Cara Mengganti Notifikasi WA

cara mengganti notifikasi whatsapp (WA)

Sobatku sekalian, aplikasi WhastApp atau disingkat WA adalah aplikasi yang sangat populer. Fungsinya sudah menggantikan SMS, malah lebih lengkap karena juga bisa untuk menelpon ataupun berkirim gambar dan file.

Aplikasi WA menyediakan cukup banyak pengaturan, salah satunya adalah pengaturan untuk mengganti nada dering WA dan juga mengganti notifikasi dengan mudah.

Memang, di dalam aplikasi WA belum ada pengaturan memilih MP3 untuk dijadikan nada dering ataupun notifikasi WA. Tenang saja karena di artikel ini akan saya jelaskan caranya dengan mudah, tidak perlu menginstall aplikasi apapun.

Baca juga :

Cara Mengganti Notifikasi WhatsApp (WA)

Cara mengganti notifikasi WA sangatlah mudah :

  1. Buka WA
  2. Buka Setelan / Pengaturan
  3. Masuk menu “Notifikasi”
  4. Pilih notifikasi apa yang akan diubah
  5. Pilih suara notifikasi yang diinginkan

Pengaturan notifikasi di WhatsApp terbilang lengkap karena sobat bisa mengganti notifikasi untuk masing-masing pemberitahuan. Misalnya notifikasi untuk personal chat, notifikasi untuk grup, dan sebagainya.

Sangat berguna untuk sobat supaya tahu notifikasi apa yang masuk berdasarkan suara notifikasinya. Misalnya untuk personal chat menggunakan suara notifikasi A dan chat grup menggunakan suara notifikasi B.

Namun perlu diingat pada pengaturan bawaan WA belum ada opsi untuk mengubah notifikasi / nada dering dengan MP3 sendiri.

Cara Menambahkan Suara MP3 Sendiri Ke Notifikasi dan Nada Dering WA

Untuk menambahkan suara / MP3 sendiri ke notifikasi dan nada dering WA caranya sangat mudah. Yang perlu sobat lakukan adalah menyiapkan suara yang akan digunakan untuk notifikasi atau nada dering WA. Lalu pindahkan / copy ke folder notifications di penyimpanan internal.

Setelah langkah ini dilakukan, suara MP3 yang sobat copy akan muncul di pengaturan notifikasi dan bisa dipilih secara langsung. Suara notifikasi bisa sobat download melalui internet atau mengopy dari hp lain. Namun pastikan filenya aman. Beberapa format suara yang didukung untuk notifikasi Android adalah :

  • MP3
  • M4A
  • WAV
  • OGG

Begitulah sobat cara mengganti suara notifikasi WA dengan mudah. Sobat bisa menerapkannya di ponsel sobat secara langsung.

Tinggalkan komentar