Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di Hape Android

Cara agar hotspot tidak mati sendiri di hape android
Cara agar hotspot tidak mati sendiri di hape android

Situasi WFH dan sekolah online ini menuntut banyak orang supaya punya koneksi internet di rumah. Namun tidak semua lokasi sudah mendukung jaringan wifi, sehingga tethering hotspot dari hape menjadi pilihan. Kadang kala hotspot mati sendiri di hape android. Ketahui cara mengatasinya di artikel ini ya.

Fitur hotspot adalah sebuah fitur yang bermanfaat. Fungsinya untuk membagikan koneksi internet ke perangkat lain. Tethering hotspot menggunakan jaringan wifi agar bisa tersambung dengan banyak berangkat. Tethering juga bisa dilakukan menggunakan kabel USB, kalau ini hanya bisa untuk satu laptop / komputer saja.

Baca juga :

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di Hape Android

Kali ini akan saya contohkan menggunakan Samsung J7 Duo. Untuk hape android lainnya langkahnya kurang lebih sama. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih menu koneksi
  3. Pilih menu hotspot seluler dan penambatan
  4. Pilih menu hotspot seluler
  5. Klik titik tiga di kanan atas
  6. Pilih menu pengaturan waktu habis
  7. Pilih “tidak pernah habis waktu” agar hotspot menyala terus
  8. Pilih durasi lainnya jika ingin hotspot mati sendiri selama tidak ada perangkat yang tersambung.

Secara default hotspot akan mati sendiri setelah beberapa menit tidak digunakan atau tidak ada perangkat lain yang tersambung. Jika ingin hotspot tetap menyala terus, pilih saja opsi “tidak pernah habis waktu”. Setelah opsi tersebut dipilih, hotspot akan menyala terus dan baru akan mati ketika kamu mematikan hotspot secara manual.

Jika hotspot tidak tersambung atau putus-putus sendiri kemungkinan ada kerusakan pada software maupun hardware. Cara memperbaikinya yaitu reset data pabrik, jika masih terjadi error silakan dibawa ke teknisi hape saja. Alternatif lainnya, gunakan saja tethering dengan kabel USB.

Sekian tutorial singkat mengenai hotspot di hape android. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan