Cara Login Jenius Dari PC dan Laptop

Logo jenius

Sudah beberapa bulan saya menggunakan layanan Jenius Digital Banking dari Bank BPTN. Layanan punya banyak fitur dan tersedia aplikasinya di ponsel. Tapi apakah Jenius juga bisa dibuka atau login menggunakan laptop atau web browser?

Salah satu fitur utama yang saya sukai di Jenius adalah fitur e-Card yang punya fungsi mirip seperti kartu kredit, namun tidak perlu kartu kredit. Jika kartu kredit ditagih setiap bulan, dengan e-Card sobat bisa memasukkan saldo ke dalamnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membayar tagihan. Misalkan sobat belanja di situs luar negeri ataupun yang memerlukan pembayaran dengan kartu kredit.

Selain itu Jenius juga menyediakan kartu debit m-Card dengan logo VISA yang sukses saya gunakan untuk membayar iklan Facebook Ads maupun berlangganan Spotify. Menariknya, karena Jenius ini merupakan layanan digital banking, kartu debit m-Card tidak perlu saya ambil di bank karena sudah dikirim langsung oleh pihak Jenius ke alamat saya. Dalam waktu yang cukup cepat, tidak sampai seminggu.

Kelebihan Jenius

Sobat sekalian, Jenius merupakan aplikasi digital banking dan kartu debit yang multifungsi. Mempermudah transaksi sekaligus pengelolaan kuangan sobat.

Kelebihan aplikasi Jenius meliputi :

  1. Buka akun tanpa pergi ke bank. Registrasi bisa dilakukan melalui aplikasi dan aktivasinya bisa melalui video call.
  2. Bunga tabungan setara dengan deposito.
  3. Praktis untuk melakukan Top-Up ke E-Wallet (Dana, Gopay, LinkAja, OVO, dll). Karena di aplikasi sobat bisa menambahkan hingga 10 akun E-Wallet.
  4. Bisa belanja online pakai kartu debit.
  5. Monitor segala transaksi melalui satu aplikasi.
Ilustrasi m-Card jenius

Itulah beberapa kelebihan dari Jenius. Sebagai pengguna Facebook Ads dan juga berlangganan Netflix, m-Card dan e-Card Jenius sangat berguna karena bisa digunakan untuk transaksi internasional tanpa menggunakan kartu kredit.

Cara Login Jenius Dari Laptop

Karena Jenius App terkadang kurang responsif kemudian saya bertanya, apakah Jenius juga bisa dibuka dari laptop menggunakan web browser?

Ternyata bisa dan caranya sangat mudah!

Namun saya ingin mengimbau terlebih dahulu. Sebelum akses akun melalui laptop / komputer pastikan beberapa hal ini untuk menjaga keamanan akun sobat sekalian :

  • Login melalui perangkat yang kalian percaya, jangan login di laptop / komputer umum, bahkan milik teman.
  • Login dengan jaringan yang aman, saya tidak menyarankan login menggunakan wifi publik karena kita tidak tahu siapa saja yang menggunakan wifi tersebut

Setelah memastikan hal tersebut, inilah langkah untuk membuka Jenius dari laptop :

1. Buka website https://2secure.jenius.co.id melalui browser sobat sekalian

Login Jenius Dengan Laptop

Akan muncul tampilan seperti di atas ini. Untuk menjamin keamanan sobat sekalian, pastikan di samping address bar atau kolom alamat website sudah muncul tanda gembok terkunci. Hal ini untuk memastikan sobat terkoneksi dengan aman.

Login Jenius Dengan Laptop

Ingat, banyak kasus penipuan yang terjadi karena pengguna diarahkan ke website palsu yang desainnya sangat mirip dengan website aslinya. Hindari hal tersebut dengan memastikan alamatnya benar dan terdapat tanda gembok di samping address bar.

2. Isi Alamat Email dan Password Akun Jenius

Setelah memastikan alamat dan halamannya benar, silakan isi kolom e-mail dan password sesuai dengan akun sobat sekalian.

3. Isi Kode OTP

Login Jenius Dengan Laptop

Jika e-mail dan password yang sobat isi sudah benar, selanjutnya sobat akan diminta untuk memasukkan kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan ke ponsel sobat sekalian. Kode OTP terdiri dari enam angka dan bersifat sementara saja. Tujuan dikirimnya kode OTP ini untuk mengamankan akun sobat dari tindak kejahatan.

