Cara Mengatur Kecerahan Flashlight Ponsel Samsung

Ponsel zaman sekarang hampir semuanya sudah dilengkapi dengan flashlight atau lampu senter. Bandingkan dengan beberapa tahun lalu, ponsel yang harganya murah kebanyakan belum dilengkapi flashlight.

Flashlight berfungsi untuk memberi penerangan tambahan saat Anda merekam video ataupun mengambil gambar. Flashlight juga bisa digunakan sebagai senter di saat gelap atau digunakan untuk hal lain. Jumlah lampu LED yang dimiliki tiap ponsel pun berbeda-beda. Ada pabrikan yang hanya membekali satu lampu flashlight pada ponselnya, ada yang melengkapinya dengan beberapa lampu flashlight supaya bisa memberi tone warna yang akurat.

Kecerahan flashlight ini sebenarnya bisa diatur dari ponsel secara langsung. Termasuk pada seri ponsel samsung galaxy. Bagi Anda pemilik ponsel samsung galaxy, mungkin masih ada yang belum tahu cara mengatur kecerahan flashlight di ponselnya.

Caranya sangat mudah. Kali ini saya contohkan mengatur kecerahan flashlight dengan ponsel samsung yang cukup laris yaitu Samsung Galaxy J2 Prime. Ponsel ini dilengkapi kamera 8 megapixels dan juga sebuah flashlight di belakang, terdapat juga flashlight di kamera depan. Yang saya tahu hanya flashlight kamera belakang yang dapat diatur kecerahannya. Simak caranya di artikel ini.

Baca juga : Cara Menggunakan Fitur Clipboard Pada Ponsel Samsung Galaxy – Bisa Copy Banyak Tulisan Sekaligus!

1. Buka Panel Notifikasi -> Flashlight

Samsung Galaxy J2 Prime ini menjalankan Android Marshmallow 6.0 , sudah bisa melakukan setting cepat melalui bar notifikasi. Coba lihat menu senter / flashlight. Geser panel notifikasi ke bawah. Pilih pada bagian tulisan flashlight / senter, bukan pada bagian logonya. Anda juga dapat melihat berbagai pengaturan cepat dengan cara memencet tulisan-tulisan di bawah ikon lain.

Bar notifikasi pada Samsung Galaxy J2 Prime

Baca juga : Service Samsung Galaxy Tanpa Kartu Garansi Dan Nota Pembelian

2. Nyalakan Toggle Flashlight -> Atur Kecerahan Sesuai Level

Akan muncul menu seperti di bawah ini. Ada lima tingkat kecerahan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya untuk menerangi tulisan atau tempat yang gelap. Untuk mengatur levelnya, nyalakan flashlight terlebih dahulu melalui toggle di pojok kanan atas. Setelah itu kecerahannya akan bisa diatur sesuai level yang Anda inginkan.

Pengaturan kecerahan senter / flashlight pada Samsung Galaxy J2 Prime
Pengaturan kecerahan senter / flashlight pada Samsung Galaxy J2 Prime

Sangat mudah bukan? Sejak versi Android Marshmallow, ponsel-ponsel Android mendapatkan banyak penambahan fitur. Termasuk pada notifikasi. Bahkan bisa mengatur kecerahan flashlight langsung dari bar notifikasi. Namun perlu diingat kecerahan flashlight ini hanya bisa di atur untuk penerangan saja. Belum bisa diatur untuk penerangan saat mengambil gambar ataupun merekam video ya.

Ketika flashlight menyala atau sedang digunakan, jangan menutupinya dengan kain ataupun benda lain. Setelah selesai dipakai jangan lupa dimatikan melalui bar notifikasi, karena lampu LED di dalam flashlight tersebut bisa menimbulkan panas saat digunakan terus menerus maupun tertutupi kain / benda lain.

Bagaimana jika ponsel Anda tidak memiliki opsi ini? Anda bisa tetap mengatur kecerahan flashlight dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh melalui Google Playstore, namun selalu pastikan aplikasi yang Anda unduh punya rating dan ulasan yang baik serta kompatibel dengan ponsel yang Anda pakai.

Tinggalkan komentar