Cara Mengaktifkan Refresh Rate Tinggi 120 Hz Di Hape Samsung

Cara mengaktifkan refresh rate tinggi 120 hz di hape samsung

Salah satu fitur yang akan mendominasi pasar smartphone di 2021 adalah layar high refresh rate (di atas 60 Hz). Beberapa pabrikan besar sudah memulainya seperti ASUS ROG Phone (2018) dengan 90 Hz, Razer Phone 2 (2018) dengan 120 Hz. Juga berbagai brand lain seperti Xiaomi, Oppo dan juga Samsung.

Apa itu high refresh rate pada layar ponsel? Mudahnya, seperti melihat perbandingan video biasa 30 FPS dan video dengan 60 FPS. Pasti akan terlihat lebih smooth dan halus gerakannya di video 60 FPS. Nah begitu juga dengan layar ponsel dengan refresh rate tinggi. Transisi menu, perpindahan aplikasi, dan tampilannya akan lebih smooth dan halus.

Kali ini saya akan bahas khusus untuk ponsel Samsung karena kebetulan yang sedang saya pakai merk Samsung. Tutorial ini akan saya contohkan menggunakan S20 Fan Edition yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz.

Untuk ponsel Samsung (per 29 Januari 2021) yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz adalah :

  • Samsung Galaxy S20
  • Samsung Galaxy S20+
  • Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Samsung Galaxy Note 20 Ultra
  • Samsung Galaxy S20 Fan Edition
  • Samsung Galaxy S21
  • Samsung Galaxy S21+
  • Samsung Galaxy S21 Ultra

Kedepannya pasti akan ada lebih banyak seri yang mendukung layar dengan refresh rate tinggi, dan akan menjadi standar baru di industri smartphone.

Saya sendiri merasakan pengalaman yang menyenangkan setelah menggunakan S20 FE dengan refresh rate 120 Hz. Tampilan terasa smooth dan transisi juga halus sekali. Apalagi prosesornya sudah kencang dengan Exynos 990.

Cara Mengaktifkan Layar Refresh Rate Tinggi Di Ponsel Samsung

Oke langsung saja ke tutorialnya, sangat mudah diterapkan :

  1. Buka pengaturan
  2. Masuk ke menu “tampilan”
  3. Pilih menu “kemulusan gerakan”
  4. Pilih setting “tinggi”
  5. Pilih “terapkan”
  6. Selesai. Tidak perlu restart ponsel
Pilihan refresh rate hape samsung
Pilihan refresh rate hape samsung

Keterangan :

  • Tinggi : 120 Hz, animasi lebih smooth dan halus
  • Standar : 60 Hz, tampilan biasa saja sama dengan hape pada umumnya, daya tahan baterai relatif lebih lama.

Baca juga : Apakah Always On Display (AOD) Boros Baterai?

Apakah Baterai Lebih Boros Jika Menggunakan Refresh Rate Tinggi?

Secara teori iya, karena layar harus menampilkan gambar dengan lebih cepat. Pada seri Galaxy S20 dan Note Ultra, 120 Hz hanya aktif di resolusi Full HD+ untuk supaya pemakaian daya baterai tidak terlalu boros.

Unit yang saya pakai saat ini adalah Samsung S20 FE dengan resolusi full HD+ dan baterai 4500 mAh. Sudah saya pakai sekitar 2 minggu.

Saat menggunakan refresh rate 120 Hz, bisa dapat screen on time di kisaran 4-5 jam (pemakaian normal : sosmed, email, kadang data seluler aktif, wifi, dan tidak pernah main game). Kalau berpindah ke 60 Hz screen on time yang saya dapat bisa lebih lama sekitar 5 sampai 6 jam, bahkan lebih.

Kesimpulan

Dengan begitu terbukti bahwa refresh rate tinggi secara empiris mengonsumsi lebih banyak daya baterai. Walau begitu, bagi saya screen on time 4 – 5 jam sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari saya. Puas banget memakai S20 FE dengan 120 Hz refresh rate. Karena pengalaman yang didapat dan performa baterainya terbilang bagus.

Tapi untuk orang yang tergolong heavy user yang sangat intens menggunakan ponsel, lebih baik gunakan 60 Hz saja untuk menghemat baterai. Kalaupun mau menggunakan 120 Hz, sebaiknya bawa charger atau powerbank supaya ponsel tetap bisa digunakan seharian.

Sekian artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menulis di kolom komentar. Terima kasih!

Baca juga : Daftar Hape Samsung Yang Akan Dapat 3 Major Update

Tinggalkan Balasan