Cara Agar Layar Hape Tetap Responsif Setelah Pasang Tempered Glass

Layar responsif setelah pasang tempered glass

Tempered glass sudah menjadi semacam aksesoris wajib setelah membeli sebuah hape. Tujuannya untuk melindungi layar hape dari goresan ataupun supaya tidak pecah saat hape terjatuh. Oleh karena itu sudah menjadi kebiasaan banyak orang memasang tempered glass di hape mereka.

Awal saya bukan termasuk orang yang suka memasang tempered glass. Karena feelnya berbeda dengan menyentuh layar secara langsung. Namun sekarang sudah banyak produsen tempered glass yang memiliki kualitas bagus dan nyaman digunakan. Sehingga saya mulai mencoba memakai tempered glass di hape saya.

Baca juga : Pengalaman Tidak Menggunakan Pelindung Layar Tempered Glass

Layar Tidak Responsif Setelah Memasang Tempered Glass

Salah satu masalah yang biasa muncul setelah memasang tempered glass adalah layar menjadi kurang responsif atau kurang sensitif. Sehingga saat menyentuh perlu agak ditekan. Tentu hal ini tidak menyenangkan bagi pengguna. Terutama yang sering mengetik atau bermain game.

Untungnya beberapa pabrikan smartphone sudah menyediakan solusi untuk masalah ini. Biasanya ada fitur untuk meningkatkan sensitivitas layar supaya layar tetap responsif setelah dipasang tempered glass.

Kali ini akan saya contohkan untuk hape Samsung Galaxy S20 FE. Untuk brand lain kurang lebih akan sama lokasi menunya. Namun saya tidak menjamin semua seri memiliki fitur ini.

Cara mengatur sensitivitas layar setelah memasang tempered glass :

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih menu “tampilan”
  3. Pilih menu “sensitivitas layar”
  4. Aktifkan menu tersebut
  5. Selesai
Agar layar responsif sensitif setelah memasang tempered glass
Agar layar responsif sensitif setelah memasang tempered glass

Fingerprint di Layar Tidak Berfungsi Setelah Memasang Tempered Glass

Satu masalah lain yang sering muncul adalah fingerprint di bawah layar tidak berfungsi setelah pasang tempered glass. Bagaimana cara mengatasinya?

Solusi pertama : pilih tempered glass yang mendukung fingerprint di bawah layar. Ada dua jenis fingerprint di bawah layar : optikal dan ultra-sonic. Lebih amannya tanyakan dahulu ke penjual apakah fingerprint di bawah layar akan tetap berfungsi atau tidak setelah dipasang tempered glass.

Solusi kedua : jika setelah dipasang tempered glass tidak mau berfungsi, coba scan ulang fingerprint kamu. Biasanya cara ini akan berhasil mengatasi masalah di atas. Setelah di scan ulang, fingerprint akan bisa digunakan kembali.

Supaya lebih aman memang lebih baik tanyakan dahulu ke penjual apakah tempered glass yang digunakan mendukung fingerprint di bawah layar atau tidak.

Baca juga :

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menulis di kolom komentar, and have a nice day!

Tinggalkan Balasan