9 Cara Masuk FYP di TikTok

Cara masuk fyp tiktok , cara masuk beranda tiktok

Salah satu hal yang diinginkan kebanyakan pengguna TikTok adalah supaya videonya masuk FYP. Dengan masuk FYP, video punya peluang mendapat banyak like dan komentar sehingga viral. Apakah ada cara supaya masuk FYP TikTok dengan mudah?

TikTok memang sedang digemari dan mendapat banyak pengguna di seluruh dunia. Hal ini juga menjadi kesempatan bagi tiap orang untuk menjadi konten kreator baru di TikTok. Pasalnya dengan menjadi konten kreator ada banyak peluang bisnis atau kerja sama yang menanti dan bisa menghasilkan pundi rupiah, menarik bukan?

Pengertian FYP TikTok

Kamu perlu ketahui dulu apa itu FYP TikTok. Di hashtag postingan TikTok biasanya ada tulisan fyp atau #fyp. Lalu apa sih yang dimaksud FYP itu?

FYP adalah singkatan dari For Your Page atau sering juga disebut beranda TikTok. Yang dimaksud adalah video-video yang kamu tonton ketika membuka aplikasi TikTok. FYP TikTok berisi video yang direkomendasikan oleh TikTok. Supaya lebih jelas coba lihat gambar di bawah ini :

FYP TikTok

Itulah yang dimaksud FYP. Jika video kamu bisa masuk FYP orang lain, besar kemungkinan bisa mendapat like maupun komentar dan videonya makin viral. Selain itu ada kemungkinan juga akun kamu akan kebanjiran follower.

Baca juga :

Cara Masuk FYP / Beranda TikTok

Banyak orang penasaran bagaimana cara masuk FYP TikTok. Karena banyak orang yang ingin videonya viral dan mendapat banyak follower baru.

Sebenarnya yang perlu kamu pahami, setiap video itu punya peluang untuk masuk ke FYP. Tinggal bagaimana kamu mengoptimalkan video tersebut supaya bisa masuk FYP TikTok. Dan saya akan coba membagikan triknya di sini.

Tips dan trik yang saya bagikan ini bisa kamu terapkan dalam video supaya bisa masuk FYP. Namun perlu dipahami tips dan trik ini tidak menjamin 100% masuk FYP. Hanya saja bisa kamu terapkan kemudian lihat hasilnya.

Langsung saja kita bahas :

1. Contohlah Video / Challenge Yang Sedang Tren

Untuk mengetahui video apa yang kemungkinan besar masuk FYP, coba lihat-lihat dulu video apa saja yang sedang ngetren di FYP. Tren ini cukup sering berubah. Misalnya dulu beberapa challenge yang sempat viral seperti :

  • Video zoom face bagaikan langit
  • Goyang ubur-ubur
  • Jinjit challenge
  • dan lain-lain

Sekarang tentu trennya sudah berubah. Coba dilihat saja apa yang sedang viral. Kemudian buat ulang (remake) videonya. Apakah ini termasuk menjiplak? Tentu tidak. Karena challenge itu sifatnya biar orang lain juga melakukan hal yang sama.

2. Buat Video Dengan Musik Yang Sedang Viral

Gunakan musik / audio yang sedang viral atau menjadi tren. Supaya video kamu bisa ditemukan dengan mudah.

3. Buat Duet Dengan Video Yang Sedang Viral

Buatlah video duet dengan video yang sedang viral. Dengan begitu ada peluang video yang kamu buat bisa disarankan ke lebih banyak pengguna TikTok.

4. Buat Video Kreatif Dengan Ide Baru

Jika kamu punya ide baru yang sekiranya akan menarik bagi banyak orang silakan kamu buat. Siapa tahu bisa viral dan menjadi tren baru di TikTok. Dan biasanya video viral yang pertama akan menjadi yang paling banyak ditonton.

5. Buat Video Yang Bikin Penasaran

Buat penonton kamu menonton video sampai selesai. Caranya cukup banyak. Contohnya, membuat video terpisah. Misalkan kamu sedang punya sebuah project, pisahlah menjadi beberapa video. Supaya orang penasaran dan menonton video sampai selesai.

Selain itu kamu juga bisa membuat video berisi tips dan trik, atau daftar hal-hal yang menarik. Kebanyakan orang akan menonton videonya sampai selesai dan menyukainya.

6. Buat Video Yang Mengandung Pertanyaan : Supaya Penonton Berkomentar

Dalam bersosmed hal yang cukup penting adalah interaksi dengan audience. Coba buat video yang mengandung pertanyaan di tengah maupun akhir videonya. Misalnya kamu membuat video pengalaman menarik, lalu di video ditambah pertanyaan “pernah ngalamin juga gak?”.

Pertanyaan juga bisa ditaruh di bagian caption video.

Kebanyakan dari penonton nanti akan menjawab pertanyaan kamu di kolom komentar. Dan jika ada yang bertanya balik jangan lupa kamu balas ya.

7. Rekam Video Dalam Kualitas Bagus

Ini penting gak penting sih, tapi kualitas video yang bagus akan membuat orang lebih betah menonton. Untuk menghasilkan video yang bagus banyak caranya. Bukan promosi, namun tidak dipungkiri iPhone biasanya lebih smooth untuk membuat video.

Selain itu kualitas video yang bagus juga bisa kamu hasilkan dengan mengeditnya terlebih dahulu di laptop maupun PC. Juga gunakan pencahayaan yang cukup supaya video tidak banyak noise.

8. Gunakan Hashtag Yang Relevan – Jangan Kebanyakan

Gunakan hashtag (#) yang sedang populer. Tambahkan hashtag #FYP ataupun #foryourpage, kemudian diikuti hashtag lain yang sedang populer saat kamu akan membuat video.

9. Pahami Cara Kerja Algoritma TikTok

Dalam menentukan video mana yang masuk FYP, TikTok menggunakan sebuah algoritma. Ringkasnya seperti ini, TikTok akan mencoba menampilkan video yang baru saja kamu buat ke beberapa penonton, jika ada respon yang positif berupa komentar, like, maupun share baru kemudian TikTok akan menampilkan video kamu ke lebih banyak pengguna.

Ketika video masih mendapat banyak like, share, dan komentar, maka video akan ditayangkan ke lebih banyak pengguna lagi. Begitu seterusnya. Intinya, buatlah video yang membuat penonton untuk :

  1. Menonton video sampai selesai
  2. Menyukai video
  3. Mengomentari video
  4. Share video

Selain itu ada banyak komponen dalam algoritma TikTok yang bisa diterapkan seperti penggunaan suara/musik yang sedang viral, caption yang menarik, durasi video, dan hal-hal lainnya.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah bukan tips yang ada di atas? Langkah berikutnya adalah segera dipraktikkan untuk mengetahui hasilnya. Intinya kamu perlu membuat video yang menarik bagi penonton.

Jika video kamu menarik, dengan sendirinya penonton akan like, comment, maupun share video kamu. Semakin disukai sesuai dengan minat penonton, algoritma TikTok akan membawa videomu menjadi viral dan masuk FYP. Selamat mencoba!

9 pemikiran pada “9 Cara Masuk FYP di TikTok”

Tinggalkan Balasan