Ingat, jangan berikan kode OTP ke siapapun. Segera lapor ke Jenius jika sobat mendapat SMS kode OTP padahal tidak merasa login ataupun melakukan transaksi. Kontak Jenius : 1500 356

4. Berhasil Login ke Dashboard

Setelah memasukkan kode OTP dengan benar, sobat akan dibawa menuju dashboard akun Jenius sobat. Fiturnya hampir sama dengan yang ada di aplikasi Jenius App. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Langkah Pembuatan Akun Jenius

Bagaimana cara membuat akun Jenius? Mereka cukup sering membuka booth (Jenius Live) di event-event anak muda maupun di mall-mall terdekat. Jika menemui booth mereka, sobat bisa dengan mudah membuat akun. Karena akan dipandu oleh Jenius Crew yang berada di sana.

Akun Jenius juga bisa sobat buat melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui PlayStore maupun App Store.

Langkah membuatnya sebagai berikut :

  1. Install aplikasi Jenius melalui ponsel sobat, supaya aman install melalui AppStore atau PlayStore, jangan mengunduh dari sumber lain.
  2. Buka aplikasi Jenius App.
  3. Isi data pribadi, e-mail dan nomor handphone aktif
  4. Foto KTP asli, usahakan terlihat jelas dan jangan ada gambar KTP yang terpotong
  5. Tulis nama yang akan ditulis di Kartu Debit Jenius m-Card, saran saya pakai nama asli saja. Kalau kepanjangan bisa disingkat.
  6. Buat Password yang kuat (kombinasi huruf kecil, kapital dan juga angka) dan 6 Digit PIN untuk login ke Jenius App
  7. Setelah selesai pilih tombol Aktiviasi Sekarang

Setelah berhasil melakukan langkah di atas, akun sobat sudah berhasil diregistrasi. Namun belum sepenuhnya aktif, jadi belum bisa digunakan. Supaya bisa digunakan untuk bertransaksi, sobat perlu melakukan aktivasi akun.

Aktivasi Akun Jenius

Setelah selesai membuat akun, statusnya masih belum aktif. Langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi. Ini menentukan akun Jenius sobat diterima atau tidak. Jika diterima dan memenuhi syarat sobat baru bisa menggunakan seluruh layanan di Jenius.

Caranya berikut ini :

  1. Login ke aplikasi Jenius App.
  2. Siapkan KTP sobat.
  3. Pilih aktiviasi melalui Video Call dengan Jenius Crew.
  4. Jika muncul pemberitahuan izin menggunakan kamera dan mikrofon, izinkan saja.
  5. Sobat akan terhubung dengan Jenius Crew melalui Video Call. Kalau ada keterangan sedang antre ditunggu saja. Dulu saya juga antre dan hanya menunggu sekitar 5 menit.
  6. Setelah tersambung pihak Jenius Crew akan menanyakan beberapa hal untuk menkonfirmasi identitas, jadi jangan lupa siapkan KTP sobat.
  7. Setelah video call selesai tunggu sekitar 1 – 2 hari, nanti akan ada email masuk yang menyatakan akun sobat sudah aktif.

Selain dengan video call, sobat juga bisa melakukan aktivasi dengan datang ke Jenius Live atau yang sering disebut booth Jenius yang daftar lokasinya dapat dilihat di Website Jenius.

Keterangan selama PSBB berlangsung :

  • Jam operasional untuk aktivasi berubah dari jam 08.00 – 21.30 WIB menjadi 08.00 – 19.30 WIB (tidak termasuk hari libur).
  • Untuk aktivasi melalui Jenius Live, hanya booth Jenius di Menara BTPN yang tetap beroperasi pada jam 08.00 – 13.00 WIB di hari kerja (tidak termasuk hari libur).

Baca juga : Cara Menghapus Akun Gojek Dengan Mudah

Kinerja Aplikasi “Jenius App” di Ponsel

Ini pengalaman pribadi saya selama menggunakan aplikasi Jenius di ponsel Android. Saya kurang tahu performanya di perangkat iOS karena memang belum mencoba.

Selama ini transaksi yang saya lakukan tidak ada kendala. Baik top-up ke akun Jenius, mengisi saldo E-Wallet (OVO dan GOPAY) semuanya lancar.

Yang saya sayangkan adalah aplikasi Jenius App ini terasa berat dan kurang responsif. Meski sudah terkoneksi internet yang stabil kadang saya gagal melakukan login. Termasuk ketika login dengan sidik jari kadang juga tidak terbaca padahal ponsel saya masih normal.

Selain itu setelah login ke Jenius App kadang perlu loading agak lama sampai detil saldo dan menu-menunya muncul sempurna.

Tentu ini menjadi masukan pagi pihak Jenius untuk membuat aplikasinya lebih responsif di banyak device. Supaya layanan yang disediakan bisa dibarengi dengan pengalaman menggunakan aplikasi yang lancar menyenangkan.

Baca juga : Cara Merekam Video Google Meet

Tinggalkan Balasan