Cara Mengetahui Penggunaan Data WA Terbaru

Whatsapp (WA) sudah menjadi aplikasi yang populer untuk urusan perpesanan. Penggunaan WA sudah menggantikan SMS beberapa tahun lalu. Bagaimana tidak, banyak kemudahan yang ditawarkan oleh WA, bisa mengirim gambar, mengirim file dan lain-lain.

Tidak jarang memori hape ponsel penuh karena kebanyakan file-file dari room chat WA. Makin banyak grup yang diikuti biasanya makin banyak pula media yang diterima. Hal ini bisa membuat ponsel menjadi boros memori.

Selain boros memori, WA bisa saja menjadi boros paket data karena banyak media yang dikirim atau diterima. Apalagi setelah ada fitur story seperti yang ada pada IG, penggunaan data WA menjadi makin banyak.

Untuk melihat penggunaan data di WA caranya sangat mudah. Sobat bisa mengecek melalui aplikasi WA langsung. Kali ini saya contohkan pada WA di ponsel Android.

Cara Mengetahui Penggunaan Data WA

Cara mengetahui penggunaan data WA :

  1. Buka “setelan”
  2. Pilih “data dan penyimpanan”
  3. Pilih “penggunaan jaringan”
  4. Rincian penggunaan data akan muncul

Seperti gambar di atas penggunaan data yang dimaksud adalah penggunaan jaringan, baik dari wifi maupun data seluler. Terlihat untuk penggunaan pribadi saya, cukup banyak penggunaan data yang berasal dari aktivitas status / story WA.

Di bagian atas juga sudah ada keterangan mengenai total data yang terkirim dan juga data yang diterima. Di bagian bawah tersedia pengaturan untuk menyetel ulang statistik.

Baca juga :

Cara Mengetahui Penggunaan Memori Penyimpanan WA Berdasarkan Kontak

Selain mengetahui penggunaan data / penggunaan jaringan, sobat juga bisa mengecek penggunaan penyimpanan ponsel berdasarkan kontak di WA.

Cara mengetahui penggunaan memori WA berdasarkan kontak :

  1. Buka “setelan”
  2. Pilih “Data dan penyimpanan”
  3. Pilih “Penggunaan penyimpanan”
  4. Rincian akan ditampilkan

Rincian penggunaan penyimpanan berdasarkan kontak ataupun grup akan ditampilkan. Dari sini sobat bisa mengetahui di grup mana atau kontak mana yang cukup aktif dan menguras banyak memori ponsel.

Begitulah sobatku tips dan trik mengenai penggunaan data dan penggunaan memori pada kontak WhatsApp (WA) semoga bisa bermanfaat dan dicoba dengan mudah.

Tinggalkan komentar