Cara Agar Layar Hape Tidak Cepat Mati Saat Digunakan (Samsung Galaxy)

Cara agar layar hape tidak cepat mati saat digunakan

Saat menggunakan hape tentu kesal kalau layarnya tiba-tiba mati. Misalnya saat menyalin bahan bacaan dari internet, sedang merekap data atau saat mengerjakan tugas. Jadi repot harus bolak balik menyalakan layar hape untuk melanjutkan pekerjaan.

Saat menggunakan hape tentu kesal kalau layarnya tiba-tiba mati. Misalnya saat menyalin bahan bacaan dari internet, sedang merekap data atau saat mengerjakan tugas. Jadi repot harus bolak balik menyalakan layar hape untuk melanjutkan pekerjaan.

Tentu kamu tidak mau mengalami hal itu terus-menerus. Terutama yang sedang punya banyak tugas atau pekerjaan yang mengharuskan melihat layar hape dalam waktu lama.

Ada dua cara sederhana untuk mengatasinya. Hal ini saya coba terapkan di hape Android saya, Galaxy A8 Star. Cara pertama dengan memperpanjang waktu nyala layar / waktu aktif layar, opsi ini bisa ditemui di semua hape Android. Cara kedua dengan menyalakan fitur Smart Stay supaya hape bisa mendeteksi penggunanya masih melihat layar. Fitur ini mungkin hanya tersedia di seri-seri tertentu saja.

Baca juga : Cara Menggunakan Fitur Clipboard di Hape Samsung Bisa Copy Banyak Gambar Sekaligus

Memperpanjang Waktu Nyala Layar

Cara menambah memperpanjang waktu nyala layar Android :

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih menu tampilan
  3. Pilih waktu tunggu tampilan layar
  4. Pilih durasi yang kamu inginkan

Pilih durasi layar menyala sesuai dengan kebutuhan. Misalnya 10 menit. Namun jangan terlalu sering mengatur ke waktu nyala 10 menit, nanti baterainya lebih cepat habis saat kamu lupa mengatur waktunya kembali.

Baca juga : 6 Cara Meningkatkan Pendapatan AdSense Blog

Menggunakan Fitur Aktif Pintar (Smart Stay)

Di Samsung Galaxy biasanya ada fitur aktif pintar (Smart Stay). Fitur ini membuat layar tetap menyala saat pengguna melihat layar dengan menggunakan kamera depan untuk mendeteksi wajah.

Cara menyalakan fitur Smart Stay di Samsung Galaxy :

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih menu fitur lanjutan
  3. Pilih menu gerakan dan gestur
  4. Pilih menu “Aktif Pintar”
  5. Nyalakan fitur aktif pintar

Fitur ini cukup bermanfaat karena layar hape tidak akan mati saat pengguna sedang memakainya. Hape akan mendeteksi wajah pengguna dengan kamera depan untuk membuat layar tetap menyala. Jika wajah tidak terdeteksi layar akan mati sesuai waktunya.

Apakah fitur ini boros baterai? Sudah setahun lebih saya menggunakan fitur ini dan tidak ada masalah di baterai. Konsumsi dayanya normal, tidak terasa perbedaannya sebelum dan setelah menyalakan fitur ini.

Baca juga : 5 Penyebab Suhu Laptop Cepat Panas

Tinggalkan Balasan