Cara Membuat Poster Dengan PowerPoint

Cara mudah membuat poster dengan Microsoft PowerPoint. Tentu sobat sudah mengetahui fungsi utama PowerPoint yaitu untuk membuat berbagai jenis presentasi seperti presentasi tugas kelompok, bisnis, dan sebagainya. Namun jika dioptimalkan fungsinya, sebenarnya PowerPoint bisa digunakan untuk banyak hal, bukan hanya sekedar membuat presentasi.

Kabar baiknya, slide / presentasi yang ada di PowerPoint bisa disimpan dalam berbagai jenis file lain. Salah satunya disimpan dalam format gambar. Dengan begitu sebenarnya sobat bisa membuat poster menggunakan PowerPoint.

Membuat poster dengan PowerPoint bisa memudahkan pekerjaan sobat sekalian yang ingin membuat poster, namun belum bisa menggunakan software desain grafis. Pelajari caranya supaya bisa memudahkan pekerjaan sobat sekalian, misalkan sewaktu-waktu membutuhkan desain, cukup buka softwarenya dan dikerjakan sendiri.

Baca juga :

Langkah Mudah Membuat Poster Dengan PowerPoint

Dengan PowerPoint, banyak jenis poster yang bisa dibuat. Seperti poster kegiatan, poster donasi, poster pengumuman atau bahkan membuat template feed instagram. Sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Cara membuat poster dengan PowerPoint :

  1. Buka software PowerPoint
  2. Tentukan ukuran poster melalui “slide size”
  3. Desain poster melalui slide yang ada
  4. Jika sudah selesai simpan PPTnya
  5. Untuk menyimpan gambar klik File -> Save As
  6. Simpan file dengan format .JPG maupun .PNG pada folder yang diinginkan

Kali ini saya akan mencontohkan cara membuat poster dengan rasio 1:1 alias persegi. Ukuran ini cocok untuk feed Instagram dan sosial media lainnya. Langkah pertama adalah membuka PowerPoint kemudian pilih slide size.

Cara Membuat Poster Dengan PowerPoint

Pilih ukuran slide sesuai dengan ukuran slide yang akan dibuat. Contohnya saya memilih ukuran custom dengan lebar dan panjang 15 cm x 15 cm. Ini nanti akan menjadi gambar dengan resolusi sekitar 567 x 567 piksel. Kalau sobat butuh resolusi yang lebih besar tinggal masukkan angka yang lebih banyak. Contohnya ukuran 30 x 30 cm akan menghasilkan poster dengan piksel yang lebih besar.

Cara Membuat Poster Dengan PowerPoint

Setelah menentukan ukuran, selanjutnya sobat hanya perlu berkreasi dengan segala menu yang ada di dalam PowerPoint. Mohon maaf pada tutorial ini contohnya sangat sederhana hehe.

Cara Membuat Poster Dengan PowerPoint

Setelah dirasa cukup, kemudian simpan PPT terlebih dahulu ya supaya tidak hilang file utamanya. Cukup tekan Ctrl + S.

Selanjutnya jika sobat ingin menyimpan slide sebagai gambar cukup klik File -> Save As. Namai filenya dan tentukan folder dimana poster akan disimpan. Selanjutnya pada kolom jenis file, cari format JPG maupun PNG supaya slide disimpan menjadi gambar.

Cara Membuat Poster Dengan PowerPoint

Akan muncul menu pilihan Which slides do you want to export?. All slides artinya seluruh slide akan disimpan sebagai gambar. Just This One artinya hanya slide yang sedang sobat edit yang akan disimpan sebagai gambar. Sesuaikan kebutuhan.

Cara Membuat Poster Dengan PowerPoint

Di bawah ini adalah contoh poster menggunakan PowerPoint. Sangat mudah bukan? Untuk membuat poster yang bagus sobat tinggal mengkreasikan sesuai kreativitas dan juga kebutuhan sobat masing-masing. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar