Cara Menggunakan Fitur Clipboard pada Ponsel Samsung Galaxy : Bisa Copy Banyak Tulisan Sekaligus!

Bagi blogger ataupun orang yang sering menulis di ponselnya, fitur clipboard sangatlah penting. Lalu apa itu fitur clipboard? Ringkasnya fitur ini memungkinkan kamu untuk menyalin (copy) banyak tulisan sekaligus untuk ditempel (paste) ke tulisan ataupun aplikasi lain. Bahkan, di ponsel Samsung screenshot yang diambil maupun gambar yang dicopy juga masuk dalam clipboard. Dengan clipboard kamu tidak perlu bolak-balik dari satu aplikasi ke aplikasi lain untuk menyalin satu persatu tulisan.

Cara Menggunakan Fitur Clipboard di Ponsel Samsung

1. Gunakan Samsung Keyboard

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan Samsung Keyboard alias aplikasi keyboard bawaan ponsel Samsung. Pada artikel ini saya contohkan dengan ponsel Samsung Galaxy A5 2017, karena sudah dilengkapi dengan fitur clipboard. Di bagian atas huruf keyboard terdapat beberapa ikon ditampilkan. Pilih ikon clipboard (yang dilingkari berwarna kuning). Setelah dipilih akan ditampilkan kumpulan konten yang sudah Anda copy sebelumnya.

Clipboard ponsel Samsung

2. Fitur-fitur Clipboard

Clipboard Samsung A5 2017

Untuk memasukkan tulisan ke dalam clipboard sangat mudah. Sebab semua tulisan yang Anda salin, screenshot yang Anda ambil maupun gambar yang dicopy akan masuk secara otomatis ke dalam clipboard. Dengan begitu Anda tidak akan kerepotan ketika perlu menyalin beberapa tulisan sekaligus. Bagi Anda yang menggunakan Instagram. Dengan fitur clipboard Anda bisa menambahkan banyak gambar di Instagram story dengan menggunakan clipboard. Caranya tinggal copy gambar-gambar yang Anda inginkan. Paste ke Instagram story dengan memilihnya clipboard.

Baca juga : Cara Mengatur Kecerahan Flashlight di Ponsel Samsung

Hanya saja yang belum saya tahu adalah seberapa banyak dan berapa lama tulisan serta gambar dalam clipboard akan disimpan.

Sekedar informasi untuk pembaca sekalian, ternyata setelah saya cek tidak semua ponsel Samsung dibekali fitur clipboard. Contohnya pada ponsel M20, M30, M30s dan beberapa seri lain belum memiliki fitur clipboard. Untuk tetap mendapatkan fitur clipboard cara mudahnya dengan menginstall aplikasi keyboard lain misalnya Google Keyboard karena sudah memiliki fitur clipboard.

15 pemikiran pada “Cara Menggunakan Fitur Clipboard pada Ponsel Samsung Galaxy : Bisa Copy Banyak Tulisan Sekaligus!”

  1. Lho, Kenapa di hp Samsung A51 warna Haze Crush Silver saya ini yang waktu beberapa hari setelah dibeli hpnya.. masih bisa menggunakan papan klip.. dan setelah sekian lama digunakan.. sudah tiba2 gak bisa lagi dipencet atau ditekan2 gak mau.. padahal sudah diaktifkan…

    Balas
    • Halo kak. Untuk A51 seharusnya bisa menggunakan fitur clipboard. Biasanya kalau tidak bisa ditekan berarti belum ada tulisan yg dicopy atau ada masalah di aplikasi keyboardnya, coba dicek kembali di pengaturan keyboard. Jika mendesak sementara bisa pakai Google Keyboard dulu atau mencari keyboard lain yang support clipboard. Terima kasih.

      Balas
  2. Multi-clipboard cuma dimiliki Samsung Keyboard

    Multi-clipboard – clipboard yg bisa menampilkan banyak klipboard dalam satu papan.

    Galaxy young saya juga punya

    Balas
  3. Slmt pagi gan.. bisa minta pilihan smartphone terbaru yg punya pilihan billboard. Soalnya HP samsung M30S sy gak ada pilihan itu.. tq

    Balas

Tinggalkan Balasan