Cara Mendapat Banyak Pengikut Di TikTok

Cara mendapatkan banyak follower di TikTok
Cara mendapatkan banyak follower di TikTok

TikTok adalah platform video sharing yang sedang hits selama pandemi ini. Orang-orang punya lebih banyak waktu luang, untuk sekedar menonton video di TikTok, bahkan mulai membuat video TikTok. Kadang kala tidak diduga video itu bisa cepat viral, masuk FYP dan akhirnya dapat banyak pengikut.

Punya banyak pengikut / follower di TikTok tentu menawarkan kelebihan tersendiri. Kemungkinan video kita akan ditonton lebih banyak orang, awalan bagus untuk membangun brand sendiri ataupun mendapatkan keuntungan dari endorse.

Namun bagaimana sebenarnya cara untuk mendapatkan banyak pengikut di TikTok?

Cara Mendapatkan Banyak Pengikut di TikTok

TikTok cukup unik dibanding sosial media lainnya. TikTok berfokus dengan yang namanya FYP atau For Your Page, sering juga disebut beranda TikTok. Di FYP inilah video-video yang sesuai dengan minat kamu akan ditampilkan. Algoritma TikTok akan dengan cepat mempelajari minat video apa yang kamu suka.

Setelah masuk FYP, video kamu akan ditonton banyak orang dan mendatangkan banyak trafik ke profil kamu. Katakanlah ada 10 ribu akun yang menonton, dari 10 ribu akun itu pasti akan ada yang mengikuti akun kamu. Bayangkan kalau videonya tembus 100 ribu tayangan atau bahkan 1 juta tayangan!

Maka inilah cara untuk mendapatkan banyak pengikut / follower di TikTok :

1. Ketahui Apa Minat Kesukaanmu

Ingat, TikTok berbasis pada FYP yang akan menampilkan video sesuai minat penonton. Mungkin kamu tidak akan bisa menjangkau seluruh penonton. Karena pada dasarnya penonton di TikTok lebih suka menonton sesuai minatnya.

Cari tahu apa yang kamu suka dan merasa senang ketika membuat videonya. Coba lihat akun TikTok yang terkenal, biasanya mereka akan punya satu topik yang menjadi minat mereka. Misalkan hewan peliharaan, pembahasan bahasa, KPOP, anime, teknologi, video dance, dan lain-lain. Semakin spesifik dan unik akan memudahkan algoritma TikTok mengenalkan video kalian ke FYP orang lain dengan minat yang sama.

2. Ikuti Challenge Yang Sedang Viral : Supaya Masuk FYP

Beranda TikTok / FYP

Setelah tahu minatnya dan siap membuat video, tidak serta-merta nanti video kamu akan masuk FYP lho. Manfaatkan momentum! Salah satunya ikuti challenge video atau gunakan lagu yang sedang viral. FYP ini ibarat pintu gerbang kalau mau sukses di TikTok. Coba saja lihat akun-akun terkenal, saya yakin kamu kebanyakan mengenalnya dari FYP kan?

Kalau video berhasil masuk FYP dan menarik, biasanya penonton akan klik profil kamu dan melihat video-video lain. Setelah itu mereka akan memutuskan mau follow akun kamu atau tidak.

Untuk tahu cara masuk FYP TikTok kamu bisa baca artikel ini : Cara Masuk FYP TikTok

3. Buat Konten Original

Buat video yang original sesuai dengan kreatifitas kamu, sesuai hal yang kamu sukai. Kunci utama memenangkan persaingan di TikTok adalah kreatifitas. Siapa tahu ide-ide yang menurutmu sederhana tapi malah dapat banyak apresiasi dari penonton di TikTok.

Banyak TikToker yang terkenal karena mereka fokus membuat satu topik konten, misalnya konten yang membahas bisnis, membahas olahraga, ada pula dokter yang membuat edukasi di TikTok. Bagikan hal yang ingin kamu bagikan, termasuk pengetahuan dan pengalaman yang menarik dalam hidup kamu. Dalam dunia media, content is the king, jadi buatlah konten terbaikmu.

4. Cermati Penonton Video Kamu

Setelah mendapat cukup banyak pengikut / follower di TikTok, saya ucapkan selamat! Selanjutnya adalah mengembangkan konten sesuai dengan siapa audience atau penonton videomu. Hal ini bisa dicek menggunakan TikTok Analytics, syaratnya akun kamu harus diubah dulu menjadi akun Pro ya!

Dengan mengetahui siapa saja penonton : jenis kelamin, lokasi, umur dll akan memudahkanmu menentukan konten apa yang harus dibuat selanjutnya.

5. Interaktif di Kolom Komentar dan Bangun Interaksi

Jadilah pemilik akun yang interaktif di kolom komentar. Dengan begitu penonton akan lebih menyukai akunmu. Kalau perlu buka juga sesi tanya jawab (QnA), supaya videonya makin ramai dan ada peluang masuk FYP lagi untuk menggaet pengikut baru!

6. Rajin Posting

Nah, yang terakhir adalah rajin posting. Saya percaya dari sekian banyak hal yang kita buat pasti akan ada sebagian yang disukai atau diminati oleh banyak orang.

Mirip seperti blog ini, ada banyak tulisan, namun beberapa tulisan punya lebih banyak pengunjung. Anggaplah dari 100 tulisan akan ada 10-20 tulisan yang berada di halaman pertama Google. Maka saya juga yakin di TikTok pun demikian, dari belasan atau puluhan video yang kamu buat, yakinlah pasti ada yang masuk FYP! Dengan syarat videonya dibuat dengan serius ya.

Baca juga : Cara Menggunakan Clipboard di Windows 10

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan banyak pengikut atau follower di TikTok. Intinya tentukan dulu apa konten yang akan kamu buat, hal yang kamu sukai.. Kemudian buatlah video yang berpotensi untuk masuk FYP untuk mendatangkan follower.

Pun setelah masuk FYP dan mendapat banyak follower jangan berhenti sampai situ. Buat video lagi dan yakinlah akan masuk FYP lagi. Lalu jangan lupa untuk menjaga interaksi dengan para pengikutmu di TikTok ya.

Kesempatan untuk berhasil selalu ada bagi mereka yang mau mencoba. Semangat!

Tinggalkan Balasan