Cara Menghapus Akun TikTok

Ketika menggunakan aplikasi sosial media atau aplikasi hiburan lainnya terkadang muncul rasa bosan. Misalnya karena ada aplikasi lain yang lebih menarik ataupun ingin fokus melanjutkan kegiatan di dunia nyata.

Salah satu aplikasi yang cukup populer selama periode social distancing ini adalah TikTok. Banyak sekali video-video dengan ide “fresh” dan inspiratif dari penggunanya. Banyak topik video yang bisa sobat tonton. Sehingga cukup menarik dan membuat banyak orang membuat akun TikTok.

Jika sudah bosan, apakah akun TikTok bisa dihapus secara permanen? Jawabnya tentu saja bisa. Untung saja TikTok memberikan opsi hapus akun secara permanen yang ada di aplikasinya secara langsung. Berbeda dengan aplikasi lain misalnya Instagram yang baru bisa hapus akun melalui tampilan web saja.

Baca juga : Membuat Efek Suara Bergetar (Shaky Voice) Di TikTok

Cara Menghapus Akun Tiktok Secara Permanen

Cara menghapus akun TikTok sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Masuk ke menu pengaturan dan privasi
  3. Pilih kelola akun saya
  4. Pilih hapus akun
  5. Pilih kirim kode
  6. Masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS
  7. Konfirmasi dengan memilih hapus akun
  8. Akan muncul dialog box, pilih “hapus”

Buka aplikasi TikTok sobat, masuk ke pengaturan dan privasi kemudian pilih kelola akun saya.

Perhatikan pada bagian bawah, pilih opsi hapus akun.

Untuk menghapus akun sobat perlu memasukkan kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui SMS. Caranya pilih kirim kode, kemudian tunggu beberapa saat.

Setelah menerima kode, masukkan ke dalam kolom yang ada. Kemudian pilih lanjutkan.

Sobat akan diarahkan ke menu hapus akun. Baca dahulu beberapa peringatan yang ada di atas. Jika sudah yakin, kemudian sobat pilih hapus akun.

Akan muncul dialog box konfirmasi sekali lagi, silakan sobat pilih “hapus”.


Setelah melakukan cara di atas, akun sobat akan dinonaktifkan selama 30 hari. Artinya akun TikTok sobat sudah tidak muncul secara publik dan tidak bisa dicari lagi melalui kolom pencarian. Di waktu 30 hari ini sobat masih bisa melakukan login kembali misalnya sobat berubah pikiran untuk menggunakan TikTok lagi.

Setelah melewati 30 hari barulah akun sobat akan dihapus secara permanen dan tidak bisa login kembali. Sehingga perlu membuat akun baru untuk login kembali. Begitulah cara menghapus akun TikTok dengan mudah secara permanen.

Jika hanya ingin menonton video di TikTok apakah perlu akun baru? Jawabnya tidak. Kalau hanya menonton video, sobat hanya perlu menginstall aplikasi TikTok saja dan membukanya. Kalau ingin membuat video, mengikuti akun lain atau berkomentar barulah sobat perlu membuat akun TikTok.

Tinggalkan komentar