Cara Mengganti Nada Dering LINE

Sampai pertengahan 2018 lalu, LINE memiliki sekitar 90 juta pengguna di Indonesia. Jumlah yang sangat banyak. Di antaranya sekitar 80% pengguna adalah anak muda. Mulai dari anak SD hingga mahasiswa, banyak yang menggunakan aplikasi besutan Jepang ini.

Untuk para pelajar dan mahasiswa, LINE punya banyak manfaat. Bisa membuat grup kelas maupun grup angkatan dengan anggota ratusan orang. Punya layanan Keep (semacam cloud storage) untuk menyimpan dokumen. Ada juga fitur album foto untuk menyimpan foto kegiatan, dan berbagai fitur lainnya.

Di awal 2019 lalu ada update yang memperbarui bagian notifikasi. Sehingga memilih nada pemberitahuan agak sedikit berbeda karena tidak lagi berada di menu notifikasi. Tidak bisa langsung memilih dari menu notifikasi. Pada awalnya saya juga kesulitan untuk mengubah nada dering saat LINE Call masuk. Bingung dari mana mengubahnya.

Untungnya saya menemukan caranya. Cukup mudah, simak langkah berikut :

1. Buka opsi pengaturan pada akun LINE di ponsel kamu. Kemudian pilih menu panggilan.

Menu pengaturan LINE
Menu pengaturan LINE

Di menu pengaturan, kamu bisa mengatur banyak hal tentang aplikasi ini. Termasuk memilih tema, mengubah bahasa, mengatur timeline, mengatur pertemanan dan sebagainya.

2. Akan muncul opsi seperti gambar di bawah ini. Pilih menu nada dering.

Menu Nada Dering LINE
Menu panggilan LINE

Dengan versi terbaru LINE, pengaturan nada dering sudah berpindah ke menu panggilan, tidak lagi berada di menu notifikasi. Jadi jangan bingung ya. Selain itu di menu panggilan juga terdapat opsi untuk memilih tab panggilan / LINE TODAY. Pilih panggilan supaya tab menampilkan menu panggilan, pilih LINE TODAY jika kamu ingin ada tab LINE TODAY di aplikasi.

3. Terdapat empat nada dering yang bisa kamu pilih sebagai nada dering panggilan.

Memilih Nada Dering LINE
Mengganti nada dering LINE

Ada empat nada dering panggilan yang disediakan oleh LINE. Di dalam menu belum ada opsi untuk menggantinya dengan nada dering dari koleksi sendiri atau aplikasi lain.


Cara di atas bisa kamu terapkan untuk mengubah nada dering LINE versi terbaru. Untuk mengubah nada notifikasi pesan dan notifikasi lainnya terdapat di pengaturan pemberitahuan. Hal ini berlaku untuk ponsel dengan versi LINE terbaru yang sudah menjalankan Android 8.0 atau di atasnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar