adalah dengan meningkatkan visitor blog supaya tampilan halaman lebih banyak. Caranya? Menangi persaingan di halaman pertama Google dengan menulis artikel yang bagus dan dicari banyak orang. Ilmu mengenai cara mendapat halaman pertama di Google namanya adalah SEO : Search Engine Optimation.

Ketiga, lakukan optimasi blog supaya ringan dan jangan terlalu banyak menampilkan iklan dalam satu halaman. Blog yang ringan akan mudah dimuat dan memungkinkan iklan interaktif tampil di blog.

Keempat, filter iklan supaya yang tampil lebih relevan. Blokir iklan-iklan yang nilai iklannya rendah dan jarang dilirik pengunjung blog.

Kalau berbagai cara sudah dilakukan dan pendapatan masih dirasa tidak sesuai keinginan sobat mungkin saatnya untuk :

  1. Beralih ke topik lain yang lebih bonafid.
  2. Mencoba menulis blog berbahasa Inggris. Tak jarang para blogger Indonesia merintis blog visitor Indonesia dahulu untuk mengumpulkan modal. Selanjutnya uangnya diinvestasikan untuk membangun blog berbahasa inggris alias blog bule, misalnya menyewa server yang bagus dan menggunakan jasa penulisan / terjemah bahasa Inggris.

Baca juga : Apakah PIN AdSense Berisi Angka Yang Sama?

Kesimpulan

Peluang di blog itu masih terbuka. Meski ada yang berpendapat YouTube juga makin populer, blog adalah segmentasi yang berbeda. Keduanya punya posisi masing-masing. Untuk topik-topik tertentu blog lebih relevan.

Selain itu, yang perlu dipahami adalah perjuangan untuk mendapatkan pendapatan yang maksimal itu bukan usaha yang bisa dibilang gampang. Menguras waktu dan tenaga, mikirin keyword apa yang sedang dicari orang. Mikirin gimana blog nyaman diakses pakai laptop ataupun ponsel. Meluangkan waktu maintenance blog, reply komentar di post. Dan masih banyak lagi.

Setiap hal yang kita perjuangkan itu punya rintangannya masing-masing. Dari luar mungkin kita melihat orang lain merasa hidupnya terus menerus dimudahkan tapi boleh jadi ada lelah letih yang tidak tampak di mata kita.

Semangat untuk berkarya di mana pun itu dan apa pun jalannya. Semoga bisa membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Di zaman yang setiap orang dengan mudah bisa berkarya dan memberikan pendapat kita mesti menjadi orang yang punya “value” dan bisa memberi “value” buat orang lain. Dengan begitu kita akan dipandang punya kapabilitas, dan semoga rezeki akan datang mengikuti.

Tinggalkan Balasan