Cara Mengetahui MAC Address Laptop (Windows 10)

Suatu ketika saya mendapati hotspot ponsel saya terhubung ke beberapa perangkat sekaligus. Padahal saya hanya mengkoneksikan satu laptop saja. Lainnya tidak tahu siapa yang nyambung. Karena khawatir kuota cepat habis dan bisa saja yang berhasil masuk hotspot saya mau berbuat iseng kemudian saya ubah setting ponsel supaya hanya tersambung ke perangkat yang dipercaya saja.

Perangkat diizinkan pada hotspot seluler
Mengisi perangkat yang diizinkan pada hotspot seluler Android

Untuk melakukan hal tersebut saya perlu untuk mematikan hotspot sejenak. Kemudian mengubah pengaturan hotspot supaya tersambung ke perangkat yang dipercaya. Setelah itu tambahkan perangkat dengan mengisi nama perangkat (bebas mau dinamai apa saja) dan juga mengisi MAC Address (tidak bisa diisi sembarangan).

Baca juga : 5 Penyebab Suhu Laptop Menjadi Panas

Daftar Isi

Apa itu MAC Address?

MAC yang dibahas pada artikel ini bukanlah Mac yang dimiliki Apple. MAC sendiri merupakan singkatan dari Media Access Control. Mudahnya, MAC address adalah kode yang digunakan sebuah perangkat adapter untuk terkoneksi dengan perangkat lainnya. Sehingga memungkinkan bagi sebuah perangkat untuk terkoneksi dengan perangkat lain ataupun membatasi koneksi hanya untuk perangkat tertentu saja. Ponsel Anda memiliki alamat MAC. Begitu pula laptop maupun adapter yang Anda miliki.

Cara Mengecek MAC Address di Laptop dan Komputer Windows

Salah satu cara yang digunakan untuk mengecek MAC Address di laptop dengan mudah adalah melalui Command Prompt. Saya praktekkan ini di laptop dengan Windows 10. Untuk windows 7 dan 8 caranya juga sama.

  1. Tekan tombol start
  2. Ketik “cmd” untuk mencari program Command Prompt
  3. Setelah ketemu, buka command prompt (tidak perlu run as administrator)
  4. Ketik perintah ini : ipconfig /all
  5. Tekan tombol enter dan tunggu sebentar
  6. Amati bagian keterangan Wireless LAN adapter Wi-Fi di paling bawah
MAC Address di laptop windows 10
Tampilan command prompt. MAC address / Physical Address berada di informasi paling bawah

Pada keterangan LAN Adapter Wi-Fi, di bagian bawah terdapat keterangan Physical Addres yang berisi kombinasi angka dan huruf sebanyak 6 pasang : XX-XX-XX-XX-XX-XX. Seperti dijelaskan di awal, physical addres sama dengan MAC Address. Sehingga itulah MAC Address laptop Anda. Ketikkan kode itu ke perangkat yang ingin Anda hubungkan, misalnya laptop lain ataupun ponsel yang digunakan untuk tethering.

Tinggalkan komentar