Cara Menampilkan Grid View Google Meet

Google Meet mulai dilirik pengguna selama masa-masa social distancing. Banyak orang perlu bekerja dari rumah. Ataupun mengadakan kegiatan belajar mengajar secara online. Banyak layanan yang tersedia, salah satunya Google Meet.

Untuk mengakomodir banyak peserta rapat, sebenarnya Google sudah menyediakan tampilan grid view yang bisa menampilkan banyak orang sekaligus dalam satu layar. Seperti yang bisa dilakukan aplikasi lain, contohnya Zoom. Bagaimana caranya?

Caranya sangatlah mudah dan tidak perlu aplikasi tambahan. Cara ini saya gunakan pada web browser ya karena saya akses menggunakan laptop :

  1. Gabung ke dalam rapat yang sedang berlangsung
  2. Pilih menu pengaturan di pojok kanan bawah
  3. Ubah tata letak
  4. Pilih tata letak bersusun
  5. Selesai

Ilustrasinya seperti pada gambar di bawah ini :

Menampilkan Grid View Google Meet

Pertama yang sobat lakukan adalah join ke panggilan / rapat yang sedang berlangsung. Kemudian lihat pojok kanan bawah layar, ada tiga titik, itu adalah menu pengaturan. Kemudian pilih ubah tata letak.

Menampilkan Grid View Google Meet

Setelah itu akan muncul opsi tata letak. Ada 4 opsi yang bisa dipilih yaitu : auto – menyesuaikan jumlah peserta, sidebar – fokus ke 1 peserta sambil melihat beberapa peserta lain, sorotan – hanya menampilkan satu saja, dan bersusun (grid view) yang bisa menampilkan hingga 16 orang dalam 1 layar.

Menampilkan Grid View Google Meet

Gambar ini adalah contoh tampilan grid view atau yang disebut Google sebagai tiled-view. Kebetulan yang join di atas tidak sampai 16 orang. Untuk grid view Google Meet sebenarnya bisa menampilkan sampai dengan 16 orang.

Bagaimana, sangat mudah kan caranya?

Baca juga : Cara Menghilangkan Semut Dari Laptop

Dengan tampilan grid view sobat bisa lebih leluasa untuk memandang peserta rapat yang lain. Sobat juga bisa “selfie bersama” dengan meminta semua peserta menyalakan kamera kemudian sobat ambil screenshot.

Kemudian jika sobat ingin mengetahui cara merekam video rapat Google Meet, sobat dapat membaca artikel :

Tinggalkan Balasan