Cara Hemat Data TikTok

Sobat sekalian tak jarang saat menggunakan sosial media atau bermain hape terkadang kita lupa waktu. Kalau terlalu lama bermain apalagi menggunakan data seluler bisa-bisa datanya cepat habis. Salah satunya ketika bermain TikTok.

Maklum, kini TikTok sedang menjadi platform berbagi video yang sedang populer. Bahkan sudah diunduh ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, TikTok sudah banyak penggunanya. Dan saya yakin sobat pasti pernah melihat video-video yang berasal dari TikTok.

Tak jarang terlalu lama bermain dan menonton banyak video bisa membuat data seluler cepat habis. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Menghemat Data TikTok

Sama seperti kebanyakan aplikasi sekarang, biasanya di dalam aplikasi sudah tersedia opsi untuk menghemat data.

1. Menggunakan Pengaturan di Aplikasi

Di dalam aplikasi TikTok sudah ada pilihan untuk menghemat data yang tersedia di pengaturan. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Masuk ke pengaturan dan privasi
  3. Pilih menu penghematan data
  4. Nyalakan opsi hemat data
  5. Selesai

Langkah lengkap dengan gambar sebagai berikut :

Hemat Data TikTok
Buka pengaturan, di bagian bawah akan ada menu “penghemat data”

Selanjutnya tinggal nyalakan opsi hemat data

Setelah memilih opsi hemat data, aplikasi TikTok akan menghemat data dengan cara mengurangi kualitas video (resolusi lebih rendah) dan juga membuat loading time antar video menjadi lebih lama.

Berbeda jika hemat data dimatikan, kualitas video akan tampil secara maksimal dan ketika beralih ke video lain loadingnya akan cepat.

Namun perlu diingat, sejauh ini mode hemat data TikTok hanya berlaku untuk data seluler saja. Ketika sobat menggunakan Wifi, video akan tetap ditampilkan secara maksimal.

2. Mengurangi Waktu Penggunaan TikTok

Ketika hemat data sudah diaktifkan dan sobat tetap berjam-jam membuka aplikasinya maka sama saja data yang digunakan akan tetap banyak.

Jika ingin menghemat data, langkah yang lebih efektif dilakukan tentunya dengan cara mengurangi atau membatasi waktu menggunakan TikTok. Dan di dalam TikTok sendiri juga sudah ada pengaturannya, sobat bisa baca pada artikel : Cara Membatasi Waktu Bermain TikTok

Kesimpulan

Begitulah sobat cara menghemat data pada aplikasi TikTok. Tips di atas bisa sobat terapkan secara mudah, apalagi kalau di rumah belum ada wifi dan data seluler yang digunakan terbatas kuotanya. Selamat mencoba.

Baca juga : Cara Masuk FYP TikTok

Tinggalkan Balasan